Wisata Taman Dunia Air Terjun Gulamo Di Kampar, Riau

Air terjun gulamo yang berlokasi di Kabupten Kampar, Provinsi Riau telah menjadi Objek wisata yang menarik, dan kabarnya telah dijadikan sebagai Geopark Indonesia atau sebagai taman dunia, yaitu suatu konsep wisata yang mengarah pada perlindungan, pengembangan warisan geologi secara berkelanjutan.

Daya Tarik Air Terjun Gulamo

Kawasan air terjun yang dipenuhi oleh pepohonan rindang ini pastinya akan membuat pengunjung yang datang kerasan untuk berlama-lama menikmati keindahannya. Selama perjalanan menuju lokasi wisata, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hutan alam yang tampak asri dan kehijauan.

Sesampainya di hulu sungai, wisatawan akan menyaksikan pemandangan alam yang menakjubkan, di mana aliran sungai diapit oleh ngarai dan tebing terjal, mirip seperti grand canyon yang ditumbuhi berbagai tumbuhan. Sesampainya di lokasi air terjun gulamo, pengunjung akan dimanjakan dengan gemuruh air terjun yang tampak jernih, indah, sejuk dan bersih di pinggiran aliran sungai.

Terdapat tiga air terjun di bantaran sungai Gulamo ini, dengan ketinggian bervariasi mulai dari Tiga hingga lima meter. Di air terjun ini aktivitas wisata yang menarik adalah mandi berenang, bermain ban, serta  body rafting.

Lokasi Dan Akses Menuju Air Terjun Gulamo

Wisata taman dunia Air terjun gulamo ini berlokasi di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Air Koto Panjang, Desa Tanjung Alai,  Kecamatan 13 koto, Kabupten Kampar, Riau.

Untuk bisa sampai di wisata air terjun gulamo Kampar ini, pengunjung harus menggunakan kapal pompong menyeberangi waduk PLTA koto panjang yang memakan waktu sekitar satu jam perjalanan bertolak dari Jembatan satu Desa Tanjung Alay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *