11 Destinasi Wisata Kediri Untuk Referensi Liburan

Kediri merupakan suatu kota yang termasuk ke dalam bagian provinsi Jawa Timur. Terdapat aneka ragam tempat wisata Kediri yang mungkin dapat anda singgahi. Kediri tidak kalah dengan kota-kota besar seperti Jogja, Malang maupun Bandung. Karena disana juga terdapat beberapa alternatif destinasi wisata yang cocok untuk liburan anda, baik bersama pasangan, kerabat ataupun teman.

Ketika menginjakkan kaki di kota kecil tersebut, hari-hari anda akan disulap seakan menjadi penuh warna. Karena wisata Kediri terdiri dari wisata alam dan modern yang dikolaborasikan hingga menjadi sebuah tempat populer untuk dapat anda kunjungi.

Dari dulu kala, Kediri sudah dikenal dengan kota tahu, karena disana terdapat banyak produsen tahu, utamanya ialah tahu kuning. Di kota tahu tersebut juga ada beragam masakan kuliner yang pastinya siap menggempur lidah anda. Ini merupakan tempat pas untuk liburan anda.

Aneka Wisata Kediri Yang Berkesan Untuk Dikunjungi

Sewaktu menjelajah ke Kediri, anda akan sangat rugi jika tak mengitari beberapa tempat yang menjadi andalan wisata dari kota tahu tersebut. Berikut 11 wisata Kediri yang mungkin dapat menumbuhkan daya tarik anda untuk mengitari Kediri:

1. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul-Wisata KediriBerikut merupakan tempat wisata Kediri yang merupakan perwujudan dari simbol pembangunan kota Kediri. Letaknya di persimpangan 5 yang menghubungkan antara kabupaten Kediri menuju kota Kediri dan tentunya ke tempat wisata lainnya seperti Gunung Kelud. Anda dapat nongkrong disini sewaktu malam menjelang. Tentunya akan disuguhi oleh pemandangan malam yang indah ala kota Kediri.

 

2. Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island-Wisata KediriBerikut merupakan wisata Kediri yang bertajuk wisata keluarga. Letaknya masih berada satu komplek dengan bangunan simpang lima Gumul. Terdapat wisata air yang sangat menarik untuk anda dan keluarga. Anda dapat berkunjung dan bermain wahana air dengan sangat menyenangkan disini.

 

3. Wisata Pagora Kediri

Wisata Pagora Kediri-Wisata KediriSedangkan untuk obyek wisata Kediri ini merupakan tempat wisata yang cukup lama berdiri, namun tempat ini masih sangat digemari hingga saat ini. disini tersedia aneka wahana bermain yang meliputi kolam renang, kolam perahu serta taman yang memiliki suasana sejuk di dalamnya. Tak hanya itu, nantinya anda juga akan disuguhi pertunjukkan musik dangdut dan beberapa atraksi seni yang memikat.

 

4. Wisata Ubalan

Wisata Ubalan-Wisata KediriJika anda ingin menghabiskan waktu bersama keluarga anda di kota tahu, maka tempat paling nikmat untuk itu ialah wisata Ubalan, yang merupakan wisata Kediri yang murah dan pas untuk bersantai bersama keluarga anda. Obyek wisata ini terletak di Desa Jarak, kecamatan Plosoklaten, Kediri. Tersedia kolam renang yang dapat menyegarkan pikiran anda.

5. Gunung Kelud

Gunung Kelud-Wisata KediriBagi anda yang ingin mencari hawa sejuk dan rindang di kota Kediri, maka tempat yang cocok untuk anda jadikan tujuan ialah Gunung Kelud. Gunung yang termasuk dalam kategori gunung berapi aktif ini terletak di 3 kabupaten, yakni Kediri, Blitar serta Malang. Meskipun ia meletus terakhir kali pada tahun 2014, namun keindahan yang ditawarkan disini cukup menggoda. Jadi anda akan rugi apabila tidak mendatangi wisata Kediri berikut ini.

6. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo-Wisata KediriBerikut merupakan obyek wisata Kediri yang berwujud air terjun, terletak di dusun besuki, Desa Jugo, Kabupaten Kediri. Air terjunnya cukup meneduhkan mata, yang mana berada di kawasan hutan yang ada di atas Gunung Besuki. Untuk dapat menjangkau tempat tersebut anda harus melakukan perjalanan kurang lebih 1,2 jam mulai dari kota ke arah barat Kediri. Wisata Kediri ini menawarkan pada anda keindahan alam yang masih sangat asri.

7. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng-Wisata KediriLokasi wisata Kediri ini di barat kota Kediri. Hanya memerlukan 15 menit untuk sampai kesana. Disana terdapat sebuah goa kecil yang tepat berada di lereng gunung. Memang wisata ini kurang begitu diminati oleh para wisatawan, namun jika anda penasaran dengan tempat ini, masih bisa mengunjunginya.

 

8. Petilasan Sri Aji Jayabaya

Petilasan Sri Aji Jayabaya-Wisata KediriBerikut merupakan wisata Kediri yang berbau sejarah dan merupakan peninggalan dari kerajaan Kediri. Disini anda akan menemui beberapa tempat yang diyakini sakral oleh warga sekitar.

 

9. Candi Tegowangi

Candi Tegowangi-Wisata KediriCandi ini merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit dan terletak di desa tegowangi kecamatan Plemahan.

 

 

10. Masjid Setono Gedong

Masjid Setono Gedong-Wisata KediriIni merupakan wisata Kediri yang bernuansa religi. Tepatnya berada di pertengahan kota yakni di jalan doho Kediri. Terdapat sebuah kompleks pemakaman di dalamnya, dan diyakini sebagai makam guru dari prabu Sri Aji Jayabaya.

 

11. Gereja Puhsarang

Gereja Puhsarang-Wisata KediriIalah wisata Kediri religi yang berbasis gereja katholik Roma yang letaknya ada di desa puhsarang, Kediri. Gereja berikut didirikan oleh romo jan Waolter dan oleh seorang arsitek bernama Mclaine pont pada tahun 1936. Kedua orang tersebut merupakan tokoh yang terbilang hebat pada masanya. Bangunan berikut merupakan kolaborasi antara budaya jawa dan eropa.

Wisata Kediri Berbasis Kuliner

Tentunya akan sangat kurang jika telah singgah di suatu tempat tertentu tetapi tidak mencicipi sajian kulinernya. Maka dari itu, jika anda sudah sampai di Kediri, hendaknya mencoba beberapa masakan khas ala kota Kediri sebagai berikut:

1. Sambal Tumpang Khas Kediri

Wisata kuliner Kediri berikut ini terbuat dari bahan dasar tempe yang kemudian diolah dengan bumbu rempah yang membuatnya sangat luar biasa ketika singgah di lidah anda. Anda dapat menikmati sajian mantap ala Kediri ini di jalan Doho. Perihal harga tak perlu khawatir, karena sudah pasti terjangkau.

2. Sate Bekicot

Bekicot merupakan salah satu hewan yang di desa jarak, kecamatan plosokaten dijadikan sebagai sate. Ia diolah dengan sedemikian rupa hingga akhirnya pas di lidah pecinta kuliner. Selain sate, tersedia olahan lain seperti: oseng bekicot, keripik bekicot serta beberapa makanan lain.

3. Tahu Kuning

Dan inilah makanan paling khas yang ada di Kediri. Akan sangat disayangkan jika anda mampir ke Kediri namun tak memborong tahu kuningnya.

Beberapa lokasi wisata Kediri tersebut mulai dari wisata bangunan hingga kuliner telah sangat menanti untuk anda kunjungi. Jadi, segerakan waktu untuk berkunjung ke wisata Kediri yang bernuansa menyenangkan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *