10 Wisata Bukittinggi Populer dan Sayang Untuk Anda Lewatkan

Selain memiliki wilayah yang luas karena tercatat sebagai kota terbesar kedua yang ada di Sumatra, Bukittinggi ternyata juga menyimpan wisata yang tak kalah indahnya dari wisata lain yang ada di Indonesia. Terlebih kota ini memiliki cuaca yang lumayan dingin karena didukung dengan alam yang masih alami, maka tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk memasukkan wisata Bukittinggi sebagai agenda jalan-jalan mereka.

Jika anda saat ini sedang berada di wilayah ini, dan bermaksud ingin jalan-jalan, setidaknya ada 10 wisata Bukittinggi yang paling populer menjadi tujuan dari wisatawan baik wisatawan lokal maupun domestik. Ingin tahu mana saja 10 wisata Bukittinggi paling  populer tersebut? Silahkan simak ulasan kami dibawah ini.

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok-Wisata BukittinggiWisata Bukittinggi Ngarai Sianok berlokasi di Jalan Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Guguk Panjang, Kabupaten Agam Sumatra Barat. Ini adalah salah satu lokasi wisata Bukittinggi yang sangat ramai dikunjungi oleh turis untuk menikmati keindahan alam dari sebuah lembah yang curam berada di perbatasan kota Bukittinggi.

Wisatawan yang hadir pada lokasi ini akan dimanjakan dengan keindahan hijaunya alam yang membentang dari sebelah selatan berada di Ngarasi Koto dan berakhir pada Ngarai Sianok Anam. Total bentangan yang ada di Ngarai Sianok ini sekitar 15 kilometer dengan lebar 200 meter dan jurang sampai 100 meter ke bawah.

Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai-Wisata BukittinggiWisata  Bukittinggi yang kedua adalah sebuah air terjun yang terletak di tepi jalan raya, lebih tepatnya berlokasi di jalan raya Padang ke Bukittinggi. Ini adalah salah satu lokasi wisata yang wajib anda kunjungi, kenapa demikian? Karena lokasi air terjun Lembah Anai ini sangat sulit kita temui pada lokasi lain, yaitu berada tepat di tepi jalan raya.

Sebenarnya lokasi wisata yang satu ini masih satu kawasan dengan cagar alam yang biasa disebut sebagai Lembah Anai, dan jika anda berkunjung pada tempat ini, anda masih bisa melihat monyet yang ada di sekitarnya.

Baca Juga : Eksotisnya Air Terjun Lembah Anai Sebagai Surganya Alam

Danau Maninjau

Danau Maninjau-Wisata BukittinggiDari namanya saja tentu anda sudah tahu bahwa wisata Bukittinggi yang ketiga ini berupa sebuah danau. Lokasi danau Maninjau berada di Kabupaten agam, Sumatra Barat dan berupa sebuah danau vulkanik yang ada di ketinggian 461,50 meter.

Jika anda menempuh perjalanan dari kota Bukittinggi, anda harus menempuh perjalanan sampai 36 km untuk sampai pada danau Maninjau ini.

Baca Juga : Obyek-Obyek Wisata Dekat Danau Maninjau Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan

Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan-Wisata BukittinggiLanjut ke lokasi wisata Bukittinggi keempat yang berada di jalan Ahmad Yani, Benteng PS Atas, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatra Barat. Berbeda dengan wisata sebelumnya yang lebih menonjolkan keindahan alamnya, Taman Marga Satwa dan Budaya ini berupa sebuah kebun binatang yang menjadi kebun binatang terbesar di Pulau Sumatera.

Yang lebih menariknya lagi, kebun binatang ini sudah ada sejak tahun 1900 an, tepatnya pada saat masa penjajahan Belanda.

Baca Juga : Berkunjung Ke Taman Margasatwa Dan Budaya Kinantan Yang Menakjubkan

Benteng Fort De Cock

Benteng Fort De Cock-Wisata BukittinggiKenangan akan masa penjajahan pemerintah Belanda memang masih membekas sampai saat ini, sebuah bangunan yang menjadi saksi bisu bahwa pemerintah Belanda pernah menguasai daerah ini masih berdiri kokoh, bahkan sampai sekarang ini juga dijadikan sebagai lokasi wisata.

Sebuah bangunan yang tidak terlalu besar yang biasa disebut sebagai Fort de Cock ini masih berdiri kokoh sampai saat ini, wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi biasanya juga mengunjungi lokasi ini sekedar untuk melihat meriam atau menikmati lokasi sekitar dari atas benteng yang tingginya mencapai 20 meter ini.

Baca Juga : Fort De Kock : Benteng Bersejarah Di Bukittinggi

Lubang Jepang Bukittinggi

Lubang Jepang-Wisata BukittinggiMasih seputar masa penjajahan, kali ini giliran pemerintah Jepang yang meninggalkan sebuah kenangan berupa Goa yang kini sering dikunjungi oleh wisatawan. Lubang Jepang atau Goa Jepang ini dibuat pada tahun 1942 dimana para pekerja yang diambil dari pulau Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi dipekerjakan secara paksa.

Sebelum menyusuri perjalanan di wisata Bukittinggi ini, sebaiknya anda menyewa seorang pemandu atau orang lain yang sudah pernah mengunjungi lokasi ini, hal ini karena Lubang Jepang memiliki jalur yang sangat panjang dan memiliki jalur bercabang dan tembus dengan berbagai lokasi.

Didalamnya anda bisa melihat berbagai ruangan yang sebelumnya digunakan pemerintahan Jepang sebagai gudang senjata, ruang penjara, ruang pengintaian, dan ruang penyergapan. Namun beberapa waktu lalu pemerintah Indonesia menambahkan sebuah mini teater dan cafe guna menguatkan fasilitas wisata.

Baca Juga : Keangkeran Lubang Jepang Bukittinggi

Janjang Ampek Puluah Bukittinggi

Janjang Ampek Puluah-Wisata BukittinggiBagi orang luar Sumatra mungkin masih belum begitu paham ketika mendengar kata Janjang Ampek Puluah. Jika kita artikan kedalam bahasa Indonesia, Janjang Ampek Puluah berarti sebuah tangga yang jumlahnya ada empat puluh.

Janjang Ampek Puluah merupakan sebuah tangga yang digunakan sebagai jalan untuk menuju jalan pasar bawah ke pasar atas. Meskipun ini berupa anak tangga, namun banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi Jajang Ampek Puluah ini, wisatawan yang berkunjung biasanya berfoto disekitar lokasi ini sebagai kenang-kenangan bahwa mereka pernah berkunjung ke Bukittinggi.

Baca Juga : Yang Terlupakan : Janjang Ampek Puluah

Jam Gadang Bukittinggi

Apa yang menarik dari wisata Bukittinggi yang satu ini? Perlu anda ketahui bahwa lokasi wisata Bukittinggi dengan nama Jam Gadang ini merupakan sebuah icon yang menjadi simbol kebesaran Bukittingi. Usianya yang telah mnecapai puluhan tahun membuatnya menjadi salah satu tempat wisata Bukittinggi yang diminati karena keunikan ornamennya yang khas.

Sebuah bangunan yang menjulang tinggi diamana pada bagian atas ada sebuah jam yang lumayan besar, keberadaan dari jam besar inilah yang menjadi alasan kenapa lokasi wisata satu ini diberi nama Jam Gadang. Selain itu anda juga bisa masuk dan melihat dari atas menara Jam Gadang ini, para wisatawan akan disuguhkan keindahan panorama Bukittinggi. Perpaduan pemandangan bukit, lembah, bangunan penduduk dan sekelilingnya membaur menjadi sebuah keindahan yang menyejukkan hati setiap penikmatnya.

Baca Juga : Keunikan Jam Gadang yang Hingga Kini Belum Terpecahkan

Pasar Bukittinggi

Pasar Ateh-Wisata BukittinggiJika Jogja punya Malioboro, Solo punya Klewer, maka kota Bukittinggi memiliki Pasar Bukittingi yang selalau ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar ataupun wisatawan yang sedang berlibur di Bukittinggi.

Semua kebutuhan lengkap berada di pasar ini, dimulai dari pasar bawah untuk membeli keperluan rumah tangga, pasar lereng yang menjual kuliner dan cinderamata, sedangkan pasar atas lebih didominasi oleh penjual ikan, sulaman padang, dan pakaian. Tentu saja jika berkunjung kepasar Bukittinggi ini Anda harus pintar-pintar dalam menawar supaya bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Baca Juga : Keseruan Berkunjung Ke Pasar Bukittinggi

Wisata Museum Bukittinggi

Museum Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu-Wisata BukittinggiDan wisata Bukittinggi yang terakhir ini berupa museum. Ada dua museum yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata Bukittingi yaitu museum Bung Hatta, berupa sebuah rumah yang dulunya dihuni oleh Bung Hatta, dan juga museum Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu dimana anda bisa melihat keunikan dari rumah Gadang.

 

Baca Juga : Museum Ternama di Bukittinggi Sumatera Barat

Itulah kesepuluh lokasi wisata Bukittinggi, yang sayang untuk anda lewatkan jika berkunjung pada kota terbesar kedua di Sumatra ini. Sebenarnya masih ada satu lagi lokasi wisata Bukittinggi yang patut untuk  anda kunjungi yaitu Istana Bung Hatta, namun sayangnya lokasi ini kini tidak tersedia untuk umum.