Ekplorasi 10 Tempat Wisata Pekalongan Yang Patut Untuk Dikunjungi

Dikenal sebagai kota religus, Pekalongan merupakan suatu wilayah di Jawa Tengah yang terletak di jalur Pantura yang menghubungkan kota Jakarta, Semarang dan Surabaya. Terletak di 101 km sebelah barat, kota ini merupakan salah satu kota yang juga pernah dinobatkan oleh UNESCO sebagai kota yang paling kreatif dalam kategori carft and folk art dengan produk andalannya yang berupa batik.

Bagi anda yang mengunjungi kota dengan 4 kecamatan ini sangat disarankan untuk singgah di beberapa lokasi wisata Pekalongan yang menyimpan daya tarik keindahan tersendiri. Berikut beberapa lokasi wisata Pekalongan yang bisa anda jadikan sebagai referensi liburan anda.

1. Museum Batik

Museum Batik-Wisata PekalonganUntuk mengetahui seluk beluk kerajinan batik, maka anda bisa mengunjungi wisata Pekalongan yang berada di jalan Jatayu no. 1. Sebuah gedung yang dikenal sebagai tempat wisata yang akan menawarkan seluk beluk tentang kerajinan batik beserta perlangkapan yang digunakan untuk membatik ini tidak boleh untuk dilewatkan saat anda mengunjungi Pekalongan. Bagaimana tidak? Di tempat ini anda bisa melihat koleksi batik dari berbagai daerah serta beberapa koleksi batik tokoh ternama seperti batik milik ibu Ainun Habibie dan beberapa tokoh lainnya.

2. Curug Bajing

Curug Bajing-Wisata PekalonganDengan ketinggian sekitar 80 meter, air terjun Curug Bajing juga merupakan wisata Pekalongan yang memiliki suasana tenang sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga.
Pemandangan alam yang indah serta kicauan burung yang berterbangan akan terlihat lebih indah dengan dominasi bebetuan yang sangat unik yang membentuk seperti tempat seluncuran. Tempat wisata yang berlokasi di desa Telogo Pakis ini bisa anda tempuh dengan berjalan kaki sejauh 300 meter dari parkir kendaraan yang terdapat di desa tersebut.

3. Kebun Teh Pagilaran

Kebun Teh Pagilaran-Wisata PekalonganTerletak di 40 km dari pusat kota, Kebun Teh Pagilaran merupakan wisata Pekalongan yang akan menyajikan pemandangan alam kebun teh yang sangat mempesona dengan hamparan hijau tanaman teh.
Tempat wisata ini terletak di kawasan perbukitan Dieng, sehingga memiliki udara yang sangat segar yang membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di tempat ini. Salah satu hal yang kerap kali dilakukan oleh setiap pengunjung yang datang ke lokasi ini adalah berfoto bersama karena setiap moment perjalanan sangatlah sayang untuk dilewatkan.

4. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana-Wisata PekalonganBagi anda yang suka menghabiskan waktu di pantai, maka disarankan anda mengunjungi pantai Pasir Kencana yang berlokasi di 4 km dari pusat kota. Keindahan suasana sore yang dipadu pada saat matahari mulai terbenam merupakan daya tarik pesona pantai yang mampu menghipnotis para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Salah satu wisata Pekalongan ini juga menawarkan berbagai fasilitas seperti taman bermain dan juga panggung yang digunakan untuk menikmati indahnya matahari sore. Di tempat ini juga dilengkapi dengan wisata kuliner serta mushola untuk bersembahyang.

5. Pantai Slamaran Indah

Pantai Slamaran Indah-Wisata PekalonganSelain pantai Pasir Kencana, wisata Pekalongan yang bisa anda kunjungi adalah pantai Slamaran Indah yang sangat dikenal oleh masyarakat luas dengan Legenda Dewi Lanjar. Berlokasi di sebelah timur pantai Pasir Kencana, tempat wisata ini bisa anda tempuh dengan melakukan perjalanan sepanjang 5 km dari pusat kota ataupun terminal bus. Dengan dikelilingi oleh hutan pantai yang masih perawan, pantai yang memiliki luas sekitar 7 Ha ini juga menyajikan pemandangan sun rise dan sun set yang tidak kalah mempesona dari pantai-pantai lainnya.

6. Desa Wisata Lolong

Desa Wisata Lolong-Wisata PekalonganWisata Pekalongan yang selanjutnya dikhususkan bagi mereka yang merupakan penggila buah durian. Desa lolong merupakan sebuah destinasi wisata Pekalongan yang selalu mengadakan festival durian setiap tahunnya, di mana para pengunjung yang datang ke festival ini bisa menikmati durian hingga puas dengan harga yang terjangkau. Jika anda ingin menikmati lezatnya durian Desa Lolong, maka anda bisa bertandang ke desa ini pada bulan Desember sampai Maret. Di tempat ini, selain anda bisa menikmati durian, anda juga bisa melakukan olahraga arung jeram yang bisa anda temukan disekitar lokasi wisata ini.

7. Linggo Asri

Linggo Asri-Wisata PekalonganLokasinya yang berada di dataran tinggi Pekalongan, kawasan wisata Linggo Asri merupakan suatu tempat yang memiliki pemandangan alam yang sangat asri dan indah. Tempat wisata Pekalongan ini merupakan sebuah aliran sungai yang didominasi dengan vegetasi alamnya yang berwarna hijau serta udara yang sangat segar.
Terletak di jalur Pekalongan-Banjarnegara, tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan yang menginginkan suasana alam yang segar dan hijau.

8. Pantai Depok

pantai Depok-Wisata PekalonganTempat wisata Pekalongan yang lainnya juga akan menyuguhkan suasana alam yang bisa dibilang “privat” sebab tempat ini jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Namun, jangan mengira, bahwa di balik rendahnya frekuensi kunjungan wisatawan, tempat wisata yang dikenal dengan pantai Depok ini akan menawarkan suasana alam yang sangat tenang sehingga sangatlah cocok bagi mereka yang butuh ketenangan di saat liburan. Dengan hamparan pohon nyiur yang sangat indah, membuat tempat ini juga terasa sejuk sekalipun anda berkunjung di siang hari.

9. International Batik Center

International Batik Center-Wisata PekalonganDibangun pada sebuah lahan dengan luas sekitar 4 hektar, International Batik Center (IBC) merupakan salah satu tempat wisata Pekalongan yang dikenal sebagai pusat penjualan batik terbesar di Pekalongan.
Kebanyakan para wisawatan yang singgah di tempat ini akan menghabiskan waktunya dengan berbelanja berbagai macam batik yang merupakan produk khas Pekalongan. Oleh sebab itu, bagi anda yang termasuk pecinta batik, maka anda wajib mengunjungi tempat wisata yang berlokasi di jalan A. Yani 537, tepatnya di desa Wiradesa, Pekalongan.

10. Gunung Dan Curug Regojembangan

Gunung dan Curug Regojembangan-Wisata PekalonganPekalongan memang terkenal dengan wisata alamnya yang sangat mempesona, di mana salah satu wisata Pekalongan yang menawarkan keindahan alam yang tidak kalah mengagumkan bisa anda temukan di gunung dan curug regojembangan.
Sebuah tempat wisata alam yang memiliki hawa udara yang sejuk ini juga didominasi dengan berbagai tanaman langka seperti anggrek putih serta kantong semar. Berlokasi di kecamatan Petungkriyono, tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata akhir pekan anda bersama keluarga.

Berkunjung ke Pekalongan tidak akan lengkap jika anda tidak mengeksplorasi berbagai tempat wisata Pekalongan yang menyajikan berbagai keindahan alam yang sangat mempesona. Pantai depok, curug bajing, museum batik Pekalongan serta beberapa tempat wisata Pekalongan lainnya merupakan suatu hal yang sangat layak untuk dijadikan referensi liburan akhir pekan anda. Dengan mengunjungi beberapa wisata Pekalongan, maka anda akan lebih mengenal seluk beluk kota tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *