10 Ragam Wisata Lampung Yang Paling Populer Di Mata Wisatawan

Terletak di wilayah paling selatan pulau Sumatra, Lampung merupakan sebuah provinsi yang telah resmi menjadi bagian dari NKRI pada tahun 1964 yang kemudian ditetapkan dalam Undang-Undang no 14 tahun 1964.

Keberagaman budaya yang dimiliki oleh masyarakat Lampung, ternyata membuat wilayah yang beribu kota di Bandar Lampung itu sering kali mendapatkan perhatian dari dunia luar. Tidak hanya itu saja, di wilayah ini juga terdapat berbagai tempat wisata yang sangat menarik dan patut untuk dieskplorasi. Berikut tempat wisata Lampung yang wajib anda kunjungi saat musim libur telah tiba.

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih-Wisata LampungSalah satu tempat wisata Lampung yang cukup banyak diminati oleh para wisatawan adalah pantai Pasir Putih yang terletak di 20 km dari ibu kota Lampung, Bandar Lampung. Untuk mencapai tempat wisata ini, anda hanya memerlukan waktu 20 menit dengan mengendarai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Pantai dengan warna pasir putih serta pemandangan yang sangat menakjubkan ini sering kali dijadikan sebagai destinasi wisata para wisatawan di akhir pekan.

Teluk Kiluan

Teluk Kiluan LampungJika merujuk namanya, tempat wisata Lampung yang satu ini merupakan suatu destinasi wisata yang pastinya akan menawarkan suatu pengalaman yang tidak akan terlupakan selama berwisata di teluk kiluan. Pasalnya, anda akan diajak untuk menyaksikan lincahnya lumba-lumba yang berenang ke sana ke mari. Berlokasi di wilayah Lampung Selatan tepatnya di desa Kiluan Negeri, tempat wisata ini akan menyajikan pemandangan yang paling indah saat anda berkunjung pada bulan April hingga Sepetember.

Baca Juga : Senangnya Berlibur Dengan Koloni Lumba-Lumba Di Teluk Kiluan

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas-Wisata LampungTempat wisata Lampung yang satu ini merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia yang bisa anda tempuh dengan 2 jam perjalanan dari Bandar Lampung. Taman wisata yang menyuguhkan berbagai jenis hewan seperti gajah, harimau Sumatra serta badak Sumatra ini akan mengharuskan setiap pengunjung untuk mendapatkan izin masuk terlebih dahulu sebelum bisa menikmati berbagai atraksi yang memukau yang melibatkan hewan tersebut seperti sepak bola gajah dan lain sebagianya.

Pulau Kubur

Pulau Kubur-Wisata LampungJika mendengar namanya saja, mungkin anda tidak akan mengira jika pulau ini juga termasuk destinasi wisata Lampung yang juga patut untuk dikunjungi, terutama mereka yang gila akan kegiatan memancing. Ditempuh dengan perjalanan yang memakan waktu selama 20 menit, pulau Kubur dahulunya merupakan sebuah tempat yang dijadikan sebagai lokasi penaburan abu jenazah. Namun, keseraman dari pulau tersebut kini telah berubah menjadi destinasi wisata para pemancing, sebab banyak sekali jenis ikan yang ditemukan di tempat ini.

Menara Siregar

Menara Siregar-Wisata LampungDinobatkan sebagai ikon provinsi Lampung, Menara Siregar merupakan salah satu tujuan wisata Lampung yang juga banyak menarik minat wisatawan yang bertandang ke kota ini. Bangunan yang berwarna kuning ini merupakan titik nol dari lintas Sumatra Selatan. Diresmikan oleh gubernur Lampung, Sjachroedin Z.P pada tanggal 30 April 2008, menara ini dipastikan mampu meningkatkan pendapatan daerah sebesar 15%, karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu-Wisata LampungMungkin saja sebagian dari anda tidak mengenali tempat wisata Lampung yang satu ini. Sebuah air terjun yang berlokasi di wilayah Way Kanan ini memiliki guyuran air yang berkelok dengan ketinggian yang mencapai 80 meter, sehingga air terjun ini dinamakan air terjun Putri Malu.

Beberapa wisatawan yang berkunjung ke tempat ini sering kali menghabiskan waktunya dengan berenang, panjat tebing, trecking, bekemah serta berfoto di sekitar lokasi wisata tersebut, sebab pemandangannya yang sangat indah dan mempesona.

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau-Wisata LampungDestinasi wisata yang satu ini sudah tidak perlu lagi untuk ditanyakan akan nilai keindahannya. Terletak di selat Sunda, tempat wisata Lampung ini tidak hanya memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut dengan pemandangan pegunungan saja, melainkan juga keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

Untuk menikmati indahnya pemandangan alam gunung Krakatau yang juga pernah meletus pada tahun 1883 ini, maka anda akan diminta untuk mendapatkan izin terlebih dahulu, sebab kawasan ini telah dijadikan sebagai konservasi alam.

Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau-Wisata LampungResmi dibuka pada tahun 2006, tempat wisata Lampung yang satu ini dibuat dengan konsep cagar alam, adat serta budaya. Dengan luas yang mencapai 30 hektar, tempat wisata taman wisata lembah hijau ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana yang cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga seperti water boom, kebun binatang mini serta taman yang indah. Dengan harga tiket masuk sebesar 10.000, maka anda bisa menikmati berbagai wahana yang terdapat di sana. Namun, jika anda ingin menjajaki waterboom, maka anda akan diminta untuk membayar 35.000 per orang.

Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia-Wisata LampungBagi anda yang gemar olah raga berselancar, maka anda tidak boleh meninggalkan tempat wisata Lampung yang terletak di 270 km dari bandar lampung. Dengan perjalanan yang memakan waktu selama 6 jam ini, maka anda akan dimanjakan dengan keindahan alam yang masih perawan dengan deburan ombak yang pastinya akan membangkitkan adrenalin para peselancar.

Bahkan, tempat wisata ini juga telah mendapatkan pengakuan dari dunia sebagai tempat wisata yang memiliki deburan ombak terbaik di dunia. Oleh sebab itu, jika anda telah jenuh dengan suasana pantai Bali ataupun Pelabuhan Ratu, maka anda wajib mencoba suasana baru di pantai yang satu ini.

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo-Wisata LampungBagi anda yang menyukai wisata sejarah, maka anda bisa mengunjungi tempat wisata Lampung yang berlokasi di wilayah Desa Pugung Raharjo di mana anda bisa mempelajari berbagai peninggalan sejarah serta kebudayaannya di masa lampau. Untuk mencapai lokasi ini maka bisa anda tempuh dengan melakukan perjalanan sepanjang 52 km dari pusat kota. Saat berkunjung di tempat ini, maka anda akan mendapati berbagai peninggalan masa purba yang meliputi meja batu, batu mayat, altar batu serta kuburan batu.

Sumatra Barat, khususnya Lampung merupakan sebuah wilayah yang menyimpan berbagai keindahan alam yang patut untuk dijelajahi. Berbagai tempat wisata Lampung seperti yang dijelaskan di atas bisa anda jadikan alternatif tujuan wisata saat musim libur. Dengan mengunjungi berbagai tempat wisata Lampung, maka anda akan mengenal sebagian dari seluk beluk keindahan wisata Lampung yang juga telah dikenal oleh masyarakat dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *