Wisata Bersejarah ke Menara Air Tirtanadi

Medan merupakan kota di Indonesia yang memiliki banyak bangunan bersejarah peninggalan Belanda. Salah satunya adalah Menara Air Tirtanadi. Menara ini berada di Jalan Sisingamaraja 1, Medan. Dahulu bangunan ini sangat dikenal oleh wisatawan lokal dan mancanegara sehingga menjadi landmark kota Medan. Saat ini, jika Anda ingin mengetahui sejarah kota Medan, Anda harus ke tempat wisata ini.

Dahulu, Menara Air Tirtanadi dibangun oleh pemerintah Belanda, khususnya perusahaan air pemerintah kolonial Belanda yang bernama NV. Water Leiding Maatschappij Ajer Beresih dengan Amsterdam, Belanda sebagai pusatnya.

Menara Air Tirtanadi dibangun pada tahun 1908, dengan tujuan untuk penampungan air bagi seluruh masyarakat kota Medan. Namun sayangnya, semakin lama menara ini tidak cukup untuk menampung kebutuhan air bersih untuk seluruh masyarakat Medan, sehingga hanya golongan menengah ke atas saja yang bisa memanfaatkannya, sementara golongan bawah masih menggunakan sumur untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka.

Saat ini Menara Air Tirtanadi telah resmi menjadi milik PDAM Tirtanadi. Meski akibat perkembangan zaman menjadikan menara ini tergusur bangunan – bangunan modern yang lebih menarik, meski menara ini juga telah mengalami berkali – kali renovasi dan berganti kepemilikan, bangunan yang memiliki gaya arsitektur yang unik ini tetap menarik untuk dikunjungi. Apalagi, jika malam hari terdapat lampu – lampu yang menerangi menara ini sehingga akan menambah suasana romantis bagi pengunjungnya.

One thought on “Wisata Bersejarah ke Menara Air Tirtanadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *