10 Objek Wisata Pasuruan Yang Menakjubkan

Pasuruan merupakan wilayah Jawa Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Malang. Secara administrative, Pasuruan terbagi menjadi dua bagian, yaitu Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan. Pasuruan terletak di area pegunungan sehingga memiliki kontur dan udara yang cocok sebagai daerah wisata.

Objek wisata Pasuruan sangatlah beragam, mulai dari perbukitan, hutan wisata Purwodadi yang terkenal, pantai, danau hingga Candi. Beberapa objek wisata Pasuruan yang wajib Anda kunjungi telah kami rangkum dalam 10 objek wisata Pasuruan yang menakjubkan berikut ini.

Pantai Lekok

Pantai LekokPantai Lekok memliki pemandangan yang sangat elok. Di tempat wisata Pasuruan yang satu ini, Anda bisa melihat berbagai aktifitas yang bisa diadakan oleh masyarakat sekitar, misalnya saja ski lumpur.

Jika ski biasanya dilakukan diatas air atau salju, masyarakat nelayan Pasuruan memiliki tradisi yang berbeda. Ski lumpur atau ski lot dilakukan diatas lumpur bekas tambak yang dikeringkan. Tak hanya melakukan seluncuran lumpur saja, peserta juga harus menangkap belut, lele dan kepiting selama berseluncur.

Aktifitas menarik seperti ini akan diadakan setahun sekali, tepatnya saat lebaran ketupat. Pesertanya pun tak sebatas lelaki saja, kaum hawa juga boleh berpartisipasi dalam perayaan ini. Selain ski lumpur, di pantai Lekok  juga sering diadakan lomba perahu atau perahu payung.

Pemandian Banyu Biru

Pemandian Banyu Biru-Wisata PasuruanPemandian Alam Banyu Biru memiliki kolam yang begitu luas sehingga sangat cocok untuk tempat berendam atau berenang untuk melepas lelah. Konon katanya, pemandian alam ini sudah ada  sejak zaman kolonial Belanda, bahkan ada yang menyebutkan bahwa objek wisata Pasuruan ini merupakan peninggalan zaman Majapahit.

Selain berendam, di tempat ini Anda juga bisa menyaksikan ikan sengkaring, yaitu ikan yang dikeramatkan oleh warga Pasuruan. Konon katanya, ikan yang panjangnya bisa mencapai 1 meter ini berasal dari pengawal kerajaan Majapahit yang dikutuk.

Candi Jawi

Candi Jawi-Wisata PasuruanCandi Jawi merupakan objek wisata Pasuruan yang tak kalah cantik dengan candi Prambanan. Candi jawi dibangun oleh Raja terakhir Singasari pada abad ke 13. Oleh karena itu, bangunan Candi Jawi sangat kental dengan arsitektur Hindu-Budha.

Candi ini terbuat dari batu andesit sehingga memiliki warna putih. Disekitar candi juga terdapat parit dan kolam yang dipenuhi dengan bunga teratai sehingga membuatnya nampak semakin menarik. Untuk mencapai lokasi candi cukup mudah karena letaknya yang berada di pinggir jalan raya, tepatnya di desa Wates, Prigen.

Candi Gunung Gangsir

Candi Gunung Gangsir-Wisata PasuruanCandi Gunung Gangsir terletak di Dukuh Kebon Candi, Desa Gunung Gangsir, Beji, Pasuruan. Karena berada di dukuh Kebon Candi inilah, candi Gunung Gangsir disebut juga sebagai Candi Kebon Candi. Sedangkan nama gangsir sendiri diambil dari nama hewan yang suka menggali lubang. Sebutan gangsir ini dikaitkan dengan dua orang yang dulunya pernah menggali gunung untuk menemukan harta di Candi ini.

Kini, kondisi salah satu wisata Pasuruan ini tak lagi terawat. Candi yang dulunya terdiri dari 4 lantai hanya tersisia reruntuhannya saja. Pada bagian sudut dasar candi juga terlihat retak tak terawat.

Panorama Gunung Bromo

Gunung Bromo-Wisata PasuruanPanorama Gunung Bromo memang selalu menjadi incaran para traveller. Gunung yang terkenal dengan kearifan budaya suku Tengger serta pemandangan alamnya ini dapat dinikmati dengan leluasa melalui puncak pendakian Pasuruan.

Tak hanya menikmati keindahan Gunung Bromo, di wisata Pasuruan ini Anda juga bisa bersentuhan dengan kebudayaan Tengger, termasuk menyaksikan upacara pelantikan dukun yang kerap dilakukan suku Tengger.

Baca Juga : Menikmati Wisata Bromo dengan Keindahan Alam yang Eksotis

Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati-Wisata PasuruanRanu Grati atau Danau Grati memiliki luas 107 hektar. Ketika mengunjungi danau ini Anda akan menyaksikan hamparan air yang begitu luas lengkap dengan aktifitas para petani ikan. Yah, selain dijadikan salah satu objek wisata Pasuruan, danau Ranu Grati memang dijadikan sebagai keramba oleh penduudk sekitar. Beberapa ikan tawar yang dibudidayakan di keramba adalah nila, gurami, mujair dan masih banyak lainnya.

Banyak sekali aktifitas menarik yang dapat dilakukan di danau Ranu Grati, diantaranya bersepeda, berkeliling menggunakan perahu, melihat aktifitas budaya ikan, wisata kuliner, memancing atau hanya sekedar duduk bersantai di bawah pepohonan rindang. Selain itu, Anda juga bisa menyaksijan ritual larung saji sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa di danau ini.

Taman Safari Indonesia II

Taman Safari PrigenTaman Safari Indonesia II adalah julukan yang diberikan oleh pemerintah karena sebenarnya nama objek wisata Pasuruan ini adalah Taman Safari Prigen. Letaknya dekat dengan kaki gunung Arjuna sehingga menampilkan view yang begitu indah.

Taman safari Indonesia II disebut-sebut sebagai taman safari terluas di Asia Tenggara. Tak hanya itu, taman perlindungan satwa ini juga dinilai paling sukses dalam menjaga kelestarian hewan yang hampir punah.

Berkat kinerjanya yang berhasil menyelamatkan banteng Jawa dan gajah Sumatra, taman Safari Indonesia II di tunjuk pemerintah sebagai Stud Book Keeper (penjaga silsilah) bagi banteng Jawa dan gajah Sumatra di luar habitat aslinya.

Baca Juga : Taman Safari Prigen

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho-Wisata PasuruanMasjid Cheng Ho atau masjid Muhammad Cheng Ho adalah sebuah masjid megah yang kental dengan nuansa konghucu. Masjid yang didominasi warna merah ini dibangun oleh laksamana China yang masuk Islam. Masjid ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata Pasuruan dengan nuansa religi.

Masjid Cheng Ho terletak di desa Pandaan, tepatnya di sebelah utara pasar buah atau di depan terminal Pandaan.

Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung-Wisata PasuruanAir terjun Coban Baung memiliki ketinggin 100 meter. Wisata Pasuruan yang satu ini terletak di kawasan hutan wisata sehingga nampak begitu asri dan sejuk tak hanya itu, di dekat air terjun Coban Baung juga terdapat 4 air terjun lainnya yang memiliki ketinggian 10 hingga 20 meter.

Untuk menikmati keindahan air terjun coban baung, silahkan berkunjung ke Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan. Tepatnya Anda harus berhenti di jalan kecil dekat pembatas kebun Purwodadi. Anda harus menyusuri jalan kecil tersebut hingga menemukan area parkir wisata. Setelah itu, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni anak tangga.

Kawasan Tretes

Kawasan Tretes-Wisata PasuruanKawasan Wisata Tretes terletak di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuna. Layaknya kawasan pegunungan lainnya, kawasan tretes memiliki hawa sejuk dan berkabut. Kawasan Wisata Tretes sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berwisata bersama keluarga.

Pasalnya, wisata Pasuruan yang satu ini menyajikan fasilitas liburan keluarga yang begitu lengkap seperti lapangan golf, lapanagan tenis, hutan pinus, taman anggrek, pacuan kuda, hotel, restaurant hingga wahana alam air terjun.

Itulah 10 objek wisata Pasuruan yang menakjubkan dan harus Anda kunjungi. Jangan pernah ragu mengunjungi Pasuruan karena meski tak begitu luas, objek wisata Pasuruan sangat lengkap serta mengagumkan.

2 thoughts on “10 Objek Wisata Pasuruan Yang Menakjubkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *