Inilah 10 Tempat Wisata Di Pontianak Yang Tidak Boleh Terlewatkan!

Dikenal sebagai kota yang merupakan lokasi dari tugu khatulistiwa yang membagi bumi menjadi dua bagian yaitu utara dan selatan, Pontianak merupakan sebuah kota yang berlokasi di wilayah provinsi Kalimantan Barat.

Selain dikenal sebagai jalur garis imajiner, kota ini juga memiliki banyak sungai yang sangatlah besar dan salah satunya adalah sungai kapuas dan landak yang merupakan jalur transportasi masyarakat Kalimantan Barat.

Di balik megahnya kota Pontianak, ternyata berbagai tempat wisata di Pontianak ternyata telah menarik para wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk bertandang ke wilayah ini. Berikut ini jajaran tempat wisata di Pontianak yang bisa anda jadikan referensi saat berlibur di kota seribu parit itu.

1. Keraton Kadriah

Keraton Kadriah-Tempat Wisata Di PontianakTidak hanya di Yogyakarta saja anda akan menemukan sebuah keraton, namun di Pontianakpun anda juga bisa melihat keberadaan sebuah keraton yang disebut dengan keraton kadriah. Tempat wisata di Pontianak ini dibangun oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie pada tahun 1771 dan didominasi dengan warna kuning karena bangunannya memanfaatkan kayu belian yang terkenal akan kekuatannya.
Saat anda berkunjung ke tempat ini, maka anda akan disambut dengan meriam serta di dalamnya anda bisa melihat koleksi buku serta Alquran yang ditulis tangan oleh Sultan pertama kesultanan Pontianak.

2. Makam Kesultanan Batulayang

Makam Kesultanan Batulayang-Tempat Wisata Di PontianakBerlokasi di 2 km dari tugu khatuslistiwa, tempat wisata di Pontianak yang disebut dengan makam kesultanan batulayang ini merupakan makam tujuh sultan Pontianak dan juga keluarganya. Saat anda memasuki makam ini, maka anda harus menunduk karena pintu masuk makam yang dibuat agak rendah, sehingga hal ini merupakan wujud penghormatan kepada ketujuh Sultan. Pada sisi luar komplek, anda akan menemukan sebuah batu berwarna hijau yang dinamakan Batulayang.

3. Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak-Tempat Wisata Di PontianakMasjid yang merupakan saksi bisu sejarah kota Pontianak ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Sultan Syarif Adburrahman. Tempat wisata di Pontianak yang satu ini didesain dengan gaya rumah panggung sehingga akan terhindar dari banjir.
Masjid yang memiliki empat tingkat atap ini mampu menampung jumlah jamaah sebanyak 1.500 orang. Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, maka anda hanya bisa menempuh jarak 200 meter dari keraton Kadriah.

4. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa-Tempat Wisata Di PontianakTugu khatulistiwa merupakan bangunan kebanggaan warga Pontianak yang terletak di 3 km dari pusat kota. Tempat wisata di Pontianak ini didesain dengan menggunakan kayu belian yang sangatlah kuat, di mana pada salah satu pilar terdapat tulisan “evenaar”. Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini disarankan untuk datang pada 21-23 Maret atau pun pada 21-23 September di mana posisi matahari terletak di atas garis khatulistiwa.
Bagi anda yang menginginkan sertifikat kunjungan yang ditanda tangani wali kota, maka anda bisa mendapatkannya dengan membayar Rp 10.000.

5. Rumah Betang Radaking

Rumah Betang Radaking-Tempat Wisata Di PontianakBerlokasi di jalan Sultan Syahrir, Rumah Betang Radaking ini merupakan replika rumah adat dari suku Dayak. Keberadaan rumah adat ini ternyata membawa ketenaran pada Pontianak karena rumah adat ini dinobatkan sebagai rumah adat terpanjang dengan panjang yang mencapai 138 meter, lebar 5 meter dan tinggi 7 meter.
Tempat wisata di Pontianak ini dibuat dengan bahan baku yang berupa kayu ulin yang didekorasi dengan ukiran khas Dayak. Pada kesempatan tertentu, rumah Betang Radaking ini digunakan oleh beberapa orang sebagai tempat untuk latihan menari.

6. Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun Alun Kapuas-Tempat Wisata Di PontianakTaman alun-alun kapuas merupakan salah satu tempat wisata di Pontianak yang keberadaannya tidak bisa dipisahkan dari warga Pontianak yang memang memanfaatkan sungai ini sebagai jalur transportasi air.
Di taman ini, anda bisa menjumpai sebuah replika tugu khatulistiwa yang di kelilingi dengan beberapa bangku untuk tempat bersantai para pengunjung. Taman yang dibangun di atas tanah seluas 3 hektar ini berlokasi di depan kantor walikota Pontianak.

7. Aloe Vera Center

AloeVera Center-Tempat Wisata Di PontianakBagi anda penggemar olahan berbahan dasar lidah buaya, maka sangat disarankan untuk mengunjungi aloe vera center yang berlokasi di jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara. Di tempat wisata di Pontianak ini, anda bisa melihat budi daya lidah buaya beserta cara mengolahnya untuk menjadi dodol, tepung serta permen. Jangan lupa untuk berbelanja produk lidah buaya sebelum meninggalkan tempat ini.

 

8. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang-Tempat Wisata Di PontianakPantai Pasir Panjang merupakan salah satu tempat wisata di Pontianak yang menyajikan suatu pemandangan alam pantai dengan air yang jernih serta pasir putihnya yang indah. Terletak di 17 km dari kota Singkawang, pantai ini juga memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari hotel, restaurant, tempat shopping dan masih banyak lagi. Bagi anda yang berniat mengunjungi tempat ini wajib membayar Rp 10.000.

9. Sinka Island Park

Sinka Island Park-Tempat Wisata Di PontianakBerada di teluk Ma’jantuh, sinka island park merupakan tempat wisata di Pontianak yang digolongkan sebagai tempat rekreasi yang cukup unik. Di tempat ini, anda bisa menemukan sebuah kebun binatang yang memiliki 200 hewan yang terdiri dari 62 spesies. Untuk tiket masuknya, anda dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.
Selain itu, anda juga bisa menikmati kendahan pantai banjau dengan membayar sebesar Rp 20.000. Hal yang paling unik di tempat ini adalah bahwa anda bisa berkunjung ke pulau Simping yang merupakan pulau terkecil di dunia dengan hanya menyeberang jembatan kayu dengan membayar Rp 15.000.

10. Museum Kalimantan Barat

Museum Kalimantan Barat-Tempat Wisata Di PontianakDikenal dengan nama museum negeri pontianak, tempat bersejarah ini berlokasi di jalan jendral ahmad yani. Salah satu tempat wisata di Pontianak ini merupakan sebuah bangunan yang dibagi menjadi tiga bagian yang didasarkan pada jenis barang yang disimpannya.
Dalam bangunan ini, anda bisa menemukan beberapa benda seperti artefak, koleksi kerajaan, koleksi seni dan masih banyak lagi. Bagi anda yang ingin berkunjung ke sana, maka anda bisa datang pada hari selasa sampai kamis pukul 08.00-16.00 sedangkan pada hari Jumat-Minggu, museum ini dibuka pada jam 08.00-15.00.

Ketika anda mengunjungi Pontianak, maka anda wajib berkeliling ke beberapa tempat wisata di Pontianak yang akan menawarkan keindahan alam serta nilai sejarah yang sangat kental. Keberadaan beberapa tempat wisata di Pontianak juga merupakan simbol kebanggan kota tersebut.

Tugu khatulistiwa merupakan salah satu contoh tempat wisata di Pontianak yang telah menjadi ikon kota tersebut dan dikenal oleh masyarakat luas. Dengan banyaknya tempat wisata di Pontianak, tidak mengherankan jika kota ini juga dijadikan destinasi wisata di hari libur.

One thought on “Inilah 10 Tempat Wisata Di Pontianak Yang Tidak Boleh Terlewatkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *