10 Wisata Banjarmasin Yang Siap Membuat Anda Terpesona

Apa yang terlintas di pikiran anda jika disebutkan wisata Banjarmasin? Tentunya wisata pasar apung bukan? Pasar apung yang pernah mengendorse salah satu stasiun televisi ini memang menjadi ikon kota Banjarmasin. Akan tetapi, apakah wisata Banjarmasin hanyalah pasar apung? Tentu saja tidak, berikut 10 wisata Banjarmasin yang siap membuat anda terpesona:

1. Pasar Terapung

Pasar Terapung-Wisata BanjarmasinPasar terapung adalah keunikan wisata Banjarmasin yang telah terkenal ke seluruh pelosok negeri. Banyak sekali wisatawan yang silih berganti mengunjungi kota banjar  untuk melihat aktivitas di pasar terapung.

Sebagai kota seribu sungai, pasar terapung di kota Banjarmasin tidak hanya satu, namun yang paling terkenal adalah Pasar Apung Muara Barito. Di Pasar Apung Barito ini, wisatawan dapat dengan bebas melihat aktivitas pasar tradisional yang unik. Selain itu, wisatawan juga dapat ikut bertransaksi dan mencoba sulitnya mendayung sampan untuk mencari barang kebutuhan mereka, mulai dari makanan, sayuran hingga pakaian.

Untuk mengunjungi pasar apung, wisatawan harus datang pagi-pagi sekali karena pasar hanya akan buka pada jam 05.00 hingga 07.00 saja. Setelah jam-jam tersebut muara sungai akan kembali sepi.

2. Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura-Wisata BanjarmasinTaman ini  terletak di tepian Sungai Martapura, tepatnya di sepanjang Jalan Jendral Sudirman dan jalan Kapten Tendean. Masih sama dengan kebanyakan wisata Banjarmasin lainnya, Taman Siring juga mengandalkan keindahan sungai yang jernih.

Di Taman Siring Martapura anda bisa memuaskan hobi memancing atau hanya sekedar duduk di bangku-bangku yang telah disediakan sambil memandangi aktivitas perahu tradisional banjar.

Jika hari minggu tiba, banyak anak muda ynag berkumpul di Taman Siring Sungai Martapura. Mereka biasanya bermain skate board atau BMX. Pada hari-hari tertentu kelompok skateboard dan BMX juga mengadakan perlombaan di Taman Siring.

3. Taman Maskot

Taman Maskot-Wisata BanjarmasinTaman Maskot terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan H. Djok Mentaya. Taman ini dinamai

sebagai Taman Maskot karena 2 patung mascot Banjarmasin yang berada didalamnya. Patung Maskot tresebut antara lain patung bekantan dan patung pohon kasturi.

Sesaat setelah memasuki gerbang, anda dapat melihat patung bekantan dengan ukuran hampir menyamai orang dewasa. Berjalan masuk kira-kira 3 meter anda akan menemui patung maskot kedua yaitu patung pohon kasturi lengkap dengan monyet-monyet kecil bergelantungan.

Selain patung maskot, di tempat wisata Banjarmasin yang satu ini juga terdapat aneka tanaman dalam pot seperti kaktus, anggrek dan lidah buaya. Fasilitas yang disediakan di taman inipun cukup lengkap mulai dari toilet, mushola hingga arena bermain anak.

4. Museum Wasaka

Museum Wasaka-Wisata BanjarmasinNama Wasaka berasal dari kata waja sampai kaputing, yaitu kata yang menjadi motto masyarakat Kalimantan selatan dalam berjuang. Sesuai dengan namanya, tempat wisata Banjarmasin yang terletak di Jl. H. Andir, Kampung Kenang Ulu, Banjarmasin Utara ini menyimpan berbagai benda bersejarah bekas penjajahan belanda.

Benda-benda peninggalan masa penjajahan yang masih terpajang apik di Museum Wasaka antara lain foto zaman perjuangan, mesin ketik dan senjata seperti keris dan senjata api hasil rampasan. Selain itu, sebuah sepeda tua yang konon katanya digunakan rakyat untuk mengantar surat sembunyi-sembunyi juga masih terawat di museum bergaya rumah adat ini.

Menariknya, di museum ini juga terdapat sebuah teks proklamasi asli yang dibuat pada tanggal 17 mei 1949. Isi teks proklamasi disini berbeda dengan teks yang terdapat pada pembukaan UUD. Hal ini dikarenakan saat pembacaan teks proklamasi, wilayah Kalimantan selatan belum berhasil dirangkup oleh NKRI dan baru merasakan kebebasan 4 tahun sejak peristiwa proklamasi 45.

5. Pulau Kembang

Pulau KembangPulau Kembang merupakan pulau habitat beberapa jenis burung dan monyet. Pulau ini terletak tepat di tengah Sungai Barito. Untuk menjelajahi pulau, terdapat jembatan tradisional dari kayu yang dihiasi pepohonan hijau di kiri dan kanan. Warga sekitar percaya bahwa di pulau ini terdapat monyet raksasa yang merupakan raja monyet.

Saat berkunjung di tempat wisata Banjarmasin yang satu ini, anda harus waspada dengan barang bawaan karena monyet-monyet di Pulau Kembang dikenal sebagai monyet usil yang suka menggeledah tas wisatawan. Untuk mengalihkan perhatian mereka sebaiknya bawalah makanan ringan atau buah-buahan yang mereka suka.

Hal menarik lainnya yang terdapat di pulau ini adalah altar sembahyang yang dilengkapi dengan arca monyet putih. Altar ini biasa digunakan oleh warga Tioghoa untuk memberikan persembahan atau sesaji.

6. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah-Wisata BanjarmasinMasjid sultan Suriansyah merupakan wisata Banjarmasin yang syarat akan nilai religi dan budaya. Masjid tertua di Banjarmasin ini disebut juga sebagai masjid kuin karena letaknya yang berada di kelurahan Kuin.

Jika diteliti dengan seksama, masjid Sultan Suriansyah meiliki ciri fisik yang hamper sama dengan masjid agung demak, kesamaan diantara keduanya yang paling menonjol adalah bentuk atap yang berundan dan menguncup. Keunikan masjid ini adalah peletakan tempat imam yang berbeda atap dengan atap utama masjid.

7. Masjid Sabilal Muhtadin

Masjid Sabilal Muhtadin-Wisata BanjarmasinMasjid Sabilal Muhtadin terletak di pinggiran Sungai Martapura, kelurahan Antasan Besar. Masjid yang mampu menampung 15.000 orang jamaah ini termasuk dalam tempat wisata Banjarmasin yang syarat akan nilai religi dan spiritual.

 

 

8. Pasar Intan Martapura

Pasar Intan MartapuraPasar Intan Martapura merupakan wisata Banjarmasin yang cocok bagi penggemar batu. Sebagai penghasil batu permata terbesar di Indonesia, Martapura memiliki hampir 100 toko yang berjajar di pasar intan martapura.

Untuk urusan kualitas anda tak perlu khawatir karena permata yang dijual di pasar ini sudah terbukti bagus. Jadi tak heran jika banyak wisatawan yang berasal dari Brunei dan singapure berburu pernak pernik assesoris di wiata Banjarmasin ini.

9. Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura

Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura-Wisata BanjarmasinPusat kuliner Martapura merupakan wisata Banjarmasin yang juga harus anda kunjungi ke kota intan. Letaknya tak jauh dari  Pasar Martapura, tepatnya di sekitar Jalan Hasanudin.

Di pusat kuliner Martapura anda bisa mencoba berbagai menu masakan khas Banjarmasin

seperti soto Banjar dan laksa. Selain itu terdapat pula menu nasi goreng  dan berbagi masakan daerah lain seperti masakan padang sebagai menu pelengkap.

10. Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan-Wisata BanjarmasinSasirangan adalah batik khas Banjarmasin yang memiliki warna-warna cerah. Batik Sasirangan dijual di Kampung Sasirangan, tepatnya di seberang masjid Kampung Melayu. Karena karakteristik batiknya yang unik, tak heran banyak sekali wisatawan yang tertarik mengunjungi wisata Banjarmasin yang satu ini untuk sekedar melihat proses pembuatan batik Sasirangan atau membeli oleh-oleh berupa kain Sasirangan, tas, dompet, baju, sprei atau pernak pernik tekstil lainnya yang juga terbuat dari batik khas Banjar.

Itulah 10 tempat wisata Banjarmasin yang siap membuat anda terpesona. Jadi jangan lupa mengunjungi 10 tempat wisata tersebut saat bertandang ke Banjarmasin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *