Menapaki Peliknya Wisata Sejarah Jalan Asia Afrika

Bisa dikatakan bahwa dari sekian banyaknya jalan yang ada di Bandung, jalan Asia-Afrika merupakan salah satu jalan yang juga merupakan jalan dengan cerita sejarahnya yang sangat kental. Dikatakan demikian karena banyaknya gedung bersejarah yang menjadi saksi bisu setiap cerita yang terjadi sejak zaman dahulu kala. Dengan adanya keunikan yang demikian ini, tidak mengherankan jika banyak turis domestik ataupun mancanegara yang selalu ingin tahu dan mengeksplorasi jalan yang satu ini.

Salah satu bangunan yang paling dikenal di lokasi jalan Asia-Afrika ini adalah bangunan yang sering kali dijadikan sebagai tempat dilangsungkannya konferensi Asia-Afrika. Gedung yang kemudian dikenal dengan sebutan gedung Merdeka ini juga menjadi saksi bisu sejarah bangsa Indonesia.

Sembari berkeliling, maka para pengunjung akan menemukan banyak sekali bangunan pada zaman Batavia dengan mengusung desain Eropa yang mengusung konsep art deco. Dengan adanya hal ini, maka tidak mengeherankan jika Bandung dikenal sebagai Paris Van Java.

Selanjutnya, di jalan Asia-Afrika ini juga terdapat suatu gedung Societeit Concordia yang dahulunya merupakan suatu tempat berkumpulnya semua orang dari kalangan atas. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, gedung ini kemudian diresmikan oleh pihak presiden Soeharto sehingga gedung ini kemudian difungsikan sebagai gedung konferensi Asia-Afrika.

Dikatakan oleh pihak setempat, bahwa di lokasi jalan Asia- Afrika ini juga sering kali dijumpai berbagai wisatawan yang sengaja ingin mengabadikan momen dengan berfoto di setiap background gedung tua. Keunikan yang demikian inilah kemudian menjadi incaran wisatawan domestik ataupun mancanegara.

One thought on “Menapaki Peliknya Wisata Sejarah Jalan Asia Afrika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *