11 Tempat Wisata Paling Populer Di Magelang

Saat anda sedang dalam perjalanan dari Jogja menuju Semarang, pasti anda akan melewati daerah Magelang. Sebuah wilayah yang dikelilingi oleh rangkaian pegunungan seperti Gunung Merapi, Menoreh, Sumbing dan Merbabu. Magelang ternyata memiliki sejumlah tempat wisata yang tak bisa dianggap remeh. Hal ini karena wisata Magelang memiliki pesona yang tak kalah menarik dengan wisata di daerah lain.

Bila anda sedang mencari-cari mana sajakah wisata Magelang yang menarik untuk dikunjungi maka berikut 11 wisata Magelang yang paling populer yang perlu anda ketahui:

1. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu-Wisata MagelangMulailah perjalanan wisata Magelang anda dengan berburu nuansa sunrise yang ada di Punthuk Setumbu. Punthuk Setumbu merupakan bukit dengan ketinggian 400 m mdpl yang berlokasi di barat daya Candi Borobudur. Jangan sampai anda melewatkan moment matahari yang terbit dari atas bukit ini karena nuansa menyambut matahari terbit disana sangatlah menyejukkan pandangan alam semesta yang begitu menakjubkan.

2. Grojogan Kedung Kanyang

Grojogan Kedung Kanyang-Wisata MagelangPada sensasi wisata Magelang yang satu ini, anda dapat merasakan segarnya percikan air dilengkapi dengan suara gemuruh atas jatuhnya air dari tingkat ketinggian 40 m yang menyambut. Grojogan Kedung Kanyang terletak di lereng Merapi yakni diperbatasan dua kabupaten yang tak lain desa Wonolelo, kabupaten Magelang dan desa Klakah kabupaten Boyolali.

3. Ketep Pass

Ketep Pass-Wisata MagelangAnda juga dapat menyaksikan gagahnya Gunung Merapi dengan balutan langit biru pada pagi hari dari gardu pandang Ketep Pass. Wisata Magelang yang satu ini berada sekitar 21 km dari Mungkid, Kecamatan Sawangan. Disana anda akan disambut oleh panorama Gunung Merbabu dan Merapi yang dilengkapi dengan hamparan lerengnya yang hijau.

Disamping menikmati indahnya panorama yang mengagumkan, anda juga dapat menyaksikan 5 gunung sekaligus yakni Gunung Slamet, Sumbing, Sindoro, Merbabu, dan Merapi.

4. Curug Silawe

Curug Silawe-Wisata MagelangBerpindah ke wisata Magelang disebelah selatan kaki Gunung Sumbing, anda akan mendapati Curug Silawe yang sudah menanti kedatangan para wisatawan. Sepanjang jalan, anda akan disuguhi pemandangan yang begitu menghibur. Pesona curug setinggi kisaran 50 m akan membuat anda lupa dengan kesulitan yang mewarnai perjalanan anda.

5. Gunung Andong

Gunung Andong-Wisata MagelangKhusus anda yang gemar menaklukkan gunung dengan pendakian, Gunung Andong yang begitu ramah wajib anda taklukkan. Gunung Andong memiliki tinggi 1.726 mdpl yang menawarkan pemandangan menawan bila dibandingkan dengan gunung-gunung disekitarnya. Andapun tak perlu takut akan tersesat karena gunung ini memiliki rute dan jalur yang jelas dan mudah. Untuk sampai dipuncaknya, anda hanya memerlukan waktu sekitar 1.5 jam saja.

6. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit-Wisata MagelangSelepas mendaki Gunung Andong, singgahlah di wisata Magelang Air Terjun Sekar Langit yang berada tepat di kaki Gunung Andong. Saat memasuki kawasan Air Terjun Sekar Langit, anda akan disambut dengan gemerisik dedaunan dan burung yang bercicit. Untuk menjangkau air terjun, anda harus menyusuri perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 400 m. Air terjung dengan ketinggian sekitar 25 meter itu akan menenangkan dan menyejukkan batin anda.

7. Pemandian Candi Umbul

Pemandian Candi Umbul-Wisata MagelangTak begitu jauh dari kawasan Air Terjun Sekar Langit, masih ada wisata Magelang yang patut anda kunjungi yakni Pemandian Candi Umbul. Anda dapat menikmati suasana berendam di pemandian ini dengan menggunakan air panas. Pemandian ini ternyata termasuk dalam situs purbakala yang konon telah dibangun sejak Wangsa Syailendra. Untuk masuk kesana, anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya karena tarifnya cukup ramah di kantong.

8. Kali Progo Atas

Kali Progo Atas-Wisata MagelangUntuk anda yang hobi memacu hormon adrenalin, cobalah arung jeram di Kali Progo Atas. Kali Progo memiliki jeram bertingkat yakni grade II dan grade III. Dengan menyusuri rute sepanjang 9 km dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan, anda akan disuguhi pemandangan yang begitu hijau disebelah kiri dan kanan sungai.

9. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo-Wisata MagelangCandi Selogriyo adalah candi yang mungil namun begitu eksotik. Memang jalan menuju lokasi ini bisa dibilang cukup menantang. Namun, perjalanan itu akan terbayar lunas dengan panorama mempesona yang dimilikinya. Nah, bila anda hendak berkunjung ke Magelang maka jangan lupa mengunjungi wisata Magelang Candi Selogriyo.

10. Rumah Kamera

Rumah Kamera-Wisata MagelangInilah wisata Magelang yang unik dan menarik. Rumah Kamera merupakan bangunan dengan bentuk kamera DSLR. Letaknya adalah sekitar 1 km dari kawasan Candi Borobudur. Walau memiliki nama Rumah Kamera, namun sejatinya bangunan ini merupakan galeri lukisan milik salah seorang seniman ternama bernama Tanggol Angien Jatikusumo. Bangunan ini begitu unik karena memiliki jendela berupa “mode” dan layar “LCD” serta pintu dengan bentuk lampu flash. Untuk bagian lensa adalah kamera yang menjulang tinggi dengan ketinggian 4 lantai. Tepat dibagian paling atas, anda dapat menikmati panorama desa sekitar yang tak kalah mempesona.

11. Desa Wisata Candirejo

Desa Wisata Candirejo-Wisata MagelangBerkunjunglah ke Desa Wisata Candirejo sebagai wisata Magelang bernuansa kehidupan sosial khas Jawa. Andapun akan disapa dengan keramahan dan senyuman penduduk sekitar. Disamping menikmati tenteramnya nuansa pedesaan, anda juga dapat menjumpai beragam tradisi lokasi seperti kubrosiswo, Sedekah Bumi, Nyadran, kesenian lokal yakni jathilan serta industri rumah tangga yang berupa kerajinan dari pandan dan bambu.

11 deretan wisata Magelang yang layak untuk anda kunjungi telah terpaparkan. Untuk menutup moment wisata anda, cobalah berbaur dengan masyarakat Magelang sekaligus menghabiskan suasana malam di pusat kota sambil bersantai. Selain wisata-wisata yang telah disebutkan tadi, jika anda ingin mengamati bangunan tua sekaligus berbelanja maka anda dapat mendatangi kawasan Pecinaan yang terletak tepat di Jalan pemuda. Andapun dapat berbelanja aksesoris dan barang unik lainnya disana.

Jangan lupa pula untuk mencicipi beragam makanan khas yang ada di Magelang karena wisata anda tak akan lengkap bila anda tak mencicipi makanan khas dari daerah yang satu ini seperti sop serenek dan kupat tahunya. Pada malam hari, akhiri perjalanan wisata anda dengan mengunjungi alun-alun Magelang yang menjadi kebanggaan Magelang ini. Persiapan perjalanan dan perencanaan yang lancar harus anda lakukan supaya perjalanan anda dengan orang-orang terdekat anda lancar dan menjadi wisata yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *