Tempat Wisata Bogor yang Paling Populer Dikunjungi

Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa, ibarat surga yang ada di bumi. Salah satunya adalah kota Bogor. Jika Anda memiliki agenda liburan ke kota yang dikenal dengan julukan kota hujan, ada baiknya mencari informasi. Karena banyak sekali tempat wisata Bogor yang menarik untuk dikunjungi.

Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta menjadikan tempat ini sebagai tujuan warga Jakarta dan wilayah sekitarnya untuk menghabiskan waktu bersantai terutama pada akhir pekan dan hari-hari libur. Tidak heran jika saat musim liburan tiba, Anda akan menemukan sejumlah ruas jalan yang macet akibat banyaknya wisatawan yang datang.

Tempat wisata yang terkenal dan sangat legendaries adalah kebun raya bogor dengan sejumlah wahana hiburan yang menyenangkan. Berikut adalah ulasan singkat mengenai tempat wisata Bogor yang popular di kalangan traveler.

Wisata Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor-Wisata BogorKebun raya bogor adalah tempat wisata bogor yang sangat populer dan merupakan kebun raya kebanggan warga bogor. Selain yang terbesar di asia tenggara, kebun raya bogor ini juga sebagai perkebunan botani yang tertua di Asia. Suasana disini sangat nyaman dan tenang karena pemandangannya yang menghijau dengan udara yang menyegarkan. Kebun raya bogor ini bukan hanya sebuah kebun saja namun bila kita menelusurinya lebih jauh ke belakang kebun, anda akan menemukan beberapa tempat menarik dan istimewa seperti danau gunting yang indah dengan beberapa bunga teratai yang membuat anda akan takjub. Selain itu terdapat patung tangan tuhan yang dibuat pada tahun 1963 oleh Carl Milles yang merupakan anak didik dari pemahat terkenal berkebangsaan prancis. Selanjutnya terdapat juga patung the little mermaid, Taman dan tugu teijsman, Laboraturium treub, ,museum zoologi dengan banyak koleksi binatang yang diawatkan, taman meksiko yang unik dengan suasana gurunnya yang gersang, Jalan kenari II yang sangat mempesona, taman astrid yang cantik, dan beberapa tempat menarik lainnya di kebun raya bogor yang sangat istimewa ini. Adapun lokasinya berada di Jl. Ir. H. Juanda No 13.

Wisata Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia-Wisata BogorTaman safari indoesia ini berlokasi di Desa Cibeureum, Kec. Cisarua, Bogor. Keistimewaan tempat wisata bogor yang satu ini yaitu anda dapat berkeliling dengan mobil pribadi atau bus untuk melihat-lihat satwa lebih dekat di alam bebas. Dengan konsep tempat wisata yang berorientasi pada lingkungan dan alam bebas menjadikan tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi dan akan merasakan nuansa yang berbeda bagi pengunjung. Taman yang memiliki koleksi sekitar 2500 satwa ini memiliki fasilitas dan wahana permainan yang lengkap untuk rekreasi keluarga. Sangat istimewa tempat yang popular satu ini dengan nuansa kebun binatang yang berbeda dan tentu lebih menarik.

Air Panas Ciparay

Setelah disibukkan dengan aktivitas sehari-hari, tentu kita butuh liburan untuk melepas penat. di Air panas ciparay inilah pilihan yang tepat untuk memulihkan kebugaran anda.

Selain terkenal dengan sebutan kota hujan nan sejuk, ternyata Bogor memiliki tempat pemandian air panas yang terkenal, yaitu Air Panas Ciparay. Air Panas Ciparay merupakan salah satu wisata Bogor yang terletak di desa Ciparay, kecamatan Pamijahan, Gunung Salak Endah Bogor. Wisata Bogor yang satu ini memang cocok untuk relaksasi, menghilangkan rasa lelah, dan penat.

Perjalanan menuju air panas ciparay butuh waktu sekitar 2 jam. Setelah itu anda akan berjalan kaki menuruni 400 anak tangga. Harga tiket masuk air panas ciparay cukup murah, yaitu 4000 rupiah. Selain kolam air panas, terdapat kamar mandi air panas tertutup. Disini juga banyak warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Anda dapat menikmati makanan di atas saung maupun menyewa saung tersebut untuk menginap.

Taman Budaya Sentul

Wisata Bogor selanjutnya adalah Taman Budaya Sentul yang terletak di sebelah timur kota Bogor, tepatnya di kawasan Sentul City. Wisata Bogor yang satu ini didirikan tahun 1994. Taman Budaya Sentul sangat cocok untuk mengisi waktu luang anda bersama keluarga, atau rekan anda.

Di lahan seluas lebih dari 6 hektar, taman ini dilengkapi pemandangan yang hijau dengan gunung yang mengelilinginya. Terdapat pula permainan outbound, sarana perkemahan, pertemuan, atau jamuan dengan suasana alaminya.

Sejak pukul 09.00, anda dapat menjelajahi Adventure Center, Facility Center, Green Center dan Culture Center. Banyak kegiatan yang disediakan disini, seperti melukis, berkuda, membatik, outbound, fun games, trekking, dan paintball.

Gunung Pancar

Bicara tentang wisata Bogor hampir tidak ada habisnya. Kali ini akan dibahas mengenai Gunung Pancar yang berlokasi di kawasan wisata Sentul, Bogor. Di Gunung Pancar terdapat tempat wisata yang terletak di ketinggian 300-800 meter di atas permukaan laut. Anda dapat mengakses wisata bogor tersebut dengan kendaraan pribadi.

Selain udaranya yang sejuk dan dingin, lokasi wisata bogor tersebut dihiasi pemandangan berbagai macam tumbuhan seperti pinus, rasamala, rotan, puspa, dan masih banyak lagi. Terdapat pula jenis satwa liar seperti kera, jelarang, surili, dan owa. Di samping itu, wisata Bogor ini dilengkapi dengan pemandian air panas, area trekking, hiking, berkuda, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk menuju ke tempas wisata ini cukup murah, yaitu 2.000 rupiah untuk wisatawan domestik, dan 5.000 rupiah untuk wisatawan mancanegara.

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari-Wisata BogorTaman Wisata Mekarsari terletak di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Taman Wisata Mekarsari adalah salah satu wisata Bogor yang melestarikan keanekaragaman hayati yang menghasilkan buah-buahan jenis tropika paling besar dunia. Sekaligus menjadi tempat penelitian (agronomi), pemuliaan, dan perbanyakan bibit unggul.

Wisata Bogor ini luasnya mencapai 264 hektar, dilengkapi dengan wahana seperti Family Garden, Baby Zoo, Garden Center, Kids Fun Valley, Menara Pandang, dan masih banyak lagi. Selain itu banyak kegiatan yang dapat dilakukan bersama orang tercinta anda, seperti piknik, wisata kebun buah dan sayur, barbeque, fruitwalk, berkuda, menanam padi, company gatering, senam pagi, dan memandikan sapi.

Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water Adventure adalah salah satu wisata Bogor yang didirikan bulan Mei tahun 1998. Wisata Bogor yang satu ini merupakan wisata wahana air yang memiliki luas 5 hektar. Konsep yang diusung adalah tematik mediteranian.

Jika anda ingin berpetualang dengan keluarga, rekan, atau orang-orang yang anda sayangi lainnya, Marcopolo Water Adventure adalah tempat yang sangat cocok. Pada wisata Bogor tersebut terdapat berbagai wahana seperti, Kiddy Pool, Baby Pool, Wate Gate, Whirl Pool, Waterfall, Pirate Cave, Sandbox, Pirate River, dan masih banyak lagi. Selain itu, suasana live musik, dan cafeteria sangat mendukung petualangan air anda, dan menjadikan liburan anda sangat menyenangkan dan mengesankan.

The Highland Park Resort

Destinasi wisata Bogor Selanjutnya adalah The Highland Park Resort.  Lokasi wisata Bogor tersebut tidak jauh dari Gunung Salak. Perjalanan menuju ke lokasi memakan waktu sekitar 30 menit dari kota Bogor. Jika anda ingin menginap di tempat ini, sebaiknya memesan kamar terlebih dahulu via telepon.

The Highland Park Resort biasanya disebut Mongolian Camp. Kenapa disebut Mongolian Camp? Karena bentuk kamarnya dibuat menyerupai tenda pasukan Mongol. Pada resort ini ada tiga tipe kamar, yaitu camp standar, camp deluxe, dan dormitory/asrama.

Pada wisata Bogor ini, terdapat fasilitas seperti free wifi, restaurant, mini market, fuzzball, billyard, lapangan bola, ruang meeting, playground outdoor, kolam renang, flying fox, rumah bibit, dan wahana naik kuda.

Prasasti Batu Tulis

Prasasti Batu Tulis-Wisata BogorSelain terkenal dengan alamnya, Bogor juga memiliki wisata Sejarah, seperti Prasasti Batu Tulis yang sangat terkenal. Prasasti Batu Tulis berlokasi di Jalan Batutulis, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Prasasti Batu Tulis ini memiliki luas 17×15 meter. Banyak prasasti dan beberapa benda bersejarah lain peninggalan Kerajaan Sunda yang terdapat di kawasan ini. Batu Tulis tersebut terukir kalimat berbahasa dan memiliki aksara Sunda kuno. Prasasti ini ditulis sekitar tahun 1455 Saka atau pada 1533 Masehi.

Di depan batu prasasti tersebut, terdapat batu yang diduga milik Prabu Surawisesa. Pada batu tersebut tampak lekukan kaki dan lutut. Selain itu, juga ada cungkup prasasti, yaitu bangunan kecil untuk menyimpan prasasti batu tulis dan batu kuno lain. Di halaman cungkup prasasti terdapat batu seperti nisan yang diduga tempat untuk menambatkan tali kuda. Di samping itu juga terdapat batu tapak dan lingga.

Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang-Wisata BogorSementara itu, wisata Bogor Selanjutnya ialah Kampung Budaya Sindangbarang, yang terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini berjarak kurang lebih 5 kilometer dari kota Bogor. Tempat tersebut merupakan kampung tertua di Bogor. diperkirakan kampung ini sudah ada sejak jaman kerajaan Sunda. Konon disini terdapat kerajaan bawahan bernama Sindangbarang dengan Ibukota Kutabarang.

Pada Kampung Budaya Sindangbarang terdapat beberapa kesenian khas Sunda yang dilestarikan penduduknya. Selain itu juga terdapat situs-situs peninggalan kerajaan Pajajaran yaitu bukit berundak. Setiap setahun sekali, disini diselenggarakan upacara Seren Tahun, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang diperoleh pada tahun itu.

Situ Gede

situ gede-Wisata BogorSitu Gede merupakan sebuah danau, jika dijabarkan Situ atau Setu berarti telaga, dan Gede berarti besar. Wisata Bogor yang satu ini terletak di kelurahan Situgede, Bogor Barat, Kota Bogor. Lokasi wisata Situ Gede berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Bogor. Situ Gede berlokasi di tepi hutan dramaga. Telaga ini mempunyai luas kurang lebih 6 hektar.

Tempat tersebut sangat cocok untuk rekreasi anda bersama keluarga. Banyak sekali kegiatan yang dapat anda lakukan disini, seperti menaiki perahu, memancing ikan, atau sekedar berjalan-jalan di hutan. Di samping itu, biasanya Situ Gede sering digunakan sebagai lokasi syuting film atau sinetron.

Air Terjun Bidadari

Air Terjun-Bidadari-Wisata BogorAir Terjun Bidadari terletak di Desa Bojonkeneng, Sentul, Kabupaten Bogor. Wisata Bogor tersebut merupakan salah satu wisata yang terdapat di kawasan Sentul Paradise Park. Anda dapat menempuh perjalanan kesana dengan kendaraan pribadi.

Air Terjun Bidadari merupakan destinasi wisata modern yang dapat anda nikmati bersama keluarga tanpa melepas kesan alami kota Bogor. Air terjun Bidadari mulai dibuka jam 8 pagi. Harga tiket masuknya adalah 30.000 rupiah, dan parkir sekitar 5.000 rupiah

Anda dapat membeli tiket di loket gerbang pintu masuk menuju Air Terjun Bidadari.  Disini terdapat kolam untuk berenang baik anak-anak maupun dewasa. Ada pula kolam besar untuk sarana bermain air yang jernih.

Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung-Wisata BogorTempat ini sangat bagus dan eksotis, yang sayang jika anda lewatkan. Taman Riung Gunung terletak sekitar 17 kilometer dari tol Ciawi. Tepatnya di Desa Tugu Selatan, kawasan Puncak Bogor. Wisata Bogor ini merupakan tempat wisata yang berada di Puncak, sangat cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga atau rekan anda. Suasana yang ditawarkan disini yaitu suasana alam yang sejuk dan indah.

Selain hal diatas, disini juga terdapat beberapa fasilitas seperti wisata kebun teh, restoran, wahana outbound, kolam renang, terapi ikan, dan penginapan. Jika anda ingin memasuki objek wisata yang terdapat pada Taman Riung Gunung, akan dikenakan biaya 2.000 rupiah per orang. Di samping itu, di wisata Bogor tersebut terdapat villa milik Mantan Presiden RI pertama yaitu Ir. Soekarno beserta barang peninggalannya.

Agro Gunung Mas

Wisata Bogor kali ini berlokasi di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Untuk memasuki kawasan Agro Gunung Mas, anda harus membayar sekitar 10.000 rupiah. Jika ingin menginap, anda dapat menginap di hotel sekitar kawasan Agro Gunung Mas.

Wisata Bogor Agro Gunung Mas menyuguhkan pemandangan hijau perkebunan teh, dan udara yang sejuk. Disini anda dapat berjalan-jalan mengelilingi perkebunan, melihat berbagai hal tentang tumbuhan. Selain itu anda dapat melihat cara penyemaian, dan panen teh. Tidak cukup berhenti disitu saja, anda juga dapat berenang, atau bermain voli dan bola. Disini juga tersedia tempat camping, sarana berkuda, hingga flying fox.

Taman Wisata Matahari

Tidak usah bingung mencari wahana wisata di Bogor untuk keluarga. Berikut ini akan dibahas mengenai Taman Wisata Matahari yang sangat cocok untuk wisata keluarga.

Tempat ini berlokasi di kawasan Puncak Bogor. Harga tiket masuk Taman Wisata Matahari adalah sekitar 25.000 per orang, dan berlaku setiap hari.

Disini disediakan berbagai wahana pemandian beserta fasilitasnya, seperti waterpark, sepeda air, perahu dayung, perahu motor, paddle boat, bomber boat, bola gila, dan lain-lain. Selain itu juga ada wahana petualangan bagi anda yang suka berpetualang, seperti flying fox, outbound, wall climbing, arung jeram, dan motor ATV. Di samping itu juga terdapat penginapan bagi anda yang ingin menginap, saung, lapangan, restoran, gazebo, hingga pusat perbelanjaan.

The Jungle Adventure Water Park Bogor

The Jungle Adventure Water Park ini berlokasi di Bogor Nirwana Residence, Jalan Bogor Nirwana Raya, Dreded Pahlawan, Bogor.

The Jungle Adventure Water Park Bogor didirikan sejak tanggal 16 Desember 2007. Kawasan ini berlatar belakang Gunung Salak, dan dilengkapi dengan udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah. Luas kawasan ini mencapai 4,8 hektar.Wisata Bogor yang satu ini layak untuk anda kunjungi, karena merupakan salah satu wahana air terlengkap di Bogor.

Wahana yang terdapat di The Jungle Adventure Water Park Bogor antara lain Bird Park, Gokart Arena, the Biggest Aquarium, 4D Cinema, Flying Fox, hingga Ghost House.

One thought on “Tempat Wisata Bogor yang Paling Populer Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *