Rekomendasi Tempat Wisata Balikpapan

Wisata adalah hal yang selalu saja menarik untuk dilakukan, akan tetapi menentukan tempat wisata yang menarik dikunjungi terkadang sedikit menyulitkan. Karena alasan seperti inilah banyak orang yang akhirnya mempercayakan kebutuhan wisata mereka pada agensi perjalanan, padahal apa yang dianggap menarik oleh agen wisata belum tentu menarik menurut kepribadian seseorang.

Untuk memudahkan anda menentukan tujuan wisata, berikut rekomendasi 10 tempat wisata Balikpapan yang mungkin bisa anda jadikan salah satu tempat yang ingin anda kunjungi.

1. Pantai Kemala

Pantai Kemala-Wisata BalikpapanPantai Kemala merupakan wisata Balikpapan yang terletak di pusat kota. Pantai ini sangat mudah diakses dari manapun. Mungkin alasan ini jugalah yang membuat Pantai Kemala selalu ramai bahkan di hari-hari besar sekalipun.

Soal keindahan dan kebersihan, Pantai Kemala bisa diadu dengan pantai-pantai lainnya. Pantai Kemala memiliki pasir putih halus serta deburan ombak yang lumayan besar. Tak sedikit wisatawan menganggap Pantai Kemala memiliki keindahan yang hampir setara dengan Pantai Jimbaran di Bali.

Selain dapat menikmati panorama pantai, di wisata Balikpapan yang satu ini pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana seperti banana boat, jet sky atau flying fox.

2. Pantai Melawai

Pantai Melawai-Wisata BalikpapanPantai Melawai adalah tempat wisata Balikpapan terletak tak jauh dari Pantai Kemala. Keindahan yang ditawarkan Pantai Melawai akan sangat mempesona ketika senja tiba. Tak hanya itu, wisatawan juga akan dimanjakan dengan aneka hidangan khas banjar murah meriah yang digelar para pedagang saat senja tiba.

 

3. Taman Bekapai

Taman Bekapai-Wisata BalikpapanMasih sama dengan 2 wisata Balikpapan sebelumnya, Taman Bekapai juga terletak di pusat kota Balikpapan. Keunikan taman ini adalah adanya patung abstrak yang memancarkan air layaknya air mancur. Air yang keluar dari patung abstrak berwarna emas ini akan terlihat seperti pancuran minyak bumi saat malam hari. Pemandangan seperti sangat cocok untuk menggambarkan kota Balikpapan yang memang tersohor sebagai kota minyak.

4. Pantai Manggar Sari

Pantai Manggar Sari-Wisata Balikpapan BalikpapanLiburan anda di Balikpapan seakan tak lengkap jika belum bertandang ke tempat wisata Banjarmasin yang satu ini. Pantai Manggar Sari adalah tempat yang paling pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Pantai ini relatif aman bagi anda yang ingin mengajak anak-anak bermain di pantai maupun berenang. Itulah  sebabnya Pantai Manggar Sari akan selalu ramai ketika musim liburan tiba.

Selain berenang atau bermain pasir, wisata air seperti jet sky juga tersedia di tempat wisata Balikpapan yang satu ini. Bermain volley atau menerbangkan layang-layang juga menjadi alternatif kegiatan menarik yang dapat  dilakukan di pantai pasir hitam ini.

Puas bermain-main di area pantai, anda juga bisa menikmati aneka hidangan seafood. Seluruh kuliner yang dijual di warung-warung sekitar adalah kuliner laut dar bahan-bahan segar, jadi tak heran jika olahan sea food di Pantai Manggar terkenal memiliki citarasa yang nagih.

5. Pantai Lamuru

Pantai Lamuru-Wisata BalikpapanPantai Lamuru memiliki hamparan pasir luas serta landau sehingga cocok dijadikan tempat volley atau sepakbola pantai. Tak hanya itu, ombak di pantai ini juga tergolong tenag sehingga cocok digunakan untuk berenang.

Jika dibandingkan dengan Pantai Manggar Sari, Pantai Lamuru memiliki suasana yang lebih sepi sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang mencari tempat wisata Balikpapan untuk menenangkan diri sejenak.

Untuk mencapai Pantai Lamuru diperlukan perjalanan darat sekitar 30 menit dari pusat kota Balikpapan. Jalanan yang harus ditempuh pun bukanlah medan yang berat sehingga akan menjamin perjalanan anda terasa menyenangkan.

6. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip-Wisata BalikpapanTak jauh dari Pantai Lamuru terdapat wisata Balikpapan yang sangat terkenal, yaitu Penangkaran Buaya Teritip. Di tempat wisata seluas 5 Ha ini, anda bisa melihat 1500 ekor lebih buaya yang ditangkarkan. Tak hanya itu, anda juga bisa mencoba santap kuliner daging buaya hasil penangkaran. Sebelum meninggalkan teritip, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang terbuat dari kulit buaya seperti tas, dompet, atau gantungan kunci.

7. Kampong Atas Air Margasari

Kampong Atas Air Margasari-Wisata BalikpapanWisata Balikpapan lainnya yang sangat direkomendasikan adalah Kampong Atas Air Margasari. Sebenarnya Kampong Apung ini memang sengaja dibangun oleh pemerintah sekitar. Suasana di tempat wisata ini hampir mirip dengan perkampungan air vience yang ada di Eropa. Di Kampung Air ini  anda bisa leluasa berkeliling kampong menggunakan sampan dan juga membaur dengan aktifitas warga sekitar.

 

8. Bukit Bangkirai Balikpapan

Bukit Bangkirai merupakan tempat wisata Balikpapan yang cocok bagi anda para penggemar petualangan. Di bukit ini terdapat sebuah pohon bangkirai raksasa berdiameter 2,3 m dan tinggi lebih dari 50 meter. Menurut cerita, pohon ini telah berusia lebih dari 150 tahun.

Kegiatan yang wajib dicoba di Bukit Bangkirai adalah melintasi jembatan canopy atau jembatan kayu yang menghubungkan 5 pohon bangkirai.

9. Hutan Bakau Margomulyo

Hutan Bakau Margomulyo-Wisata BalikpapanHutan Bakau bukanlah hal langka di kawasan hutan tropis seperti Kalimantan. Akan tetapi ada hal yang berbeda dengan wisata Balikpapan nan hijau ini, yaitu jembatan yang melintasi konservasi mangrove. Dari Jembatan Kayu inilah pengunjung dapat menikmati view yang bagus serta udara yang begitu segar.

 

10. Pasar Kebun Sayur

Pasar Kebun Sayur-Wisata BalikpapanPuas berkeliling di tempat-tempat wisata Balikpapan, kini saatnya berbelanja oleh-oleh di Pasar Kebun Sayur. Di pasar ini anda bisa membeli berbagai macam oleh-oleh Balikpapan mulai dari makanan khas, kain, batu mulia, akik hingga peralatan khas Suku Dayak.

Itulah 10 tempat wisata Balikpapan yang sangat direkomendasikan. Tempat-tempat wisata Balikpapan tersebut sudah diurutkan berdasarkan jarak tempuhnya dari pusat kota Balikpapan. Jadi, jika anda ingin memulai tour dari pusat kota silahkan untuk memilih tempat wisata dari nomor 1 hingga 10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *