Menikmati Wisata Bromo dengan Keindahan Alam yang Eksotis

wisata bromo

Wisata Bromo ternyata menjadi agenda liburan banyak orang, terutama yang menginginkan liburan dengan tawaran keindahan alamnya. Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang terletak di provinsi Jawa Timur. Berada di perbatasan empat kabupaten, yaitu: kabupaten Probolinggo, Malang, Lumajang, Pasuruan. Keindahan di kawasan gunung Bromo membuat tempat ini terkenal di seluruh dunia. Karena kepopulerannya, gunung ini menjadi ikon Jawa Timur.

Ada beberapa hal yang wajib diketahui jika hendak berkunjung ke Bromo, yaitu suhu udara yang berkisar antara 20 sampai 200. Bulan yang tepat untuk mengambil wisata ke gunung Bromo adalah pada bulan Juni hingga Oktober.

Ada beberapa lokasi wisata Bromo yang bisa digunakan jika ingin menikmati keindahan matahari terbit, yaitu Sruni Point. Bukit Cinta, Pananjakan 1, Puncak B29 dan Bukit KingKong. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut :

Sruni Point

srunipointSruni Point Gunung Bromo adalah salah satu tempat menikmati matahari terbit (sunrise) wisata Bromo. Seruni Point ini lokasinya berada di Penanjakan 2, tepatnya di Dusun Seruni, Kec. Sukapura, Kab. Probolinggo. Selain menikmati sunrise di point ini anda juga bisa menikmati pemandangan sekitar gunung bromo, seperti keindahan Gunung semeru, Gunung Kursi dan Gunung Batok.

Bukit Cinta

bukitcintaTempat Untuk menikmati matahari terbit berikutnya adalah di Bukit Cinta. Namanya yang romantis ini menurut cerita diberikan oleh seseorang yang mengunjungi bromo sehingga bertemu dengan jodohnya di tempat ini dan menikah. Setelah menikah, pasangan ini kembali lagi ke tempat ini yang telah mempertemukan mereka berdua dan memberikan nama tempat ini Bukit Cinta. Lokasinya berada kira-kira 5 KM dari puncak penanjakan 1 gunung Bromo. Menikmati indahnya Sunrise di bukit cinta dengan orang tercinta pula di wisata bromo ini sangat direkomendasikan karena menguatkan hubungan kasih sayang diantara dua sejoli. Selain itu di bukit cinta ini juga merupakan tempat persinggahan populer para wisatawan yang kembali dari penanjakan 1 yang telah menikmati matahari terbit atau yang terlambat ke penanjakan 1 yang sudah penuh pengunjung.

Penanjakan 1

penanjakan1Penanjakan 1 ini merupakan Spot yang paling populer dan paling istimewa menikmati keindahan matahari terbit (sunrise) dan menikmati keindahan pemandangan alam wisata bromo yang eksotis. Adapun tinggi penanjakan 1 ini sekitar 2.770 mdpl. Selain menikmati sunrise, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam lainnya yang mengagumkan di kawasan wisata bromo ini seperti keindahan lautan pasir membentang luas dan beberapa gunung yaitu gunung semeru, gunung batok, dan bromo. Sungguh eksotis wisata bromo ini dan suatu pengalaman yang menakjubkan.

Bukit Kingkong

bukitkingkongTempat Alternatif lain untuk melihat keindahan matahari terbit di Wisata Bromo adalah di Bukit Kingkong atau bisa juga disebut dengan bukit setya. Bukit kingkong ini berlokasi kira-kira 2,5 kilo meter dari lokasi penanjakan 1 dan memiliki ketinggian kira-kira 2.600 m di atas permukaan laut. Beberapa sumber menyatakan alasan dari penamaan bukit kingkong ini adalah karena terdapat suatu tebing di sini yang jika diperhatikan secara seksama sangat mirip dengan wajah kingkong. Oleh karena itu banyak wistawan yang menyebutnya dengan nama bukit kingkong. Menikmati indahnya matahari terbit di bukit kingkong merupakan suasana yang berbeda dan tentu sangat menyenangkan.

Puncak B29      

puncakb29Puncak B29 adalah tempat yang tingginya kira-kira 2.900 meter diatas permukaan laut dan merupakan puncak yang tertinggi di kawasan wisata Bromo. Karena tingginya itu maka puncak ini di juluki dengan nama negeri diatas awan. Adapun lokasi puncak B29 adalah di arah tenggara gunung bromo tepatnya di desa Argosari, kecamatan senduro. Jaraknya kira-kira 40 km dari kota lumajang. Sebelumnya puncak yang tertinggi di bromo adalah penanjakan 1 dengan tinggi 2.770 mdpl, namun setelah Puncak B29 diperkenalkan oleh pemerintahan kabupaten Lumajang, maka Puncak B29 lah yang tertinggi hingga saat ini. Tidak diragukan lagi dan tak terbayangkan keindahan menikmati matahari terbit dan pemandangan pegunungan di puncak B29 serasa berada di atas awan-awan.

2 thoughts on “Menikmati Wisata Bromo dengan Keindahan Alam yang Eksotis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *