Wisata Edukasi Teropong Bintang Bosscha

Teropong bintang Bosscha – Memantau benda-benda yang berada di luar angkasa tentunya menjadi hal yang menarik, karena semua yang di luar angkasa tidak bisa dilihat dari mata telanjang. Tempat paling tua di Indonesia yang bisa melihat benda-benda di luar angkasa adalah Teropong bintang Bosscha yang terletak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Teropong ini adalah fasilitas yang paling penting dimiliki oleh Institut Teknologi Bandung.

Teropong bintang Bosscha dapat dikunjungi secara perseorangan, keluarga maupun dari instansi sekolah, karena bisa memberikan wisata edukasi yang seru kepada putra-putri, karena mereka bisa melihat gemerlapnya bintang yang ada di angkasa. Sehingga rasa penasaran mereka terhadap indahnya benda-benda di angkasa bisa terjawab.

Teropong bintang Bosscha memiliki area yang luas hingga 6 hektar, tempatnya di dataran tinggi 1.300 di atas permukaan laut. Hawanya yang sejuk serta pemandangan sekitar yang indah  membuat tempat ini bisa menjadi wisata edukasi terkait astronomi. Ini juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk wisata akhir pekan bersama keluarga.

7 teropong terbesar yang ada di Teropong bintang Bosscha diantaranya adalah teleskop radio 2,3m, teleskop refaktor unitron, teleskop surya, teleskop schmidt bima sakti, teleskop bamberg, dan teleskop cassegrain GOTO. Teropong bintang ini buka untuk pengunjung mulai dari pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Untuk biaya masuknya 20.000/orang tetapi jika rombongan akan berbeda.

One thought on “Wisata Edukasi Teropong Bintang Bosscha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *