Menengok Wisata Kuliner Bogor Yang Nikmat

wisata kuliner bogor

Menjadi salah satu Kota tujuan wisatawan, Bogor memberi banyak ruang bagi pengunjung menikmati setiap objek menarik. Bersinggah ke Bogor, anda akan disajikan pengalaman wisata yang memikat dan beraneka ragam. Selain menawarkan pesona alam, Bogor memiliki daya tarik di sektor hiburan, permainan hingga kulinernya. Sayang rasanya saat berkunjung tidak merasakan wisata kuliner Bogor yang menjadi ciri khas kota hujan ini.

Wisata kuliner Bogor tidak hanya dikenal karena harganya yang murah namun hampir di berbagai daerah di kota ini dapat ditemukan beragam makanan khas Bogor. Mendengar nama wisata kuliner Bogor pasti tidak lepas dari sejarahnya.

Banyak kuliner yang berasal dari kota Bogor yang sangat fenomenal. Mungkin makanan yang bisa disantap di kota Bogor tidak ditemukan atau jarang ditemukan di kota-kota lain. Terlebih menyambut masa liburan, wisata kuliner Bogor menjadi tujuan selanjutnya untuk mengisi perut sekaligus merasakan lezatnya makanan-makanan dari kota ini.

Apa saja wisata kuliner Bogor tersebut? Berikut beberapa kuliner Bogor yang melegenda:

Mie Glosor 

Mie Glosor-wisata kuliner bogorWisata kuliner Bogor yang pertama adalah mie glosor . Namanya mungkin sedikit unik di telinga kita. Tapi jangan salah, mie glosor adalah makanan khas kota Bogor yang sangat lezat. Mie glosor dikenal dengan menu untuk berbuka puasa yang banyak dijumpai ketika bulan puasa sekaligus menu yang paling diburu oleh penikmat sajian ini.

Mie glosor sekilas terlihat mirip mie kuning namun yang membedakan yakni bahan olahan pada mie. Mie glosor   terbut dari campuran pewarna alami dari kunyit. Melihat bahan untuk membuat mie terbuat dari kunyit, sudah dipastikan bila mie ini sangat sehat dan alami. Untuk rasanya, juga berbeda dengan kebanyakan mie kuning yang menggunakan pewarna makanan buatan pada umumnya.

Hidangan populer warga Bogor ini  terbuat dari bahan dasar tepung singkong yang dicampur dengan kunyit. Bumbunya terdiri dari bahan-bahan dapur sederhana seperti bawang, merica, garam dan minyak. Nama Glosor dipakai untuk menggambarkan karakter mie yang mengalir lancar menuju kerongkongan ketika dimakan.

Untuk teksturnya, mie glosor sedikit licin dan mengkilap. Agar rasanya makin pas, mie glosor lebih nikmat disajikan dengan sambal kacang dengan sawi atau kol saja. Tekstur mie sangat lembut, diolah dengan bumbu dapur yang sederhana namun dapat menimbulkan rasa istimewa.

Gepuk Karuhun

Gepuk Karuhun-wisata kuliner bogorWisata kuliner Bogor yang tak kalah menariknya ada di menu gepuk karuhun. Gepuk karuhun atau empal terbuat dari potongan daging sapi yang diberi bumbu khas tanah Pasundan. Nama gepuk karuhun sendiri berawal dari cara mengolahnya yang digepuk (dipukul-pukul) hingga tekstur daging menjadi lebih empuk.

Kuliner gepuk karuhun tercipta sudah sejak lama dan bisa dibilang sebagai menu wajib bangsawan Sund. Awalnya, kuliner ini diolah oleh Nyonya Tarjono, pemilik sebuah catering. Karena masa itu menu gepuk karuhun sangat digemari dan dicari bayak orang. Akhirnya usaha gepuk karuhun semakin luas.

Resep gepuk karuhun Nyonya Tarjono sangat unik karena diracik dari resep asli turun temurun.

Laksa Bogor

Laksa Bogor-wisata kuliner bogorMenu unik selanjutnya dalam wisata kuliner Bogor adalah laksa Bogor. Pangan berkuah dan berbumbu yang sedap ini terasa lebih enak bila dihidangkan dalam keadaan masih hangat. Laksa Bogor memiliki dua varian yakni dengan kuah santan kental dengan oncom merah dan kuah santan dengan kembang oncom merah.

Laksa Bogor adalah menu yang melegenda. Resep Laksa Bogor sendiri sangat mudah dibuat. Nama laksa sebenarnya sudah tidak asing. Kata Laksa berasal dari sansekerta yang berarti banyak. Karena namanya itulah mengapa laksa diolah dengan racikan bumbu rempah-rempah yang banyak.

Racikan laksa Bogor terdiri dari campuran bihun, touge, telur, ayam suwir, kemangi yang diberi kuah berbumbu dan dicampur cuka. Untuk rasanya, pasti anda akan ketagihan mencobanya.

Toge Goreng

Toge Goreng-wisata kuliner bogorToge Goreng atau Geco adalah menu wisata kuliner Bogor yang berasal dari mie, tauco, tahu dan tauge. Rasa kuliner ini sangat lezan dan begitu menggoda lidah. Sangat sesuai disantap saat liburan ke Bogor dan ketika musim hujan. Di Bogor, tidak sulit menemukan makanan ini karena sudah terkenal dan melegenda.

Sajian touge goreng sebenarnya tidak digoreng seperti namanya namun direbus. Yang digoreng bukan touge melainkan bumbu sambalnya. Bahan dasar makan touge goreng terdiri dari mie dan touge yang direbus beberapa menit. Karena direbus sebentar, kontur tougenya masih terasa renyah. Pelengkap lainnya makanan ini adalah ketupat. Untuk kuah (goreng), bahan utamanya yaitu tauco.

Roti Unyil

roti unyil-wisata kuliner bogorWisata kuliner Bogor yang terakhir adalah lezatnya menu ringan yakni Roti Unyil. Roti unyil berbentuk sangat mungil. Karena bentuknya itu lahirlah nama Roti Unyil. Roti khas Bogor ini sudah banyak yang tahu dan roti paling terkenal yang digemari oleh masyarakat Bogor.

Awal roti unyil ini dibuat yaitu sejak tahun 1992 oleh dua saudara yaitu Ny. Giok dan Hendra sekaligus pemilik usaha kuliner roti unyil. Makanan yang menjadi incaran wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh khas kota hujan memiliki ukuran mini, tekstur roti sangat lembut, empuk dan memiliki citarasa yang bermacam-macam karena didalam roti dilapisi aneka isian.

Itulah lima wisata kuliner Bogor yang melegenda dan sangat unik. Selain lima kuliner Bogor diatas, masih banyak menu kuliner lainnya di kota Bogor yang siap menggoyang lidah anda bila ingin mencicipinya.

Bila anda ingin ke kota Bogor, tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke festival-festival wisata kuliner Bogor yang sering diadakan oleh pemerintah setempat sebagai bentuk kepedulian untuk promosi wisata kota Bogor terutama sektor kulinernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *