Wisata Religi di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Palembang

Indonesia merupakan suatu Negara dengan mayoritas beragama islam terbesar di dunia sehingga wajar memiliki suatu masjid yang megah dan besar disetiap kotanya, karena bisa menampung sebanyak mungkin jamaah. Biasanya setiap masjid memiliki desain bangunan yang indah dan memiliki nilai seni yang tinggi. Apalagi masjid tersebut merupakan masjid utama di sebuh kota sudah sepatutnya pemerintah setempat melakukan yang terbaik untuk pembangunan masjid tersebut. Masjid yang indah dan nyaman akan membuat jamaah yang beribadah di masjid tersebut lebih khusuk dan betah berada di masjid. Apalagi masjid tersebut merupakan bagian dari sejarah kejayaan Kesultanan Palembang. Masjid itu bernama masjid agung sultan Mahmud badaruddin dengan arsitektur bangunannya yang indah.

Sejarah Singkat Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid terbesar di Palembang ini didirikan antara Tahun 1738 s/d 1748 M oleh sultan Mahmud Badaruddin jaya wikramo atau sultan Mahmud badaruddin I. pada saat dibangun dulu berdasarkan sumber sejarah masjid ini merupakan masjid terbesar seindonesia selama beberapa Tahun. Uniknya di bagian lain pembangunan menaranya dilakukan secara terpisah yaitu berada di sisi barat. Adapun desain dari menara tersebut sangat mirip dengan Klenteng China dan dibangun antara Tahun 1758 s/d 1774 M pada masa sultan Ahmad Najamudin. Telah terjadi renovasi dan perluasan pada masjid sultan Mahmud Badaruddin yang dilakukan lebih kurang sebanyak 8 kali. Terakhir renovasi dilakukan pada tahun 2000 s/d 2003 yang menghasilkan bentuk masjid saat ini

Arsitektur Bangunan Masjid

Masjid agung sultan Mahmud badaruddin yang luasnya sekitar 15.400 m2 ini dibangun dengan 3 gaya arsitektur yaitu, Arsitektur China, Eropa, dan Budaya Indonesia. Model dari atap masjid bagian utamanya sangat mirip dengan Klenteng China. Untuk gaya arsitektur Eropa bisa kita lihat pada pintu masjid agung dengan ukuran tinggi besar. Masjid yang juga biasa disebut masjid agung Palembang ini terbagi dalam 2 bangunan yaitu bangunan utama atau bangunan lama dan yang kedua adalah bangunan baru yang merupakan bangunan tambahan.

Wisata Religi

Bagi anda pecinta wisata religi atau pecinta masjid tentu masjid agung sultan Mahmud badaruddin ini menjadi tempat wisata pertama kali yang akan anda kunjungi saat berwisata ke palembang. Masjid agung Palembang banyak menarik perhatian para traveler karena masjid ini merupakan bangunan peninggalan kejayaan kerajaan masa lalu di Palembang yang bisa kita saksikan hingga kini yaitu pada bagian bangunan aslinya yang masih dipertahankan dan merupakan salah satu diantara bangunan bersejarah yang tersisa dari penghancuran oleh penjajah belanda. Traveler bisa beribadah di bagian bangunan asli atau bangunan lama di masjid agung ini tentu merupakan suatu pengalaman yang berbeda karena bagian asli bangunan ini telah berumur lebih dari 2 abad yang mana pada saat itu merupakan masa kejayaan kesultanan Palembang.

Bangunan masjid dengan arsitekturnya yang cantik dan berkharisma ini akan menambah daya tarik para wisatawan untuk berkunjung.

Lokasi

Masjid agung sultan Mahmud badarudiddin ini berlokasi di jalan sudirman, kelurahan 19 ilir, Kec. Bukit kecil, Palembang, sumatera selatan. Didepan gerbang masjid yaitu bundaran air mancur Palembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *