Wisata Edukasi Museum Sri Baduga Di Kota Kembang

Pengetahuan tentang sejarah memang harus ditanamkan sejak kecil kepada putra-putri negeri, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawannya dan mampu menjaga kelestarian budayanya.

Salah satu kota di Indonesia yang mempunyai nilai sejarah tinggi adalah Bandung. Terletak di Jl. BKR No.185, Pelindung Hewan, Astanaanyar, Kota Kembang, Jawa Barat berhadapan langsung dengan monumen Bandung Lautan Api, terdapat Museum Sri Baduga yang menyimpan berbagai sejarah tentang budaya Indonesia.

Museum Sri Baduga yang dulu bernama museum negeri Provinsi Jawa Barat diresmikan pada tanggal 5 Juni 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Museum Sri Baduga mempunyai luas 8.500 m2 kemudian dibagi menjadi dua bagian yaitu untuk perkantoran (no public area) dan gedung pameran auditorium (public area).

Selain itu juga terbagi menjadi 3 lantai, lantai pertama untuk menampilkan benda-benda dari zaman prasejarah sampai zamanHindu-Buddha yang terbuat dari tangan-tangan terampil, lantai kedua untuk materi budaya mulai dari transportasi, perdagangan, mata pencaharian masyarakat zamandahulu, serta lambang daerah kabupaten dan kota seluruh Jawa Barat, lantai ketiga sebagai lantai terakhir untuk memajang koleksi etnografi.

Sebagai tempat wisata edukasi museum ini mempunyai kurang lebih 5.367 buah koleksiĀ benda bersejarah yang bila dijual tidak ternilai harganya, beberapa diantaranya adalah Filologika, Keramik, Seni Rupa, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika/Heraldika, Teknologi, dan Geologika. Semua benda-benda tersebut selain dipamerkan juga disimpan digedung koleksi dan didokumentasikan dengan sistem komputerisasi.

Untuk menarik minat masyarakat agar mengunjungi Museum Sri Baduga pihak pengelola selalu berkreasi untuk mengadakan berbagai kegiatan, entah itu bekerjasama dengan pihak sekolah, Universitas, instansi negeri ataupun swasta dan juga lembaga asing.

Penyajian benda-benda bersejarah yang telah ditata didalam Museum Sri Baduga mulai dari corak warna hingga ragamnya, serta fase-fase perkembangannya, semua bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pengunjung yang melihat, agar mengetahui alur sejarah serta budaya yang pernah ada di Jawa Barat.

One thought on “Wisata Edukasi Museum Sri Baduga Di Kota Kembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *