Ini Dia, 10 Tempat Wisata Populer di Blitar yang Wajib Dikunjungi

Kota Blitar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur. Sebagaimana kota-kota di Indonesia lainnya, tentunya wisata populer di Blitar menyimpan daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan atau orang yang lewat berkenan untuk mampir. Apalagi di kota ini bersemayam mendiang Presiden RI pertama kita yakni Pak Karno.

Tentunya anda penasaran bukan wisata populer di Blitar apa saja yang bisa anda kunjungi saat mengunjungi kota ini. Untuk itu jangan beranjak untuk membaca informasi tentang 10 tempat wisata populer di Blitar yang wajib dikunjungi berikut:

1. Penangkaran Rusa Maliran

Penangkaran Rusa Maliran-Wisata BlitarJika anda sedang bingung mencari tempat wisata populer di Blitar yang cocok untuk bersantai bersama anggota keluarga, maka Penangkaran Rusa Maliran adalah lokasi yang wajib anda kunjungi. Di tempat penangkaran rusa yang terdapat di Kecamatan Ponggok, Blitar ini anda bisa menyaksikan tidak kurang dari 200 ekor rusa yang hidup dengan bebasnya.

Di dalam tempat penangkaran rusa ini anda bisa menikmati berbagai fasilitas seperti: taman bermain, gazebo dan warung makan yang bisa anda jadikan tempat beristirahat setelah letih berkeliling. Piknik sembari bersantai dengan panorama kawanan rusa sangat pas ditambah biaya tiket masuknya yang cukup terjangkau.

2. Agrowisata Karangsari

Agrowisata Karangsari-Wisata BlitarRambutan memang salah satu buah khas kota Blitar. Tapi tahukah anda ada buah lain yang begitu khas di kota ini?. Supaya tidak penasaran wisata populer di Blitar kali ini akan mengajak anda ke sebuah agrowisata belimbing tepatnya di desa Karangsari, Sukorejo.

Terdapat 2 jenis belimbing yang dibudidayakan di Agrowisata Karangsari ini, yakni Filipina dan Bangkok. Menariknya, pengunjung bisa memilih dan memetik buah belimbing yang dikehendaki sebagai oleh-oleh.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh hasil olahan belimbing lainnya seperti: selai, sirup, manisan, keripik dan dodol belimbing.

3. Pemandian Sumber Udel

Pemandian Sumber Udel-Wisata BlitarWahana air memang tempat wisata yang diidamkan semua orang untuk tempat rekreasi terutama anak-anak. Di Blitar anda tidak akan kesulitan mendapatkan wahana permainan air, salah satunya adalah Pemandian Sumber Udel.

Lokasi wisata populer di Blitar Pemandian Sumber Udel ini berada sekitar 500 m dari Makam Bung Karno tepatnya di Jalan Kali Brantas, Kelurahan Bendo. Fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain: kolam renang anak dan dewasa, taman bermain, panggung gembira, dan tempat penyewaan alat renang. Bahkan tempat ini kerap digunakan sebagai tempat perlombaan renang.

4. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo-Wisata BlitarBlitar juga menyimpan keindahan pantai yang luar biasa untuk anda kunjungi, salah satunya di Pantai Tambakrejo. Anda bisa menikmati birunya laut dan hamparan pasir putih di wisata populer di Blitar Pantai Tambakrejo yang hanya berjarak 30 km dari pusat kota Blitar yakni di Desa Tambakrejo, Wonotirto.

Tempat ini sangat pas untuk bersantai sambil bermain air, apalagi ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar. Sebagai oleh-oleh anda bisa membeli ikan segar di tempat pelelangan ikan yang tidak jauh dari lokasi pantai.

5. Istana Gebang

Istana Gebang-Wisata BlitarKetika anda mengunjungi wisata populer di Blitar di Istana Gebang ini, anda akan serasa melewati lorong waktu menyaksikan atmosfer masa lampau di rumah masa kecil Presiden Soekarno. Rumah yang berdiri diatas lahan seluas 2 hektar ini berada di Jalan Sultan Agung, No. 29.

Pada bangunan yang masih menyimpan perabot model lama ini anda bisa menyaksikan ruangan dengan desain yang khas berhiaskan kursi dari bahan kayu dengan kombinasi rotan. Bila anda berkunjung pada 6 Juni, anda berkesempatan menyaksikan berbagai pertunjukan hiburan rakyat serta haul.

6. Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit-Wisata BlitarMendengar nama obyek wisata populer di Blitar ini mungkin anda akan sedikit mengerutkan dahi. Namun meski memiliki nama yang sedikit ngeri, Pantai Gondo Mayit ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai karena masih alami dan sepi dibanding pantai di Blitar lainnya.

Untuk menuju pantai yang berada di sisi timur Pantai Tambakrejo ini anda harus menyebrangi sungai dan melewati bukit. Sebaiknya anda juga membawa bekal sendiri, karena di pantai ini belum terlalu banyak warung yang menjajakan makanan yang bervariasi.

7. Gua Embultuk

Gua Embultuk-Wisata BlitarGua Embultuk ini merupakan wisata populer di Blitar yang berlokasi di Desa Tumpak Kepuh, Bakung, Blitar. Anda hanya tinggal menempuh jarak sekitar 40 km saja jika anda sudah berada di pusat kota.

Pemandangan stalaktit dan stalakmit yang luar biasa indah bisa anda saksikan dengan leluasa di Gua Embultuk yang memiliki panjang sekitar 1500 m dan 3 meter lebarnya ini. Jika anda berminat mengunjungi wisata populer di Blitar ini sebaiknya anda tidak lupa membawa baju ganti serta alat penerangan yang memadai.

8. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro-Wisata BlitarSalah satu hal unik yang terdapat di tempat wisata populer di Blitar Pantai Jolosutro ini adalah warna pasirnya yang hitam diantara lainnya. Uniknya lagi, pantai ini berada di teluk kecil di sebuah area perbukitan.

Batuan karang dengan berbagai ukuran bisa dengan mudah anda temukan di tepian sebagai salah satu spot berfoto yang jempolan. Untuk menuju pantai yang berlokasi di Desa Ringinrejo, kecamatan Water ini anda harus menempuh jarak sekitar 45 km dari pusat kota.

9. Candi Penataran

Candi Penataran-Wisata BlitarTidak hanya di Magelang atau Prambanan, ketika anda ingin mengunjungi obyek wisata candi di Blitar juga tersedia. Candi Penataran adalah candi yang berdiri diatas lahan seluas 180 x 130 meter dan berlokasi di Desa Penataran, Nglegok, Blitar.

Jika anda berkunjung ke wisata populer di Blitar ini maka anda bisa menemukan bahwa wisata ini terbagi menjadi 3 area. Area pertama anda bisa menyaksikan Batur Pendopo, Bale Agung, Candi Angka serta 3 buah miniatur candi. Di area kedua anda bisa menyaksikan keunikan Candi Naga dan Candi Induk bisa anda saksikan di area ketiga Candi Penataran.

 

 

 

10. Arung Jeram Soko

Arung Jeram Soko-Wisata BlitarUntuk anda penyuka wahana penguji adrenalin, anda harus mencoba permainan Arung Jeram Soko. Wisata populer di Blitar ini sangat cocok untuk anda kunjungi bersama teman-teman. Kejutan yang seru bisa anda nikmati ketika tantangan terakhir berarung Jeram di sini tepatnya ketika melewati terowongan mini yang lain dari yang lain.

Sebelumnya anda akan mengalami kesulitan saat berarung jeram pada grade 2 dan 3 selama mengarungi sungai sepanjang 9 km ini. Wahana ini sangat cocok untuk anda sebagai pemain pemula di wahana arung jeram ini.

Wisata populer di Blitar memang menyimpan banyak tempat yang layak dan menarik untuk dikunjungi. Dengan ragam obyek wisata populer di Blitar yang begitu lengkap, rugi rasanya jika sudah tiba di sana atau ziarah ke makam Bapak Soekarno namun tidak mengunjungi obyek wisata menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *