Klenteng Terbesar Sumatera Vihara Gunung Timur

Anda kebetulan sedang berwisata dan berkunjung di kota Medan jangan lupa sempatkan ke tempat yang sangat menarik Vihara Gunung Timur atau orang chinese menyebutnya dengan Heng Hua Bio ini. Vihara Gunung Timur merupakan klenteng agama Tao yang paling besar dan sangat terkenal di kota Medan, yang bahkan terbesar di pulau Sumatera.

Vihara Gunung Timur terletak di kompleks Vihara Gunung Timur di jalan Hang Tuah 16, Medan yang di depannya terdapat sungai keberuntungan yaitu sungai Babura. Vihara ini terletak tak jauh dengan Kuil Shri Mariamman yaitu kuil Hindu Tamil yang unik dan terkenal di sana.

Di vihara ini anda dapat memotret sesuka anda disepanjang sudut-sudut indah vihara ini. Namun anda hanya tidak dapat mengambil foto di dalam klenteng ini karena dapat mengganggu kekhusyukkan bagi orang-orang yang sedang beribadah dan bersembahyang disana.

Yang menjadi ciri khas vihara ini adalah terdapat dua naga yang nampak gagah menjaga kelenteng ini di atap klenteng, berikut dengan dua ekor ikan raksasa yang kepalanya naga yang ada di belakang naga tersebut. Di tengah klenteng ini terdapat mustika matahari. Di bawah bangunan ini terdapat lima relief ikan berenang dan burung Hong sepasang.

Jadi jika anda sedang berjalan-jalan di Medan cobalah kunjungi Vihara Gunung Timur agar anda tahu dan bisa menikmati keindahan kelenteng ini.

One thought on “Klenteng Terbesar Sumatera Vihara Gunung Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *