Ragam Wisata Surabaya yang Menarik untuk Mengisi Liburan

Kota Surabaya yang mendapat julukan kota Pahlawan memiliki destinasi wisata yang menjadi primadona wisatawan salah satunya adalah wisata Surabaya yang memberikan pengetahuan mengenai sejarah. Julukan Surabaya sebagai kota Pahlawan dimulai saat revolusi kemerdekaan, yaitu saat terjadi pertempuran yang dasyat antara rakyat Surabaya dengan tentara Belanda.

Itulah mengapa di kota Surabaya terdapat banyak museum dan monumen seperti Tugu Pahlawan, monumen kapal selam, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda bisa menemukan bermacam jajanan kuliner khas Surabaya yang menggoda. Tidak hanya itu, ke Surabaya Anda bisa menikmati wisata alam yang tidak kalah menarik dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Penasaran tempat wisata Surabaya apa saja yang bisa menarik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tempat Wisata Monumen Kapal Selam

01.monumenkapalselamMonumen kapal selam ini diresmikan pada tanggal 27 Juni 1998 untuk mengenang jasa-jasa pahlawan Indonesia. Pada awalnya kapal ini adalah benar-benar kapal selam sungguhan yang di gunakan untuk peperangan dan pernah digunakan untuk melawan belanda di masa konflik Irian Barat yang dikenal dengan perang laut Aru. Karena sudah termakan usia kapal ini diangkut ke daratan tengah kota Surabaya untuk dijadikan Monumen kapal selam yang bersejarah dan menjadi salah satu wisata Surabaya yang ramai dikunjungi. Bermacam peralatan perang bisa anda temukan di kapal selam ini. Suatu pengalaman yang langka bisa masuk ke dalam kapal selam ini dan tentu akan menambah wawasan anda. Adapun lokasinya berada di Jl. Pemuda No 39 kota Surabaya.

2. Wisata Kebun Binatang Surabaya (KBS)

02.kebunbinatangsurabayaKebun Binatang Surabaya ini sangat populer sebagai pilihan wisata Surabaya bahkan di indonesia dan pernah menjadi kebun binatang paling lengkap se Asia Tenggara. Memiliki koleksi lebih dari 2.806 Ekor binatang dan terdapat satwa langka di dalamnya, baik satwa langka indonesia bahkan satwa langka internasional. Menghabiskan waktu liburan di kebun binatang Surabaya yang luasnya kira-kira 37 hektar ini merupakan suatu pilihan yang cerdas. Lokasinya terletak di Jalan Setail No 1.

3. Wisata Jembatan Suramadu Surabaya

03.jembatansuramaduWisata Surabaya selanjutnya adalah Jembatan Nasional Suramadu yang merupakan jembatan penghubung antara dua pulau yaitu Surabaya dan Madura. Jembatan ini bukan hanya jembatan biasa, namun telah menjadi tempat wisata Surabaya yang sangat populer karena memiliki keindahan arsitektur bangunannya dan jembatan suramadu merupakan jembatan yang terpanjang di Indonesia dengan panjangnya mencapai hampir 5,500 M. Tentu setiap wisatawan akan kagum dengan kemegahan jembatan suramadu ini dan sangat cocok menghabiskan waktu liburan di jembatan yang indah ini.

4. Wisata Ciputra Waterpark

04.ciputrawaterparkCiputra waterpark adalah tempat rekreasi air terbesar di Surabaya. Tempat yang luasnya 5 hektar ini merupakan wisata Surabaya yang populer dan sangat diminati, khususnya anak-anak. Adapun konsep tempat permainan ciputra waterpark ini adalah diinspirasi oleh kisah tokoh Sinbad yang merupakan seorang petualang ulung. Tempat ini sangat cocok untuk mengisi liburan anak-anak karena kolamnya yang dangkal sehingga para orang tua tidak perlu khawatir akan keselamatan anaknya.  Ciputra Waterpark memiliki keamanan yang handal yang telah terbukti. Anak-anak akan sangat menikmati dan tentu akan betah berlama-lama di tempat yang menakjubkan ini karena sangat banyak pilihan permainan air di Ciputra Waterpark.

5. Wisata Religi Masjid Al-Akbar

05.masjidalakbarMasjid Al Akbar merupakan tempat wisata religi di Surabaya yang sangat populer karena Masjid ini merupakan masjid terluas dan terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal Jakarta. Bangunan yang sangat megah dan arsitekturnya di rancang oleh pakar dari ITS dan Konsultan yang telah berpengalaman menjadikan masjid ini sangat dikagumi oleh pengunjung. Masjid ini selalu ramai dikunjungi, baik untuk melaksanakan ibadah ataupun yang berwisata menikmati keindahan masjid. Suatu pilihan yang tepat berkunjung bersama keluarga ke Masjid Al Akbar ini untuk menambah kecintaan keluarga terhadap Tempat ibadah dan tentu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Lokasinya beralamat  di Jalan. Masjid Al-Akbar Timur No 1, Pagesangan.

6. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

06.hutanmangrovewonorejoHutan mangrove wonorejo adalah destinasi wisata alam di Surabaya dengan deretan pohon-pohon bakau yang sangat rindang dan asri. Wisata Surabaya yang satu ini merupakan wisata terpopular untuk jenis wisata alam di Surabaya. Berjalan diatas jembatan yang terbuat dari papan dan kayu yang dikelilingi oleh pemandangan bakau dan rawa akan menciptakan nuansa yang berbeda dan Alami bagi anda dan keluarga. Selain itu anda juga bisa menikmati Hutan Mangrove dengan menggunakan perahu dengan menelusuri sungai-sungai. Sepanjang perjalanan anda akan melihat bermacam jenis burung dan beberapa jenis binatang yang hidup di hutan Mangrove.

7. Wisata Taman Bungkul

07.tamanbungkulDi Surabaya sangat banyak taman untuk bersantai dan rekreasi untuk mengisi liburan bersama keluarga, namun ada satu taman yang istimewa dan menjadi pilihan utama yaitu Taman Bungkul yang merupakan taman rekreasi keluarga terbaik di Surabaya, bahkan pernah memperoleh penghargaan pada Tahun 2013 oleh organisasi dunia PBB sebagai taman terbaik di asia (The 2013 Asian Townscape Award). Saat ini Fasilitas-Fasilitas di taman bungkul sangat lengkap dan modern dan menyediakan tempat bermain anak, skateboard, jogging track, amfiteater, dan tempat bermain lainnya. Ditambah lagi dengan pemandangannya yang indah dengan bermacam bunga warna warni menambah keistimewaan di tempat wisata Surabaya yang populer ini.  Lokasi Taman Bungkul beralamat di Jl. Raya Darmo-Surabaya.

8. Wisata Pantai Kenjeren

08.pantaikenjerenWisata Surabaya hanya memiliki satu tempat wisata pantai, yaitu pantai kenjeren yang sangat terkenal di Surabaya. Pantai kenjeren terbagi menjadi dua yaitu Pantai kenjeren lama dan pantai kenjeren baru. Kedua pantai tersebut sama-sama memiliki panorama pantai yang eksotik. Udara yang segar dan menawarkan wahana permainan anak-anak sangat cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga. Lokasinya berada di kec. Kenjeran, Surabaya.

9. Wisata Monumen Pahlawan Surabaya

09.monumenpahlawansurabayaBerlibur ke Surabaya tidaklah lengkap tanpa berkunjung ke tempat-tempat bersejarah karena Surabaya merupakan kota pahlawan yang sangat terkenal. Salah satu tempat sejarah yang populer di Surabaya adalah Monumen Pahlawan Surabaya. Terdapat bangunan tugu berbentuk paku terbalik yang tingginya sekitar 41,15 Meter dengan 10 lengkungan di tiangnya dan terbagi 11 ruas yang memiliki makna pada tanggal 10 di bulan 11 pada tahun 1945 yang merupakan suatu persitiwa perjuangan berdarah untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. Dengan berkunjung ke tempat ini Anda akan mengenang kembali jasa jasa pahlawan kita yang telah berkorban demi kemerdekaan yang kita nikmati hingga saat ini. Lokasinya beralamat di Jalan Pahlawan Kelurahan ALun Alun Contong Kecamatan Bubutan.

10. Citra Raya Surabaya

10.citrarayasurabayaCitra Raya Surabaya adalah wisata Surabaya yang unik Karena terdapat patung Singa Laut yang sangat mirip dengan patung singa yang ada di singapura. Tempat ini dijuluki sebagai singapuranya Surabaya. Jika anda berkunjung kesini seakan-akan Anda sedang berwisata di Singapura. Selain itu di Citra Raya Surabaya ini memiliki fasilitas yang lengkap, Seperti lapangan Golf, Waterpark, Gymnasium, dan beberapa fasilitas lainnya.

2 thoughts on “Ragam Wisata Surabaya yang Menarik untuk Mengisi Liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *