Wisata Cagar Budaya Candi Gunung Kawi Di Gianyar

Salah satu objek wisata cagar budaya yang terkenal di Bali adalah Candi gunung kawi di Gianyar. Tempat ini memiliki nilai seni dan sejarah bernilai tinggi sehingga sangat disayangkan jika wisatawan yang melancong ke Bali tidak menyempatkan diri untuk berkunjung menikmati suatu karya yang mengagumkan ini. Peninggalan sejarah ini hingga sekarang masih terawat dengan baik dan terus akan dilestarikan sehingga bisa dinikmati oleh generasi yang akan datang. Selain sebagai tempat wisata, Candi Gunung Kawi ini juga merupakan situs peninggalan sejarah sehingga setiap traveler yang berwisata ke tempat ini akan semakin menambah pengetahuannya khususnya mengenai sejarah kerajaan Bali dan Hindu.

Sejarah Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi ini dibangun sekitar abad ke-11 Masehi saat zamannya kekuasaan Raja Udayana berasal dari dinasti Warmadewa yang menurut beberapa sumber datang dari kerajaan Sriwijaya. Adapun pada awalnya tujuan dari pembangunan Candi ini adalah sebagi tempat makam para raja dan juga sebagai bentuk simbol atau icon kekusaan kerajaan pada saat tu.

Daya Tarik Candi Gunung Kawi

Daya tarik utama dari candi ini adalah Pahatan atau ukirannya pada dinding tebing sehingga membuat banyak para traveler menjadi penasaran dan segera ingin berkunjung ke objek wisata ini. Nama dari gunung kawi itu jika diartikan adalah “Gunung” yang maksudnya adalah bukit atau tebing. sedangkan kata “kawi” artinya adalah dipahat atau ukiran.

Selain itu para wisatawan tidak hanya fokus pada objek pahatan dinding itu saja, namun lebih luas lagi Candi ini merupakan sebuah kawasan komplek yang besar dimana ada bermacam spot menarik yang bisa anda nikmati, seperti Pura utama dan beberapa pahatan pada tangganya. Selanjutnya juga terdapat pancuran dan kolam pemandian. Adapun situs candi di tempat ini terbagi pada dua bagian yang terpisahkan oleh sungai pakerisan.

Pemandangan Candi Gunung Kawi

Selain menyaksikan pahatan tebing yang unik tersebut anda juga dapat menikmati keindahan alam sekitarnya yaitu pemandangan alam perbukitan dengan hawa sejuk dan asri. Lanskap dengan sawah berundag-undang membentang menakjubkan semakin melegkapi suasana sahdu liburan anda bersama keluarga.

Lokasi Candi Gunung Kawi

Candi gunung kawi lokasinya berada di desa Tampak Siring, Kab. Gianyar. Akses ke tempat ini dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari denpasar selama satu jam perjalanan dengan jarak kira-kira sepanjang 40 km. Anda harus melalui 315 anak tangga untuk menuju kompek situs Candi Gunung Kawi.

One thought on “Wisata Cagar Budaya Candi Gunung Kawi Di Gianyar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *