Pesona 10 Destinasi Wisata di Probolinggo

Ketika ada agenda liburan, pastinya akan sangat disayangkan apabila anda hanya duduk diam di rumah saja. Ketika liburan tiba, hal yang pas untuk dilakukan ialah berlibur dan menjadi pelancong. Maka anda dapat sesekali mengunjungi kota Probolinggo yang ada di Jawa Timur. Tentunya ketika tiba disana, anda akan disuguhi oleh beberapa hal yang menarik, yakni wisata Probolinggo.
Probolinggo merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang mempunyai destinasi wisata menarik untuk para traveller seperti anda. Anda dapat meluangkan waktu bersama orang-orang tersayang untuk menjelajahi tempat tersebut. Ketika anda memutuskan untuk berkunjung ke wisata Probolinggo, maka tidak hanya kebahagiaan yang anda dapatkan, melainkan rasa nyaman dan ingin tetap tinggal.

Wisata Probolinggo Yang Bernuansa Sejuk

Bagi beberapa orang, berwisata artinya membebaskan diri dan otak dari rutinitas harian, yang mana seringkali membuat penat dan otak pun menjadi sumpek. Ketika menjalani aktivitas liburan, yang anda perlu pikirkan hanyalah kemana tujuan anda, dan jika anda memiliki tujuan ke wisata Probolinggo maka itu merupakan pilihan yang tepat.
Bagi masyarakat yang berpenghuni di kota-kota besar, pasti mendapatkan hawa sejuk merupakan salah satu hal yang cukup sulit. Akrab dengan polusi dan debu mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Namun, sesekali anda perlu membebaskan diri dari hal tersebut. Salah satu hal yang dapat anda lakukan ialah dengan meninggalkan sejenak tempat tinggal anda untuk pergi berlibur ke wisata Probolinggo yang memiliki hawa sejuk.
Dimana saja? Berikut ini deretan tempatnya!

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo-Wisata ProbolinggoWisata Probolinggo yang berikut ini mungkin cukup terkenal. Gunung Bromo merupakan sebuah gunung berapi yang memang masih aktif. Gunung berikut memiliki tinggi 1.392 mdpl serta termasuk ke dalam tempat wisata gunung dengan hawa sejuk yang banyak diminati dan menjadi obyek wisata di Probolinggo.
Gunung Bromo ini terdapat di empat kawasan, yakni kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruan serta Lumajang. Wisata Probolinggo ini mempunyai bentuk yang saling berkesinambungan dengan ngarai serta lembah dan lautan berpasir yang mempunyai luas sekitar 10 km persegi.
Untuk kawah dari Gunung Bromo bergaris tengah kurang lebih 800 meter dari utara ke selatan serta kurang lebih 600 meter mulai timur hingga barat. Di Bromo dihuni oleh masyarakat bersuku Tengger,yang mana tiap setahun mengadakan upacara Yadnya Kasada.

Baca Juga : Menikmati Wisata Bromo Dengan Keindahan Alam Eksotis

2. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro-Wisata ProbolinggoSedangkan untuk wisata Probolinggo yang berhawa sejuk selanjutnya ini merupakan bekas dari gunung api aktif, yang mana mempunyai tinggi 1.088 meter serta termasuk bagian dari gunung yang terletak di Kabupaten Probolinggo.

Wisata Probolinggo ini memiliki beberapa puncak, di antaranya puncak Rengganis. Puncak tersebut menjadi salah satu daya tarik dari Gunung Argopuro. Namun tak hanya itu saja daya tariknya, melainkan berupa peninggalan zaman purba yang berwujud teras berundak yang tersusun atas 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan yang ada di dalamnya pun menjadikan wisata Probolinggo ini sebagai daya tarik tersendiri.

Wisata Probolinggo Yang Mengakrabkan Anda Dengan Air

Selain hawa sejuk, anda juga bisa mengunjungi aneka tempat wisata Probolinggo yang menjadikan anda akrab dengan air. Bermain air merupakan suatu kegiatan yang sangat asyik, seolah ingatan anda akan dikembalikkan ke waktu anda masih kecil.

Ya, anak-anak memang menyukai air untuk bermain dan terkadang anda harus melakukan hal yang sama sewaktu masih anak-anak agar dapat terlepas dan bebas menikmati hidup yang ada di depan anda. Maka pilihlah destinasi wisata Probolinggo yang membantu anda untuk memandang keindahan yang berasal dari air, referensinya ialah:

3. Pulau Gili Ketapang

Pulau Gili Ketapang-Wisata ProbolinggoPulau berikut berada di Selat Madura, yang memiliki jarak sekitar 8 km dari bibir pantai Probolinggo, dan kebanyakan ditempati oleh masyarakat bersuku Madura. Arti dari nama Gili ialah mengalir, sedangkan Ketapang merupakan nama tempat itu. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di area ini, seperti snorkeling, dan anda akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang indah dan termasuk terumbu karang yang menawan.

4. Ranu Segaran

Ranu Segaran-Wisata ProbolinggoWisata Probolinggo yang satu ini berada di Desa Segaran, Kecamatan Tiris. Diperlukan setidaknya 30 menit untuk sampai kesini dari Pusat kota Probolinggo. Sepanjang jalan anda akan diberikan pemandangan apik khas pepohonan dan gunung.

 

5. Air Panas Desa Tiris

Air Panas Desa Tiris-Wisata ProbolinggoTempat berikut masih termasuk ke dalam kompleks Ranu Segaran yang merupakan wisata air panas yang terbilang maish alami.

 

6. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura-Wisata ProbolinggoBerikut merupakan wisata Probolinggo yang terdapat di Kecamatan Lumbang dan masih berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Wisata ini menyerupai ceruk dan dikelilingi oleh bukit, serta pada seluruh bidang tebingnya mampu meneteskan air.

 

7. Arung Jeram Sungai Pekalen

Sungai Pekalen-Wisata ProbolinggoBagi anda yang gemar dengan wisata pemacu adrenalin, maka wajib berkunjung ke tempat berikut ini. karena di sungai pekalen yang memiliki jarak sekitar 25 km dari Probolinggo ini merupakan wahana arung jeram yang akan membangkitkan adrenalin anda.

8. Danau Ronggojalu

Danau Ronggojalu-Wisata ProbolinggoWisata Probolinggo berikut ini merupakan sebuah danau yang memiliki air sangat bersih nan jernih. Dijadikan pula sebagai sarana industri bagi masyarakat sekitar. Tempatnya yang sejuk dan harmonis dapat anda gunakan sebagai tempat wisata keluarga.

 

9. Pantai Bentar

Pantai Bentar-Wisata ProbolinggoUntuk sebagian orang, kawasan pantai merupakan tempat yang cocok untuk digunakan berlibur. Pantai bentar merupakan pantai yang terdapat di Probolinggo. Yang menjadi daya tarik pantai ini ialah Hiu tutul atau whale shark yang muncul pada bulan Januari hingga Maret.
Selain beberapa tempat di atas, masih ada referensi lain ketika singga di Probolinggo. Yakni:

 

10. Candi Jabung

Candi Jabung-Wisata ProbolinggoTempat wisata Probolinggo berikut merupakan wisata berbau sejarah, yang merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit. Candi berikut tersusun atas bata merah yang sampai kini masih bertahan.

Beberapa wisata Probolinggo tersebut dapat anda jadikan alternatif tempat liburan ketika ingin meluangkan waktu untuk diri anda sendiri. Ingatlah, beban yang dapat ditanggung oleh seseorang memiliki batas dan kapasitas. Sehingga mengambil waktu untuk bersantai dan berwisata itu perlu dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *