10 Wisata Alam dan Sejarah Mengagumkan Di Mojokerto

Mojokerto merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang berada di antara Jombang dan Sidoarjo. Wilayah yang satu ini menyimpan banyak sekali tempat wisata yang tentu sangat layak untuk dikunjungi.

Ada banyak tempat wisata Mojokerto berupa candi peninggalan kerajaan Majapahit yang bahkan menjadikan Mojokerto mendapatkan sebutan sebagai kota seribu candi. Oleh karena itulah alangkah menariknya apabila kita mengulas mengenai tempat wisata Mojokerto yang layak untuk dikunjungi selama menghabiskan liburan. Berikut adalah 10 tempat wisata di Mojokerto yang harus didatangi.

Patung Budha Tidur : Mahavihara Majapahit

Patung Budha Tidur Mahavihara Majapahit-Wisata MojokertoLokasi dari tempat wisata ini adalah di desa Bejijong, Mojokerto, Jawa Timur. Patung Budha Tidur merupakan tempat ibadah para penganut agama Budha yang ada di wilayah Mojokerto.

Daya tarik dari tempat wisata ini adalah terdapat patung Budha tidur yang menjadi salah satu patung Budha tidur terbesar pertama di Asia Tenggara dan menjadi patung Budha terbesar nomor tiga di dunia.

Hal menarik lain dari patung Budha tidur tersebut adalah seluruh badan Budha tidur berwarna kuning emas dan berada tepat di samping vihara. Jadi orang-orang yang berwisata dan datang ke tempat tersebut tidak hanya sekedar untuk beribadah saja, namun juga dapat melihat keunikan dari patung Budha tersebut.

Kolam Segaran

Kolam Segaran-Wisata MojokertoLokasi kolam Segaran berada di Kecamatan Trowulan. Kolam yang satu ini merupakan kolam peninggalan kerajaan Majapahit dan dianggap sebagai kolam tertua yang pernah ada di Indonesia.

Meskipun sekilas terlihat seperti kolam biasa, namun kolam Segaran memiliki luas dan lebar yang tentu akan membuat anda takjub. Kolam tersebut pun seolah menjadi saksi bahwa Majapahit adalah kerajaan yang sangat besar di zamannya. Hingga saat ini, kolam Segaran masih terawat dengan sangat baik sehingga layak menjadi salah satu destinasi wisata Mojokerto yang harus dikunjungi.

Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang-Wisata MojokertoCandi Wringin Lawang merupakan tempat wisata Mojokerto yang cukup menarik untuk didatangi. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Jati Pasar Kecamatan Trowulan. Candi yang satu ini dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu peninggalan Majapahit diantara sekian banyaknya candi di daerah Trowulan.

Hal menarik dari Candi Wringin Lawang adalah bahwa candi yang satu ini menurut para sejarawan adalah gapura atau pintu gerbang menuju kerajaan Majapahit. Hingga saat ini, wisata Mojokerto Candi Wringin Lawang masih terawat dengan sangat baik. Dinding candi yang terbuat dari batu bata berwarna orange dengan lingkungan sekitar yang dipenuhi tanaman hijau menjadikan tempat wisata ini sangat menarik.

Dlundung

Dlundung-Wisata MojokertoDlundung merupakan tempat wisata air terjun yang berada di wilayah Desa Kemloko Kecamatan Trawas. Air terjun Dlundung menjadi kawasan wisata Mojokerto yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan hingga saat ini.

Meskipun air terjun Dlundung tidak terlalu tinggi, namun suasana alam di sekitar air terjun yang sangat sejuk sangat cocok untuk anda yang ingin mencari udara segar dan menghilangkan penat dengan udara yang sudah sangat kotor di perkotaaan.

Pertirtaan Jolotundo

Pertirtaan Jolotundo-Wisata MojokertoSeperti yang kita tahu bahwa Mojokerto memiliki banyak tempat peninggalan sejarah dari kerajaan Majapahit. Salah satu tempat peninggalan Majapahit yang masih bisa dikunjungi hingga saat ini adalah Pertirtaan Jolotundo.

Tempat wisata Mojokerto yang satu ini berbentuk segitiga empat panjang dengan sebuah teras di tengahnya serta terdapat puncak pancuran di tengah Pertitaan Jolotundo tersebut. Puncak pancuran tersebut merupakan simbol dari Mahameru yang dianggap sebagai tempat suci di mana para dewa bersemayam.

Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu-Wisata MojokertoCandi Bajang Ratu atau juga dikenal dengan nama Gapura Bajang Ratu merupakan bangunan candi lain peninggalan kerajaan Majapahit. Lokasi wisata Mojokerto yang satu ini terletak di Desa Temon Kecamatan Trowulan Mojokerto.

Candi Bajang Ratu menjadi salah satu destinasi sejarah di Mojokerto yang hingga saat ini ramai dikunjungi. Menurut para sejarawan, candi Bajang Ratu dibangun sekitar abad ke-14 dan menjadi salah satu bangunan gapura besar yang masih tersisa pada zaman kejayaan Majapahit.

Hal unik yang bisa dinikmati pada candi Bajang Ratu sebagai tempat wisata Mojokerto adalah candi ini memiliki relief-relief dan arsitektur yang sangat menawan.

Candi Tikus

Candi Tikus-Wisata MojokertoDaftar wisata Mojokerto berupa bangunan candi lain yang juga harus anda kunjungi adalah Candi Tikus. Candi Tikus terletak tak jauh dari candi Bajang Ratu. Bentuk dari candi Tikus sendiri adalah berupa kolam besar yang ditengahnya terdapat bangunan candi lain.

Sejarah mengatakan bahwa dahulu candi Tikus menjadi tempat pemandian para tokoh besar Majapahit. Ada pula yang mengatakan bahwa candi ini menjadi sarana irigasi untuk persawahan sekitar warga pada masa itu.

Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu-Wisata MojokertoAir terjun Coban Canggu adalah tempat wisata Mojokerto yang bernuansa alam dan tentunya sangat menarik untuk dikunjungi. Air terjun tersebut masih sangat alami ditambah dengan nuansa pepohonan sekitar yang masih rindang menjadikan banyak wisatawan rela menghabiskan waktunya untuk berlama-lama di Coban Canggu.

Lokasi wisata Mojokerto ini terletak di Kecamatan Pacet. Untuk anda yang ingin menghilangkan penat dari aktivitas harian, mengunjungi air terjun Coban Canggu tentu menjadi alternatif wisata Mojokerto yang paling tepat. Selain itu, terdapat beberapa villa dan penjual makanan khas Mojokerto di sekitar air terjun tersebut.

Pemandian Ubalan

Pemandian Ubalan-Wisata MojokertoSetelah mengunjungi air terjun Coban Canggu, anda bisa pergi ke wisata Mojokerto yang lain, yakni pemandian Ubalan. Pemandian yang satu ini sudah sangat terkenal di dunia wisata Mojokerto.

Hal yang ditawarkan oleh Ubalan adalah kolam renang yang bersih dan luas. Selain itu, anda juga dapat mandi air panas di Ubalan. Air panas di kolam renang Ubalan berasal dari sumber air panas alami pegunungan.

Pacet Mini Park

Pacet Mini Park-Wisata MojokertoSetelah anda puas mengunjungi berbagai tempat wisata Mojokerto berupa candi dan wisata alam, Pacet Mini Park bisa menjadi destinasi wisata anda selanjutnya. Tempat yang satu ini berlokasi di jalan Warugunung Pacet Mojokerto.

Di dalamnya terdapat banyak sekali jenis wahana air serta taman bermain baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Jika anda pergi bersama keluarga, tentu saja mengunjungi wisata Mojokerto, Pacet Mini Park, bisa menjadi pilihan terbaik destinasi wisata anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *