Pelesir Ke Pekanbaru Dan Beberapa Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi

Pekanbaru adalah salah satu kota yang berprovinsi di Riau. Nah anda tentu belum banyak yang mengetahui kalau Pekanbaru memiliki banyak sekali panorama alam yang indah. Diantaranya adalah wisata alam dan kebudayaan. Di sana anda akan sangat kagum, sebab pemandangan alam yang ada di sana memang benar-benar luar biasa dan belum banyak digembar-gemborkan.

Seperti yang kita tahu, bahwa Pekanbaru adalah kota bisnis yang sangat besar. Banyak perusahaan pengolah sawit berada di Pekanbaru. Tak hanya itu saja, anda juga dapat melihat budaya Melayu yang memang benar-benar lekat di sana. Tak hanya itu saja, anda juga memiliki beragam hal yang lain agar anda dapat menikmati segala keragaman budaya di tempat wisata di Pekanbaru.

Memang, adat Melayu sangat kental, jadi tak heran anda akan menyaksikan banyak sekali orang yang memakai baju kurung dan tentu itu adalah bagian dari human interesting yang bisa anda kenali dengan dekat. Meskipun begitu, anda juga bisa belajar bisnis di kota ini. Anda juga jangan meremehkan kota ini, bukan berarti kalau di sini adalah kota bisnis tidak memiliki tempat wisata di Pekanbaru.  Malah banyak wisata yang dapat anda kunjungi selama anda di Pekanbaru. Berikut langsung saja kita simak uraian berikut ini:

1. Riau Fantasi

Riau Fantasi-Tempat Wisata Di PekanbaruAnda bisa ke tempat wisata di Pekanbaru yang menantang. Salah satunya adalah Riau fantasi. Kalau di Jakarta mirip dengan yang namanya Ancol. Riau fantasi menyuguhkan berbagai wahana permainan yang cukup menantang dan wajib dicoba. Ada dua wahana yang bisa dipilih saat anda berada di tempat wisata di Pekanbaru ini. Terbagi menjadi dua, yakni wahana basah dan wahana kering.

Wahana yang basah meliputi kolam renang yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti seluncuran, kolam pancuran air. Nah yang menarik ada ember raksasa yang dapat menampung sejumlah 3000 liter air yang akan mengguyur para pengunjung saat ember sudah penuh. Maka dari itu, bukanlah kemustahilan, rasa stress anda akan terbayar.

Untuk wahana kering, anda juga bisa uji nyali dengan roler coster, kereta wisata, dan juga komedi putar. Tentu ini terasa lebih menyenangkan dan juga lebih seru kalau kita bersama teman-teman. Sensasi takut dan deg-degan pasti sangat tak terlupakan.

Baca Juga : Indahnya Wisata di Wahana Riau Fantasi

2. Taman Rekreasi Alam Mayang

Alam Mayang-Tempat Wisata Di PekanbaruSalah satu tempat wisata di Pekanbaru adalah taman rekreasi alam mayang. Ini adalah tempat yang sangat cocok untuk keluarga. Tentu saja ini satu pilihan yang terbaik bagi anda sekeluarga yang ingin melakukan suatu kebersamaan bersama keluarga. Anda juga  bisa melakukan mancing mania.

Ada kolam pemancingan yang bisa membuat anda santai sejenak. Anak-anak bisa diajak untuk flying fox, film 3 dimensi, dan outbond. Nah kalau mau lebih santai bisa melakukan sepeda air yang jauh lebih mudah dilakukan.

Baca Juga : Wisata Alam Mayang, Semua yang Anda Cari Ada Disini

3. Danau Buatan Lembah Sari

Danau Buatan Lembah Sari-Tempat Wisata Di PekanbaruKalau anda mau merasakan sensasi sejuk, datanglah ke danau Lembah Sari. Danau buatan ini memang dulunya hanya untuk irigasi untuk kegiatan di sekitarnya. Namun kini sudah dikembangkan sebagai tempat wisata di Pekanbaru. Bagi anda yang ingin piknik, juga bisa dilakukan disini.

Anda bisa membuat acara piknik bersama kawan-kawan ataupun dengan keluarga tercinta. Dijamin sangat menyenangkan sekali bisa bersantai di pinggir danau buatan ini. Disewakan pula perahu dayung kalau anda berniat untuk menikmati langsung mengitari danau. Tepatnya wisata yang satu ini berada di kecamatan Rumbai, Pekanbaru

Baca Juga : Panorama Keindahan Danau Buatan Lembah Sari

4. Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim-Tempat Wisata Di PekanbaruTempat wisata di Pekanbaru yang bisa diakses dalam waktu 30 menit dari kota Pekanbaru adalah kebun binatang sang Kulim. Ada berbagai hewan yang bisa kita temui, utamanya yang kini dianggap akan punah. Seperti hewan ular, burung, dan landak. Seluas 10 hektar tentu sangat menyenangkan untuk dieksplor.

Dengan 10 ribu anda juga bisa naik gajah dalam waktu 10 menit. Untuk harga tiket masuk di tempat wisata di Pekanbaru ini dibandrol 20 ribu rupiah. Untuk usia anak-anak dibandrol dengan harga 10 ribu saja. Anak-anak juga disediakan wahana seperti seluncuran dan sebagainya. Anak-anak dijamin sangat suka.

Baca Juga : Rekreasi Semakin Berkesan Bersama Kebun Binatang Sang Kulim

5. Anjungan Seni Idrus Tintin

Jika anda sedang berkunjung di provinsi Riau jangan hanya ke mall saja, cobalah ke situs bersejarah sekaligus tempat hiburan seni di Anjungan Seni Idrus Tintin. Salah satu tempat wisata di pekanbaru ini adalah bangunan yang letaknya di arena purna MTQ Pekanbaru provinsi Riau. Desainnya sangat kental dengan khas melayu yang indah, unik, dan menarik yang bentuknya mirip dengan istana jika dilihat dari luar. Gedung ini mempunyai tiga lantai yang didesain sangat unik dan menarik. Di dalamnya terdapat hasil karya seniman-seniman terkenal di Pekanbaru, dan tak lupa penghargaan yang diperoleh Idrus Tintin juga dipajang ditempat ini.

Baca Juga : Tempat Seni Bersejarah Anjungan Seni Idrus Tintin

6. Istana Siak Sri Indrapura

Sebagai peninggalan Kerajaan Siak, istana  ini kini menjadi tempat wisata di Pekanbaru yang populer. Siak adalah kerajaan Islam terbesar di abad 16-20.  Anda bisa menyaksikan berbagai peninggalan yang sangat berharga. Mulai dari lukisan Napoleon Bonaparte, patung dari batu pualam yang bertahtakan berlian, dan sebagainya.

Ini juga menunjukkan betapa kerajaan Siak sudah menjalin kerja sama yang baik dengan bangsa Eropa maupun dunia internasional lainnya. Anda hanya dimintai karcis sebesar 3000 saja. Nah saat anda memasuki bangunan utama, anda diwajibkan melepaskan alas kaki, karena takut merusak granit yang ada di dalam. tempat wisata di Pekanbaru ini memang akan menambah wawasan anda.

7. Masjid Agung An Nur Pekanbaru

Jika Anda berkunjung ke Pekanbaru Riau, Anda akan menemui sebuah bangunan masjid yang mirip sekali dengan Taj Mahal. Jadi Anda pun tak perlu jauh-jauh untuk pergi ke India. Hanya saja perbedaanya Masjid Agung An Nur yang ada di Riau ini lebih didominasi dengan warna hijau. Bagian dalam dari masjid ini begitu nyaman sekali. Suasana di dalam masjid terasa sejuk dan tersedia berbagai fasilitas pendukung yang lengkap. Jika Anda sedang berwisata dan mengeksplor tempat wisata di Pekanbaru, Riau tidak ada salahnya berkunjung ke masjid ini karena Masjid Agung An Nur ini sangat cocok sekali untuk dijadikan wisata religi.

Baca Juga : Wisata Religi Masjid Agung An Nur

8. Pasar Bawah Pekanbaru

Berwisata ke tempat wisata di Pekanbaru tanpa membawa oleh – oleh, serasa ada yang belum sempurna. Apalagi jika Anda termasuk dalam kategori orang yang suka berbelanja. Tak lengkap jika tak singgah di Pasar Bawah yang merupakan Pasar tertua di Kota Pekanbaru. Pasar ini terletak di tepi Sungai Siak dan di sebelah utara Pekanbaru yang merupakan pusat perbelanjaan yang menyediakan barang – barang antik dari dalam maupun luar negeri. Pasar Bawah Pekanbaru ini menyajikan aneka oleh – oleh khas Kota Pekanbaru dan juga luar negeri, jadi tidak perlu menyeberang ke negeri tetangga, cukup berkunjung ke Pekanbaru dan singgah di Pasar Bawah ini.

Baca Juga : Surga Belanja di Pasar Bawah Pekanbaru

9. Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman HS-Tempat Wisata Di PekanbaruWisata ke perpustakaan? Jangan anda kira ini seperti perpus lain yang membosankan dan sunyi. Kalau anda ke tempat wisata di Pekanbaru ini dijamin menambah ilmu anda. perpustakaan ini dari luar berbentuk meja membaca Alquran. Sangat lengkap dan nyaman. Perpus ini dinamai SOeman H.S sebagai nama novelis Riau. Anda bosan di dalamnya? Jangan khawatir, di sini ada café, mushola, kamar mandi, auditorium, dll.

Anda membutuhkan  literature Melayu? Datanglah ke tempat ini. Karena koleksi literarur Melayu terbesar ada di tempat ini.

Baca Juga : Ayo Berwisata Edukasi Ke Perpustakaan Soeman H.S – Termegah Di Indonesia Dan Terbaik Di Asean

Itulah beberapa tempat tujuan wisata di Pekanbaru yang bisa anda kunjungi saat bertandang ke sana. Sebenarnya selain daftar di atas, Pekanbaru masih memiliki daya tarik lain dari beberapa wisatanya. Bila anda memiliki rencana pergi ke sana, anda bisa menyiapkan perbekalan baik itu materi maupun fisik.