Tempat Wisata di Provinsi Papua Yang Harus Dikunjungi Wisatawan

Provinsi papua berada di pulau papua yang merupakan Provinsi terluas di Indonesia. Dahulunya Provinsi Papua adalah satu, namun pada tahun 2003 dibagi dua yaitu provinsi papua dengan ibukotanya jayapura dan provinsi papua barat dengan ibukotanya Manokwari.

Provinsi yang berada di ujung Timur Indonesia ini memiliki potensi wisata yang luar biasa dan merupakan gudangnya tempat wisata populer sehingga banyak diminati oleh wisatawan asing ataupun wisatawan domestik. Bagi anda warga Negara Indonesia sangat disayangkan bila tidak berwisata ke papua karena warga asing sangat mencintai keindahan alam papua yang menakjubkan.

Berikut ulasan selengkapnya tentang tempat wisata di provinsi papua yang harus dikunjungi oleh wisatawan.

1. Danau Sentani

Danau SentaniTempat wisata papua pertama kita mulai dengan wisata danau sentani yang berada di lereng pegunungan yang bernama Cagar Alam Cyclops. Danau yang paling luas di papua ini terlihat sangat indah karena dihiasi oleh beberapa pulau kecil yang berjumlah 21 pulau. Berbagai aktivitas menarik bisa anda lakukan di sini seperti memancing, berenang, diving dan berkeliling danau dengan menggunakan perahu dan beberapa aktivitas lainnya.

2. Lembah Baliem

Lembah BaliemLembah baliem adalah lembah yang berada di ketinggian 1600 mdpl di kawasan gunung jayawijaya. Dengan ketinggian tersebut sudah tentu cuacanya sangat dingin dan pada malam hari suhunya bisa mencapai 10 sampai 15 derjat Celcius. Keindahan di lembah ini sangat menakjubkan karena di kelilingi oleh deretan pegunungan yang sangat indah. Uniknya di lembah ini juga merupakan sebagai tempat kediaman suku-suku asli papua seperti suku dani, suku lani, dan suku yali. Mereka memakai pakaian tradisional koteka dan rok rumbai untuk wanitanya. Tentu merupakan suatu pengalaman yang langka bisa berinteraksi dan mempelajari kehidupan mereka yang unik.

3. Pantai Bosnik

Pantai BosnikTempat wisata papua selanjutnya adalah patai bosnik yang berada di Desa Woniki, Kec. Biak Timur, Kab. Biak Numfor. Pantai kebanggan masyarakat biak ini sangat populer dan ramai dikunjungi karena memiliki keindahan pantainya yang putih bersih. Bersantai di tepian pantai bosnik dengan hembusan angin semilir merupakan aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa menyewa saung yang telah disediakan ditepian pantai untuk bersantai sambil menikmati buah kelapa segar. Aktivitas seru lainnya seperti berenang dan menyelam menikmati terumbu karang yang indah menyedapkan mata dapat anda lakukan disini.

4. Danau Paniai

Danau PaniaiSelain danau sentani di wisata papua juga ada danau yang tak kalah indahnya yaitu danau paniai yang berlokasi di kawasan kabupaten paniai. Danau yang luasnya kira-kira 14.500 hektar ini memiliki keindahan yang sangat mengagumkan, masih asri dan telah diakui keindahannya oleh 157 negara melalui utusannya masing-masing pada konferensi danau sedunia yang dilaksanakan pada 30 November 2007. Dengan daya tarik tepian danau yang dihiasi oleh bebatuan dan hamparan pasir serta tebing-tebing tentu menambah keindahannya dan semakin asyiknya bersantai di danau paniai.

5. Puncak Jayawijaya

Puncak JayawijayaWisata alam puncak jayawijaya ini sangat populer dan menjadi tujuan wisata baik wisatawan Indonesia maupun wisatawan mancanegara. Puncak jayawisaya yang tingginya sekitar 4.884 mdpl ini memiliki keistimewaan yaitu terdapat salju abadi yang terhampar luas dan sangat jarang di temukan di Indonesia yang merupakan wilayah tropis. Keindahan alamnya sudah tak diragukan lagi dan telah diakui oleh pendaki dari penjuru dunia. Namun untuk mendaki puncak yang menjadi impian pendaki ini tidaklah mudah dan harus mendapat izin dari pihak berwenang.

6. Pantai Harlem

Pantai HarlemMeskipun pantai harlem tidak begitu tenar dan lokasinya terpencil, namun banyak wisatawan yang menyatakan bahwa pantai ini adalah pantai terindah di papua. Ombaknya yang tenang dan pasir putih bersih serta airnya yang bening sangat cocok untuk aktivitas snorkeling menikmati keindahan bawah lautnya. Lokasi pantai harlem berada di Tablanusu. Distrik Depepre, Kab. Jayapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *