Tips Mencari Hotel Jogja Terbaik Saat Musim Libur Tiba

Sebagai daerah tujuan wisata utama, Jogja selalu ramai pada saat musim libur tiba. Karena itu bagi traveler yang mau melakukan kegiatan rekreasi di kota ini, harus tahu tips mencari hotel Jogja terbaik sehingga bisa berlibur dengan enak dan nyaman. Apalagi mengingat pada masa liburan tersebut tingkat huniannya selalu penuh dan ramai.

Cek OTA (Online Travel Agent)

Dalam dunia wisata, masa liburan sering disebut sebagai masa peak season, dimana sebagian besar kamar hotel selalu penuh oleh tamu. Jadi agar tetap mendapatkan penginapan sebaiknya melakukan pemesanan melalui OTA atau Online Travel Agent.

Melalui fasilitas tersebut, traveler dapat mengecek tarif, kelas hotel dan segala fasilitas yang tersedia sekaligus melakukan pemesanan. Sehingga wisatawan tidak perlu capek mendatangi semua hotel yang ingin dipilih guna mencari kamar inap.

Lokasi

Seperti daerah wisata lainnya, hotel Jogja juga mempunyai zonasi yang penentuannya selalu didasarkan atas lokasi yang strategis. Di kota ini, hotel yang letaknya dekat dengan kawasan Malioboro dan Keraton Yogyakarta dianggap sebagai zona ring satu yang selalu penuh ketika musim libur dengan tarif lebih mahal.

Untuk mengindari tarif yang mahal serta kemacetan, lebih disarankan memilih zona ring dua yang biasanya berada di seputaran Tugu atau belakang keraton. Namun apabila ingin suasana yang lebih tenang lagi, pilihan terbaiknya adalah zona ring tiga yang lokasinya ada di daerah Bantul, Sleman, Kaliurang dan sekitarnya.

Pemesanan

Tips memilih hotel Jogja berikutnya, lakukan pesanan jauh-jauh hari minimal satu minggu sebelum berekreasi ke Yogyakarta. Terutama sekali untuk wisatawan yang datang ke kota ini dengan kendaraan pribadi.

Namun apabila memakai alat transportasi umum, pemesanan harus dilakukan lebih dari satu pekan sebelum berangkat. Tujuannya adalah agar bisa memperoleh hotel yang dapat diakses dengan bus kota atau Trans Jogja. Sehingga nantinya tidak perlu banyak jalan kaki sebab jika memakai taksi atau ojek online pasti lebih boros dan sering terjebak kemacetan.

Hindari Pemesanan Secara Mendadak

Jangan pernah melakukan pemesanan hotel Jogja secara mendadak apalagi saat musim libur. Resikonya, pertama akan memperoleh hotel dengan tarif tinggi dan mencekik leher. Hampir semua pengelola hotel di jogja selalu menaikan tarif inap hingga lebih dari 2 kali lipat dari harga biasa apabila ada tamu yang datang atau memesan kamar secara mendadak.

Resiko kedua, hanya akan memperoleh hotel yang lokasinya tidak strategis dan sulit diakses. Bagi pelancong yang mengandalkan alat transportasi umum untuk mengelilingi obyek-obyek wisata, pasti akan merepotkan dan banyak waktu yang hilang percuma.

Informasi Hotel

Untuk tips terakhir, cari hotel Jogja yang berani mengasih informasi lengkap terkait dengan fasilitas beserta lokasinya. Misalnya apakah jaraknya cukup dengan obyek wisata yang ingin dikunjungi, menggunakan AC atau kipas angin dan sebagainya. Termasuk juga tempat parkir, khususnya bagi traveler yang datang dengan mobil maupun motor pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *