Keunikan Graha Santa Maria Annai Velangkanni

Berkunjung ke Medan tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Gereja Katholik Graha Santa Maria Annai Velangkanni. Bagi yang beragama lainpun bisa mengunjungi tempat ini. Selain penduduk lokal banyak turis yang datang untuk melihat keindahan bangunan yang menyerupai kuil ini.

Lokasi Yang Tersembunyi

Lokasi dari Gereja Katholik Graha Santa Maria Annai Velangkanni ini berada di jalan Sakura III, No.7-10, Perumahan Taman, Sakura Indah, Tanjung Selamat, Medan Tuntungan, Medan, Sumatera Utara. Letak gereja ini cukup berada di dalam, sehingga Anda harus masuk gang untuk sampai di gereja ini. Namun jangan khawatir, Anda akan diberi petunjuk jalan untuk bisa sampai di gereja.

Gaya Arsitektur yang Unik

Jika orang baru pertama melewati gereja ini, pasti akan berpikir jika bangunan ini adalah sebuah kuil bagi umat Hindu. Namun pikiran tersebut salah besar, bangunan yang menyerupai kuil/vihara tersebut adalah Gereja Katholik Graha Santa Maria Annai Velangkanni. Bangunan gereja ini dibangun di atas tanah seluas 8000 meter persegi. Pembangunannya dimulai pada September 2001 dan berakhir 4 tahun kemudian. Lalu diresmikan pada 1 Oktober 2005. Untuk pembangunan gereja ini menelan biaya sebesar 4 milyar rupiah.

Bangunan gereja yang menyerupai bentuk bangunan rumah ibadah lain menjadi daya tarik tersendiri. Keunikan lainnya adalah, bangunan ini dibangun dengan mengambil gaya arsitektur Indo-Mogul yang sangat menawan dan bisa memukau siapa saja yang melihatnya. Desain dan pewarnaannya dikerjakan oleh tangan-tangan amatir dengan makna dari kitab suci. 

Bangunan Gereja yang Khas

Bangunan Gereja Katholik Graha Santa Maria Annai Velangkanni terdiri dari dua lantai dengan menara tujuh lantai dan tiga kubah . Lantai pertama dipakai untuk tempat beribadah juga sebagai balkon dengan 14 jendela, ke 14 jendela ini menceritakan jalan salib. Sedangkan lantai dua adalah tempat dimana patung Annai Velangkanni dan putranya yang tingginya mencapai dua meter. Patung ini khusus didatangkan dari India. Selain itu juga terdapat 20 jendela yang menceritakan kisah hidup Yesus.

Permainan warna untuk gereja ini menguatkan jika gereja ini sekilas nampak seperti kuil. Di dalam gereja juga terdapat lukisan, relief dan lukisan yang dilukis oleh pelukis-pelukis amatir. Selain itu ada juga taman yang bisa digunakan untuk bermain anak-anak. Juga taman yang dijadikan sebagai tempat peringatan Paus Yohannes Paulus II.

Anda tertarik untuk mengunjunginya? Tempatnya sangat mudah dijangkau meski harus masuk gang. Dan bagi yang beragama lain, gereja ini terbuka untuk umum jadi tidak perlu khawatir tidak bisa menikmati keindahan Gereja Katholik Graha Santa Maria Annai Velangkanni ini.

One thought on “Keunikan Graha Santa Maria Annai Velangkanni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *