Surga Wisata Pulau Karimun Jawa

Karimun Jawa01-Wisata Karimun Jawa

Karimun Jawa dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan alam Karimun Jawa membuat anda terhipnotis dan tidak ingin meninggalkan tempat ini. Wisata Karimun Jawa sangat terkenal dengan keindahalan alam bawah laut serta aneka macam wisata bahari lainnya.

Jika anda ingin melakukan wisata Karimun Jawa, maka anda bisa datang ke Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Jepara. Wisata Karimun Jawa terletak dipesisir pantai utara Pulau Jawa. Pulau Karimun Jawa termasuk salah satu taman nasional yang ditetapkan oleh pemerintah pada tahun 2001.

Karimun Jawa02

Wisata Karimun Jawa sangat memukau bagi para wisatwan karena pemandangan alam yang begitu indah, hamparan pasir putih dan air laut yang jernih membuat mata anda serasa dimanjakan. Selain itu, Karimun Jawa juga terkenal akan hasil rumput lautnya. Pulau Karimun Jawa selalu dijaga agar tetap alami dan bersih sehingga sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata alam dan sekedar melepas penat.

Pesona Keindahan Bawah Laut Karimun Jawa

Wisata Karimun Jawa tidak bisa lepas dari wisata bawah laut yang akan membuat anda takjub. Terumbu karang dibawah laut yang sangat indah dengan hiasan ikan kecil berwarna-warni. Ombak yang tidak terlalu besar dan arus air yang tenang membuat anda nyaman untuk melakukan kegiatan menyelam menelusuri sepanjang bawah laut Karimun Jawa.

Air laut yang bening membuat anda bisa melihat dengan jelas keindahan alam ciptaan Tuhan yang merupakan surga wisata yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Sebagai salah satu taman nasional, maka wisata Karimun Jawa ini selalu dijaga agar tidak tercemar oleh sampah dan terumbu karangnya bisa lestari.

Sebagai taman nasional yang luas dan indah, Karimun Jawa terdiri dari 27 pulau kecil, dimana 5 diantaranya adalah pulau yang memiliki penduduk. Pulau berpenghuni ini memiliki keindahan laut yang cantik, 5 Pulau tersebut adalah Pulau Karimun Jawa, Pulau Genting, Pulau Kemujan, Pulau Nyamuk dan Pulau Parang. Sedangkan 22 pulau lainnya tidak terdapat penghuni namun tetap memiliki keindahan alam yang tak kalah memukau.

Karimun Jawa memiliki kekayaan biota laut dan terumbu karang yang sangat banyak, selain itu juga memiliki hutan bakau, hutan pantai. Kekayaan biota laut karimunjawa mencapai 51 jenis, terdapat pula aneka terumbu karang dengan 90 jenis, dan 242 jenis ikan hias. Sebagai taman nasional, maka banyak sekali biota laut yang dilindungi dan dilestarikan pada wisata Karimun Jawa ini.

Anda akan menjumpai hutan pantai dan hutan mangrove yang terdapat di beberapa Pulau Karimun Jawa. Sebagai hutan pantai dan hutan mangrove tentunya memiliki tanaman khusus yang menjadi ciri khas dari hutan tersebut antara lain tanaman dewadaru atau nagasari, ketapang, jati pasir, waru laut, setigi, dan pohon bakau hitam. Namun terdapat satu  tanaman yang dianggap keramat oleh warga sekitar yaitu Dewadaru atau Nagasari dan tidak boleh dibawa keluar dari pulau tersebut.

Selain memiliki aneka biota laut, wisata Karimun Jawa juga memiliki satwa darat yang bisa anda temukan antara lain rusa, kera ekor panjang, 40 jenis burung, penyu sisik dan penyu hijau. Beberapa dari jenis satwa darat yang terdapat di Karimun Jawa merupakan satwa yang hampir punah sehingga harus tetap dijaga kelestariannya.

Snorkeling Dan Diving

Tidak lengkap rasanya jika anda melakukan wisata Karimun Jawa tanpa melakukan snorkeling dan diving. Karena surga utama keindahan wisata Karimun Jawa adalah taman bawah lautnya. Bagi anda penyuka olahraga diving dan snorkeling, maka Karimun Jawa sangatlah cocok bagi anda untuk memuaskan hobi tesebut.

Para pengelola wisata Karimun Jawa sudah menyediakan aneka peralatan yang dibutuhkan untuk snorkeling dan diving sehingga anda tidak perlu khawatir. Disana juga terdapat pemandu yang akan membantu anda menemukan titik tempat  yang indah dibawah laut Karimun Jawa. Namun, anda juga harus tetap ikut serta menjaga kebersihan dan kelestarian bawah laut Karimun Jawa agar tidak rusak dan terus bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti.

Tujuan Wisata Favorit Wisatawan

Selain taman bawah laut yang menakjubkan, pulau ini juga memiliki tempat wisata lain yang tak kalah menarik dan menjadi favorit bagi para wisawatan. Terdapat beberapa tempat favorit yang menjadi tujuan wisata para wisatawan antara lain Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Cemara Kecil, Tanjung Gelam, Pantai Cup Cup, bukit love, dan tempat wisata menarik lainnya.

Karimun Jawa03

Ketika berada disana, anda juga bisa berinteraksi langsung dengan para nelayan yang mencari ikan dilaut serta pasar tradisional Karimun Jawa yang menjual berbagai hasil kekayaan Pulau Karimun Jawa. Tentu saja hal tersebut bisa menambah wawasan anda tentang kehidupan warga sekitar Pulau Karimun Jawa dan mampu menjalin komunikasi dengan penduduk sekitar.

Penginapan Karimun Jawa

Wisata Karimun Jawa tidak puas apabila hanya dilakukan sehari saja Karena banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa anda kunjungi selama berada disana. Oleh karena itu, kini banyak berdiri penginapan yang berada di Pulau Karimun Jawa dan diperuntukkan bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu menikmati keindahan Karimun Jawa.

Terdapat berbagai pilihan penginapan di Pulau Karimun Jawa seperti homestay fan/AC, hotel, cottage, dan resort. Wisata Karimun Jawa biasanya sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan pada bulan Maret hingga Oktober.  Apabila anda berencana ingin berlibur pada bulan tersebut, sangat disarankan untuk segera memesan penginapan jauh-jauh hari sebelum anda datang ke Pulau Karimun Jawa.

Pemesanan penginapan kini bisa anda lakukan melalui pemesanan online atau bisa melalui telfon. Sehingga dapat memudahkan anda dan mengurangi rasa kekhawatiran anda apabila tidak mendapat penginapan karena sudah terisi penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *