Sensasi Liburan Ke 10 Destinasi Wisata di Madiun

Madiun merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Timur dengan menu kuliner andalan berupa pecel. Rasanya akan sangat kurang lengkap jika berkunjung ke Madiun tanpa menikmati sajian pecelnya yang khas. Terdapat sajian pecel yang dikelilingi oleh rebusan sayur hangat dilengkapi oleh aneka pilihan lauk seperti: peyek, tempe goreng, ayam goreng dan beberapa lauk lainnya. Namun tak hanya itu saja yang menjadi kekayaan Madiun, karena disana juga terdapat wisata Madiun yang terdiri dari beberapa wisata alam dan modern.

Di kota pecel tersebut anda dapat menikmati nuansa liburan santai, dengan beberapa kegiatan seru sewaktu berkunjung ke obyek wisata Madiun. Pilihannya beragam, dan setidaknya terdapat 10 tempat wisata Madiun yang dapat anda jadikan referensi wisata anda. Anda dapat berlabuh ke Madiun ini bersama orang-orang terdekat anda.

Obyek Wisata Madiun Bertemakan Alam

Selain mempesona dengan sajian menu pecel, ternyata kota Madiun memiliki obyek wisata yang cukup menarik. Wisata Madiun tersebut merupakan lokasi yang wajib anda kunjungi ketika berada di Madiun. Beberapa tempat tersebut di antaranya:

1. Waduk Bening Widas

Waduk Bening Widas-Wisata MadiunIni merupakan kawasan wisata Madiun yang juga difungsikan sebagai pembangkit listrik yang berasal dari aliran sungai Brantas. Disini anda bisa melakukan beragam kegiatan, mulai dari berfoto ria, menikmati suasana waduk, memancing, bermain banana boat hingga berkeliling waduk menggunakan perahu.

2. Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru-Wisata MadiunUntuk wisata Madiun yang satu ini berlokasi di Dusun Seweru, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Destinasi wisata yang satu ini harus anda kunjungi. Meskipun untuk sampai ke tempat wisata Madiun berikut ini tak mudah, namun usaha anda nantinya akan terbayar oleh keindahan alam yang disajikan oleh Air terjun berikut. Bagi anda yang gemar menjelajah alam, maka harus datang kesini.

3. Air Terjun Krecekan

Air Terjun Krecekan-Wisata MadiunLokasi dari air terjun ini ialah Dusun Gilingan, desa kepel, Kare, Madiun. Untuk dapat ke tempat wisata Madiun berikut jalur aksesnya cukup mudah, karena sudah beraspal. Memang debit air terjunnya tak begitu deras, tetapi air terjun ini cukup tinggi dengan kurang lebih 20 meter. Kesegaran airnya wajib anda nikmati selagi disana.

4. Air Terjun Banyulawe

Air Terjun Banyulawe-Wisata MadiunIni juga merupakan kawasan wisata Madiun yang tidak boleh anda lewatkan ketika berada di Madiun. Jika biasanya di kota-kota besar anda takkan mendapatkan suasana segar yang menenangkan, maka disini anda akan mendapatkannya. Sehingga jika anda penat dengan nuansa ibukota, maka wajib menjejakkan kaki di kawasan berikut. Air terjun ini terletak tepat di balik lereng Pegunungan Wilis. Tentunya karena letaknya inilah hawa sejuknya dapat anda nikmati.
Jika anda berminat untuk datang berkunjung dan menikmati nuansa beserta panorama indahnya, anda tak perlu repot membawa perbekalan, karena di sekitar pintu masuk wisata Madiun ini sudah terdapat banyak warung  yang menjual makan dan minum. Cobalah rileks di tempat berikut ini

5. Wana Wisata Grape

Wana Wisata Grape-Wisata MdiunBerikut merupakan wisata Madiun yang tak kalah apik jika dibandingkan dengan tempat wisata sebelumnya. Anda akan dapat menikmati suasana khas desa disini. Bagi anda yang ingin melakukan piknik atau berkemah, dapat menggunakan tempat yang satu ini.
Lokasinya berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Madiun. Disana terdapat tempat yang akan menghantarkan anda pada suasana hutan asri yang berkolaborasi dengan pemandangan khas desa, yakni berupa sawah dan bukit. Selain piknik dan berkemah, anda juga dapat bersepeda ria dan bermain air di sungai. Jaraknya cukup dekat dari kota Madiun, yakni 15 km saja.

Wisata Madiun Yang Memiliki Nilai Historis

Masing-masing kota memiliki budaya dan sejarahnya masing-masing, tidak sama dan tentu saja berbeda. Begitu pula dengan Madiun, di kota ini terdapat cerita-cerita sejarah yang sangat seru untuk disimak. Cerita sejarah itu dapat dituangkan dan anda saksikan sendiri pada sebuah bangunan yang kaya akan nuansa sejarah. Bagi anda yang menyukai lokasi wisata yang bersejarah, maka wajib mengunjungi sekaligus berkelana ke wisata Madiun berikut ini:

6. Monumen Kresek

Monumen Kresek-Wisata MadiunMonumen berikut merupakan sebuah saksi bisu akan adanya tragedi darah berbalut politik yang terjadi pada tahun 1948. Biasanya masyarakat sekitar menyebutnya dengan Peristiwa Madiun. Untuk mengenang kejadian tersebut, dibuat dalam bentuk relief. Lokasi obyek wisata Madiun berikut ini hanya berjarak 8 km ke kawasan timur Madiun. Peristiwa yang terjadi di kawasan ini memakan banyak korban di Desa Kresek, mulai dari pamong desa, TNI hingga masyarakat biasa. Anda dapat mengunjungi lokasi bersejarah ini.

7. Makam Serta Masjid Kuno

Masjid Donopuro-Wisata MadiunWisata Madiun yang bersejarah lainnya ialah Taman Makam dan Masjid Kuno yang merupakan peninggalan sejarah yang terdapat di Kelurahan Taman, Madiun. Biasanya masjid tersebut dikenal dengan nama Masjid Donopuro yang termasuk Masjid Besar Kuno yang ada di wilayah Madiun. Masjid ini didirikan oleh Kiai Ageng Misbach atau Kiai Donopuro pada tahun 1754.

Tempat berdiri masjid ini ialah di tanam perdikan atau merdeka yang merupakan kawasan bebas pajak Kerajaan Mataram. Setelah Masjid yang dikelilingi oleh makam para mantan Bupati Madiun ini dimasukkan ke dalam daftar peninggalan cagar budaya di tahuh 1981, namanya yang semula Masjid Donopuro diganti menjadi Masjid besar Kuno Madiun.

8. Situs Sejarah Nglambangan

Situs Sejarah Nglambangan-Wisata Madiununtuk tempat wisata Madiun yang berikut ini terdapat beberapa peninggalan yang dipercayai telah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Terdapat beberapa bangunan dan artefak yang sampai kini masih terjaga, seperti Pura Lambangsari, Watu Dakon yang biasanya dipergunakan untuk menyimpan pusaka, punden, lumbung, sumur kuno dan Sendang Jambangan.

Obyek Wisata Modern

Selain tempat wisata bertemakan alam dan sejarah, Madiun juga memiliki tempat wisata modern yang terdiri dari:

09. Sun City Water And Theme Park

Sun City Water And Theme Park-Wisata MadiunTerdapat wahana permainan air dan kolam renang untuk buah hati anda. Adapun Lokasinya di kawasan Mall Sun City Madiun Kota. Di tempat ini disediakan luncuran dan kolam renang khusus untuk balita.

 

10. Dumilah Water Park

Dumilah Water Park-Wisata MadiunDisini tersedia kolam renang dan kolam pancing bagi anda yang memiliki hoby memancing.

Kedua tempat wisata  Madiun tersebut merupakan tempat wisata modern yang cocok untuk digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga. Aneka tempat wisata di atas dapat anda kunjungi selagi liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *