11 Wisata Tegal Yang Siap Membelalakkan Mata

Tegal adalah salah Satu kota yang sering dikaitkan istilah warteg (warung Tegal). Secara administratif. Tegal sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu kota Tegal dan kabupaten Tegal.

Tegal memiliki keunikan tersendiri, baik dari segi bahasa, makanan khas hingga budaya. Dibalik keberagaman tersebut, Tegal ternyata memiliki wisata menakjubkan yang siap untuk di eksplore. Ingin tahu mana saja destinasi wisata Tegal yang menarik dikunjungi? Simak ulasan berikut.

1. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci-Wisata TegalPemandian air panas guci adalah salah satu destinasi wisata Tegal yang paling digemari. Pemandian air panas ini terletak di bawah kaki gunung Slamet sehingga memiliki kontur alam yang apik sekaligus udara yang sejuk. Air yang mengalir di pemandian memiliki panas alami yang berasal dari gunung api Slamet, oleh karena itu air di wisata Tegal ini dipercaya memiliki khasiat pengobatan.

Trayek yang harus dilalui untuk menuju pemandian air panas guci terbilang mudah. Anda hanya perlu datang ke desa guci yang berjarak 40 KM ke selatan dari pusat kota. Di desa ini, Anda tinggal bertanya pada penduduk sekitar dimana letak pemandian guci.

Fasilitas di tempat wisata Tegal yang satu ini sudah sangat lengkap. Beragam fasilitas seperti hotel, camp area, lapangan olahraga, kios, tempat makan, toilet dan berbagai fasilitas umum sudah tersedia di tempat wisata favorit ini.

2. Curug Kembar

Curug Kembar-Wisata TegalPenamaan Curug Kembar sendiri merupakan inisiatif warga sekitar karena ada dua curug yang saling berdekatan. Wisata Tegal yang satu ini terletak tak jauh dari pemandian air panas guci. Tingginya hanya sekitar 5 meter. Akan tetapi air yang mengalir dari mulut curug begitu deras dan bersih. Tak hanya itu, air yang mengalir juga merupakan air hangat sehingga membuat wisata ini nampak semakin unik.

3. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah-Wisata TegalKota Tegal bagian utara berbatasan langsung dengan laut Jawa. Jadi, tak heran jika wisata Tegal banyak didominasi oleh pantai. Pantai paling indah dan sangat direkomendasikan adalah pantai Alam Indah karena pantai ini mudah diakses serta memiliki panorama yang sangat mempesona.

Pantai Alam Indah adalah salah satu objek wisata Tegal yang terkenal dengan keindahannya ketika senja. Banyak wisatawan yang mendatangi pantai ini hanya untuk mengabadikan moment senja di tengah dermaga kayu.

Beberapa kegiatan menarik yang juga dapat dilakukan di pantai Alam Indah adalah berenang, berkeliling menggunakan perahu, wahana waterboom dan masih banyak lainnya.

4. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban-Wisata TegalObjek wisata Tegal yang juga masih berhubungan dengan air adalah waduk Cacaban yang terletak di Pangkah, kecamatan Slawi, kabupaten Tegal. Di waduk ini, Anda akan dibuat takjub dengan suasana yang begitu tenang, segar, dan keindahan danau yang dikelilingi rimbunan pohon.

Fasilitas umum di sekitar danau yang konon dibangun pada masa penjajahan Belanda ini juga sangat lengkap. Fasilitas yang disediakan antara lain penginapan sederhana, rumah makan, toilet, tempat ibadah, camp area dan fasilitas umum lainnya.

5. Curug Luhur

Curug Luhur-Wisata TegalObjek wisata Tegal yang satu ini wajib Anda kunjungi. Mengapa? Karena disinilah bermain air di bawah air terjun dapat dilakukan dengan bebas. Hal ini dikarenakan kolam di bawah air terjun tak terlalu dalam sehingga bermain air dibawahnya akan aman tanpa takut tenggelam atau terseret arus.

6. Curug Penganten

Curug Penganten-Wisata TegalCurug Penganten adalah objek wisata Tegal yang jarang diketahui karena berada di balik bukit. Padahal, curug penganten memiliki eksotisme yang sangat indah. Air terjunnya memiliki ketinggian 11 hingga 14 meter dan mencuat diantara semak yang rimbun. Tak hanya itu, air yang mengalir juga sangat bersih dan segar.

7. Curug Sentul Cawitali

Curug Sentul Cawitali-Wisata TegalCurug Sentul Cawitali terletak di dusun Lemah Abang. Untuk menjangkaunya Anda harus memarkir sepeda di dusun Lemah Abang kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Curug Sentul Cawitali juga merupakan objek wisata Tegal yang masih belum terjamah. Suasana di curug ini masih sangat alami dan jarang sekali wisata yang datang. Selama ini, Curug Sentul Cawitali hanya dimanfaatkan sebagai tempat memancing dan juga latihan bagi para pendaki.

8. Rita Park

Rita Park Tegal-Wisata TegalSelain memiliki keeksotisan wisata alami, objek wisata Tegal juga dilengkapi dengan taman bermain modern layaknya Rita Park. Taman bermain ini menyajikan 21 wahana yang dapat dinikmati anak-anak hingga dewasa.

Meski baru dibuka tahun 2013 silam, Rita Park cukup menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Apalagi, wahana bermain ini buka pada jam 09.30 hingga 21.00 dan berada satu kompleks dengan Rita Super Mall sehingga memberikan kemudahan rekreasi keluarga sekaligus wisata belanja.

9. Danau Beko

Danau Beko-Wisata TegalDanau beko sebenarnya bukan salah satu objek wisata Tegal, melainkan hanyalah sisa penambangan batu kapur yang membentuk cerukan dan kemudian terisi air hujan. Air hujan yang tergenang akhirnya berubah warna menjadi hijau nan nampak seperti danau  buatan. Danau beko mulai dikenal sebagai objek wisata Tegal setelah foto danau Beko tersebar di internet.

Untuk mengunjungi danau beko, datanglah ke Dusun Karangdawa, Desa Karangasem, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Lebih baik Anda mengunjungi danau ini pada pagi atau sore hari, karena cuaca akan sangat terik ketika siang hari.

10. Situs Purbakala Samedo

Situs Purbakala Samedo-Wisata TegalSitus purbakala Samedo terletak di Desa Samedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal. Di situs purbakala ini, Anda bisa melihat berbagai koleksi fosil seperti gajah purba, badak, kuda nil dan babi.
Fosil manusia purba jenis homo erectus beserta peninggalannya juga tersimpan rapi di tempat wisata Tegal yang satu ini. Saking lengkapnya koleksi yang dimiliki, situs purbakala Samedo juga sering dijuluki sebagai sangirannya Tegal.

11. Batu Ancik

Batu Ancik-Wisata TegalWisata Tegal terpopuler yang terakhir ini merupakan spot foto yang sedang hits di Instagram. Batu besar dengan ketinggian sekitar 384 mdpl ini menyajikan pemandangan persawahan dan kaki gunung slamet yang begitu apik. Ketika kaki mulai menapak, hanya ada nada rumput ilalang dan bukit batu. Akan tetapi, ketika sampai di atas batu ancik, mata akan segera disegarkan dengan pemandangan alam yang begitu menakjubkan.

Itulah beberapa wisata Tegal yang harus Anda kunjungi ketika menyapa kota Tegal. Rencanakan jadwal dengan baik agar waktu Anda cukup untuk mengunjungi 11 wisata Tegal terpopuler tersebut.

One thought on “11 Wisata Tegal Yang Siap Membelalakkan Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *