10 Tempat Wisata Salatiga Yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini merupakan kota yang cukup ternama di provinsi Jawa tengah yakni Salatiga. Salatiga ialah kota yang terletak perbatasan antara Semarang dan Surakarta. Meskipun kota ini terbilang kecil, anda tak dapat meremehkan kota ini. Pasalnya disini ada harta karun yang akan membuat mata anda terbelalak, harta tersebut berupa obyek wisata. Anda dapat mengarungi beberapa pilihan wisata Salatiga yang memikat.

Salatiga terletak di kaki Gunung Merbabu, sehingga jika cuaca sedang cerah maka beruntunglah anda karena dapat menikmati pemandangan gunung Merbabu dari jantung kota Salatiga tersebut. Pemandangan dan panorama yang meneduhkan inilah yang sulit anda dapatkan sewaktu berada di kota besar bukan? Maka dari itu berkunjunglah ke wisata Salatiga yang menawarkan beragam obyek wisata yang mempesona ini.

5  Daftar Wisata Salatiga Yang Identik Dengan Elemen Air

Air merupakan salah satu media yang sangat menyenangkan jika digunakan untuk bermain. Selain itu, air memberikan sensasi segar pada tubuh kita, sehingga itulah yang membuat bermain dengan air begitu menyenangkan. Apabila anda juga gemar bermain air, maka kunjungilah obyek wisata Salatiga yang berbau air berikut ini:

1. Rawa Pening

Rawa Pening-Wisata SalatigaIni adalah nama danau yang terdapat di kota Salatiga dan dijadikan sebagai obyek wisata Salatiga yang memiliki keindahan cukup menggemaskan. Setidaknya terdapat 3 titik pertemuan wilayah, yakni Ungaran, Ambarawa serta Salatiga. Selain menikmati keindahan danau ini, anda juga dapat melakukan wisata kuliner disini. Di sekitar danau terdapat beberapa restoran yang menyuguhkan aneka makanan lezat. Anda juga dapat mengunjungi taman berkuda yang ada disini.

2. Pemandian Air Alam Muncul

Pemandian Air Alam Muncul-Wisata SalatigaUntuk tempat wisata Salatiga yang berikut ini dapat anda jadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga tercinta. Obyek wisata yang berada di Dewa RowoBoni kecamatan Banyubiru, Semarang ini merupakan sebuah air kolam yang langsung berasal dari mata air yang letaknya di bagian dasar kolam, sehingga airnya sangat menyegarkan.

3. Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo-Wisata SalatigaDi Salatiga terdapat beberaap wisata alam yang sangat eksotis nan cantik, salah satunya air terjun Umbul Songon berikut ini. Wisata Salatiga ini memiliki pemandangan alam yang mengesankan, disertai hawa sejuk yang mendukung. Terjejer juga pepohonan yang sangat indah. Ada dua alternatif yang dapat anda pilih untuk dapat sampai ke air terjun, yakni dengan berjalanan kaki atau dengan menunggangi kuda yang disewakan.

4. Wahana Air Atlantic Dreamland

Wahana Air Atlantic Dreamland-Wisata SalatigaUntuk wisata Salatiga berikut ini persisnya berada di Jalan Soekarno Hatta, Salatiga. Disana anda akan disuguhi oleh aneka wahana rekreasi keluarga yang patut anda coba. Wahana tersebut meliputi: water toys, water ball, carousel, kolam renang, water boom, circularTrack, Flying Fox, Coaster, ATV, Boom-boom Car serta masih banyak lagi wahana permainan yang dapat anda coba di wisata Salatiga berikut.

 

5. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti-Wisata SalatigaJika anda ingin mendapatkan pengalaman berenang yang berbeda, maka wajib mengunjungi wisata Salatiga ini. Letaknya yang ada di bukit, akan memberikan sensasi berenang yang tak lazim. Anda dapat menikmati pemandangan liar yang indah sembari berkecimpung dalam kolam renang. Terdapat empat tingkat wahana kolam renang, serta dilengkapi pula oleh wahana flying fox.

 

5 Wisata Salatiga Yang Berbau Alam

Setelah puas berkunjung ke wisata Salatiga yang menawarkan elemen air sebagai obyek utamanya, akankah anda tak ingin mengunjungi wisata alamnya? Berikut beberapa obyek wisata alam Salatiga yang wajib anda kunjungi.

1. Bukit Cinta

Bukit Cinta-Wisata SalatigaBukit cinta merupakan kawasan wisata Salatiga yang terdapat di tepi kawasan wisata Rawa Pening. Terdapat mitos yang berhembus dikawasan ini, yang mana jika mendatangi tempat berikut bersama kekasih sebelum menikah maka dapat menyebabkan kisah cintanya berakhir. Namun keluar dari mitos tersebut ada suguhan pemandangan yang menawan di tempat ini.

2. Kopeng

Kopeng-Wisata SalatigaApabila anda merasa jenuh dan penat akan rutinitas harian anda yang menyita waktu dan tenaga, maka sesekali anda harus berlibur ke wisata Salatiga berikut ini. Disini otak anda akan disegarkan kembali dengan aneka pemandangan yang membentang indah. Desa kopeng merupakan kawasan desa wisata yang dikelilingi oleh gunung-gunung vulkanik, seperti gunung Andong, Merbabu serta Telomoyo.

 

3. Agrowisata Salib Putih

Agrowisata Salib Putih-Wisata SalatigaSedangkan untuk tempat wisata Salatiga yang selanjutnya ini terdapat di Jalan Hasanudin KM 4, Salatiga-Kopeng. Tempat ini memberikan penawaran berupa ecopark hotel dengan beberaap fasilitas menarik, seperti: outbond, perkebunan, serta taman bermain.

 

4. Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo-Wisata SalatigaUntuk obyek wisata Salatiga ini memang secara administratif tak berada di wilayah Salatiga. Namun obyek wisata berikut ini malah lebih mudah jalur aksesnya jika lewat Salatiga. Apalagi dengan area wisata Kopeng. Anda dapat menikmati sejuknya hawa pegunungan dan alam kehijauan yang membentang akan dapat membangkitkan semangat anda lagi.

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa-Wisata SalatigaMulanya tempat wisata Salatiga ini merupakan stasiun kereta api yang digunakan secara komersial. Tetapi kini kereta Api Ambarawa difungsikan sebagai suatu museum atau stasiun kereta api yang ditujukan untuk para wisatawan. Disini anda dapat mencoba kereta wisata yang bertenagakan uap. Namun anda harus menyewa 1 gerbong sekaligus. Tidak hanya itu saja yang ditawarkan oleh wisata ini, namun di stasiun ini juga ada sebuah lokomotif uap pada zaman Belanda terdahulu. Hal ini dikarenakan bangunan museum berikut merupakan salah satu bangunan peninggalan zaman belanda. Sehingga jika anda merupakan sosok orang yang menyukai berkunjung ke tempat wisata penuh sejarah, maka dapat menjadikan tempat berikut sebagai salah satu tempat kunjungan.

Setelah seharian bekelana mengitari tempat-tempat wisata di Salatiga, anda dapat langsung segera berburu wisata kulinernya. Terdapat aneka kuliner menarik di Salatiga yang mampu menggoyangkan lidah anda. Berhubung kota ini merupakan kota dengan destinasi yang cukup banyak, maka terdiri pula beragam resto yang menyediakan aneka makanan lezat.

Wisata Salatiga ini dapat anda jadikan tempat wisata yang nantinya akan menyatukan anda dengan kaluarga, maupun teman dekat anda. Selain itu, kota berikut juga akan memberikan anda sebuah pengalaman yang berbeda. Nikmatilah sajian penuh warna di kota Salatiga yang mempesona ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *