4 Macam Kuliner Bali Yang Wajib Kamu Cicipi

Wisata Kuliner Bali

Bali, siapa sih yang belum pernah dengar nama pulau yang satu ini, bahkan mayoritas orang sudah tak asing lagi dengan wisata yang ada disana. Bukan hanya wisatawan lokal saja, bahkan wisatawan asing sudah banyak sekali yang memilih pulau dewata ini sebagai tujuan liburan atau sekedar menyegarkan pikiran saja.

Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang luar biasa, ternyata banyak juga wisata kuliner Bali yang menggiurkan dan bisa memanjakan lidah anda. Anda bisa memilih menu favorit seperti menu-menu yang terkenal dibawah ini, menu makanan yang pastinya akan menambah nafsu makan anda.

Ayam Betutu

ayam betutu-wisata kuliner baliKurang pas rasanya kalau ke Bali tanpa mencicipi wisata kuliner Bali yang satu ini. Saat ini ayam betutu lebih dikenal berasal dari Bali dari pada daerah asalnya yaitu Gianyar. Ayam betutu pertama kali dibuat pada 1976 oleh Men Tempeh atau Niwayan Tempeh yang asalnya dari Gianyar. Niwayan Tempeh mulai berjualan dengan suaminya  yaitu I Nyoman Suratna dari Bangli.

Mereka memulai wisata kuliner Bali ini dengan berjualan di daerah terminal lama di daerah Gilimanuk. Bumbu yang digunakan untuk membuat ayam betutu menggunakan rempah yang khas seperti halnya bawang putih, bawang merah, jahe, lada hitam, cabai, kunyit dan minyak kelapa, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus dengan tungku tradisional untuk memperoleh rasa yang khas dalam waktu yang cukup lama sampai bumbu benar- benar meresap dan matang.

Selain dipotong menjadi beberapa bagian ternyata ayam betutu juga dapat dinikmati dengan utuh atau tanpa dipotong dan pastinya akan lebih nikmat. Ayam betutu ini bukan hanya disajikan di warung makan saja, melainkan di restaurant berkelaspun wisata kuliner Bali satu ini juga tidak pernah ketinggalan.

Biasanya orang memesan sehari sebelumnya untuk bisa menikmati ayam betutu ini tanpa menunggu proses memasaknya yang cukup lama. Walaupun menu asli ayam betutu ada di Gilimanuk, anda tidak perlu khawatir lagi untuk menikmati wisata kuliner Bali satu ini di daerah lain. Karena ayam betutu ala Men Tempeh juga sudah ada di daerah sekitar Kuta dan Denpasar.

Bebek Bengil

bebek bengil-wisata kuliner baliJangan mengaku suka kuliner Bali jika belum pernah mencoba wisata kuliner Bali yang satu ini, Bebek bengil. Bengil sendiri memiliki arti kotor. Tapi jangan negatif dulu ketika anda mengetahui artinya. Walaupun namanya bebek bengil tapi rasanya sudah pasti membuat lidah anda menikmati santapan yang satu ini.

Ada satu restoran di Bali yang bernama Restoran Bebek Bengil, wisata kuliner Bali ini berada di jalan hanoman di daerah Ubud. Restoran ini dibuka pada tahun 1990, dan hingga saat ini restoran ini masih menjadi restoran terkenal di Bali. Selain karena kelezatan masakannya, rasa yang khas membuat banyak wisatawan yang ingin menikmatinya ketika bertandang ke Bali.

Bebek bengil disini pastinya tidak bisa disamakan dengan bebek bengil yang ada di tempat lain karena bebek bengil disini memiliki rasa asli yang khas hingga penyajian yang tepat. Separuh bebek disajikan dengan nasi putih serta sambal mentah ditempat terpisah, bebek bengil ini sangat renyah hingga ke tulang kecilnya.

Sebelum digoreng, bebek ini direbus terlebih dahulu selama 3 sampai 4 jam lamanya dan sebelum proses perebusan, bebek ini direndam dalam bumbu-bumbu kurang lebih 12 jam lamanya.

Bebek yang digunakan sebagai bahan dasarnyapun diambil dari peternak lokal di daerah Ubud.

Asal mula wisata kuliner Bali ini dinamakan bebek bengil memiliki sebuah alasan. Alasannya adalah karena pada saat pembuatan restoran ini, para pekerja yang baru saja menyelesaikan penyemenan lantai tiba-tiba saja ada segerombolan bebek dengan kaki yang penuh dengan lumpur masuk dan membuat kotor dengan bentuk kaki bebek.

Dikarenakan pemilik restoran belum memiliki nama untuk restorannya, maka dari itu, pemilik memutuskan untuk memberi nama restoran itu dengan Bebek Bengil yang artinya bebek kotor. Jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi wisata kuliner Bali yang satu ini ya.

Lawar Kuwir

Lawar Kuwir-Wisata Kuliner BaliUntuk Anda yang berlibur ke Bali, cobalah kuline khas Bali yang bernama Lawar. Lawar merupakan kuliner unik yang dibuat dari campuran daging cincang dan juga sayur-sayuran. Kedua bahan utama ini diramu secara khusus menggunakan bumbu khas Bali.

Umumnya, lawar menggunakan campuran daging babi, namun bagi Anda yang kurang suka dengan daging babi bisa menggunakan bebek entog atau kuwir. Pilihan daging ini menjadi alternatif pilihan yang sangat difavortikan masyarakat Bali.

Pengolahannya cukup sederhana, biasanya daging entog yang telah dicincang ini dicampur dengan potongan sayuran panjang juga parutan kelapa. Setelah itu, baru dilumuri dengan bumbu khas Bali.

Lawar kuwir akan sangat nikmat ketika disantap dengan nasi putih hangat, suwiran ayam betutu, kacang tanah, sate lilit, serta tak lupa semangkok jukut ares atau lebih dikenal dengan sayur batang pisang.

Serombotan

Serombotan-Wisata Kuliner BaliJika di Jawa Anda mungkin mengenal sayur urap, dan di daerah Barat dikenal dengan salad, maka di Bali sayuran ini bernama Serombotan. Kuliner yang berasal dari kawasan Klungkung ini menyajikan beragam sayuran seperti kangkung, buncis, tauge, kacang panjang, terong bulat, pare dan taoge.

Serombotan dibuat dengan bumbu khas Bali bernama kalas yang terbuat dari kunyit tumbuk, bawang merah, bawang putih, kencur, ketumbar dan lengkuas. Kemudian bumbu ini dikombinasikan dengan bumbu pedas dan juga bumbu kacang.

Meski serombotan berasal dari daerah Klungkung, kuliner ini mudah dibuat ditemukan di penjuru Bali terutama di kawasan pasar tradisional.

Nah, bagi anda yang memilih Bali sebagai tempat liburan anda, jangan sampai ketinggalan untuk menikmati wisata kuliner Bali yang pastinya akan memanjakan lidah anda.

Nah, bagi anda yang memilih Bali sebagai tempat liburan anda, jangan sampai ketinggalan untuk menikmati wisata kuliner Bali yang pastinya akan memanjakan lidah anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *