Menakjubkan! Hutan Kota Pertama Di Indonesia Ada Di Bandung

Bandung memang identik dengan nuansa lingkungannya yang memang terbilang asri. Terlebih lagi dengan adanya Babakan Siliwangi atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan Baksil. Sebuah lokasi hijau yang ada di pusat kota ini memiliki luas yang sekitar 3,8 Ha dengan ragam tanaman yang sangat banyak. Dikatakan bahwa Baksil ini merupakan sebuah hutan yang memang telah ada sejak lama atau dengan kata lain bisa juga disimpulkan bahwa Baksil ini merupakan sisa hutan purba yang ada di Bandung.

Terkait dengan lokasi wisata yang satu ini, bisa terlihat bahwa kawasan ini juga memiliki sebuah lembah yang terbentuk sejak lama dari adanya Sungai Cikapundung. Menurut sejarahnya, Babakan Siliwangi ini pada zaman penjajahan dikenal dengan sebutan greenbelt. Selanjutnya, seiring dengan adanya perkembangan zaman, maka di sekitar lokasi taman ini didirikan sebuah taman Botani serta zoology yang selanjutnya dikenal dengan sebutan Tamansari serta kebun binatang Bandung.

Sayangnya, dengan adanya perkembangan zaman yang semakin modern, Babakan Siliwangi ini kemudian mengalami penyempitan wilayah hingga banyak orang yang melakukan aksi protes pada tahun ‘90an. Akhirnya, usaha yang demikian ini kemudian menelorkan hasil di mana Babakan Siliwangi ini dinyatakan sebagai taman kota yang pertama oleh pihak PBB. Dalam hal ini, taman ini memiliki peran sebagai paru-paru kota Bandung sekaligus juga sebagai destinasi wisata yang layak untuk dijajaki keindahannya.

2 thoughts on “Menakjubkan! Hutan Kota Pertama Di Indonesia Ada Di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *