Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Jogja merupakan salah satu kota destinasi wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak heran waktu liburan datang kota yang dikenal dengan sebutan kota gudeg ini ramai dikunjungi para wisatawan. Salah satu tempat wisata di Jogja yang populer adalah Jalan Malioboro.

Di sepanjang Jalan Malioboro terdapat toko-toko dan pedagang kaki lima yang menawarkan pengalaman wisata belanja dan kuliner. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati wisata sejarah seperti objek wisata candi, keraton, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati wisata alam seperti menikmati keindahan pantai Parangtritis, Goa Jomblang, Gunung Merapi, dan lainnya.

Nah, jika Anda berencana menghabiskan liburan di Kota Gudeg ini, pastinya Anda membutuhkan informasi mengenai tempat wisata di Jogja yang sesuai dengan harapan Anda dan keluarga. Dalam artikel ini kita akan memberikan referensi yang bisa Anda jadikan pilihan.

Berikut Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi :

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis-Tempat Wisata Di JogjaPantai Parangtritis Merupakan pantai paling populer di Jogja. Adapun jaraknya sekitar 27 km dari Kota Jogja dan mudah diakses dengan kendaraan umum. Salah satu tempat wisata di jogja yang sangat popular ini menawarkan keindahan pantai yang eksotik dan penuh dengan keistimewaan yang membuat siapa saja berkunjung akan takjub. Menikmati sunset di pantai parangtritis merupakan suatu pengalaman yang tak terlupakan. Anda bisa menikmati keindahan seluruh pantai parangtritis diatas tebing Gembirawati yang terletak di belakang pantai dan di tebing ini tepatnya di sebelah timur terdapat sebuah reruntuhan Candi Gembirawati. Selain itu di pantai ini terdapat sarana bermain seperti kendaraan ATV yang akan memacu adrenalin, kendaraan bendi yang akan membawa anda berjalan di sekitar pantai. Dan masih banyak lagi keistimewaan lainnya di pantai parangtritis ini.

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur-Tempat Wisata Di JogjaTempat wisata di jogja selanjutnya adalah Candi Borobudur yang sangat megah dan telah diakui oleh UNESCO. Candi Borobudur tentu sangat terkenal di dunia sebagai bangunan dengan karya seni yang tak ada tandingannya. Di candi Borobudur anda bisa melihat pahatan di dinding candi lebih kurang 2672 panel relief dengan panjang hingga 6 km yang tersusun berjajar. Di puncak Candi tepatnya di stupa induk anda bisa melihat keindahan alam lainnya di sekitar candi seperti Gunung Merapi, Gunung Sindoro, perbukitan menorah, Dan nikmatnya mnyaksikan sunset Sehingga anda akan betah berlama lama untuk berada di candi yang sangat fenomenal dan bersejarah ini.

3. Gua Jomblang

Gua Jomblang-Tempat Wisata Di JogjaGua Jomblang merupakan salah satu tempat wisata di jogja dengan keindahan alam yang sangat mempesona. Pemandangan yang asri kehijauan, bermacam jenis lumut, pohon-pohon yang rindang, hutan purba yang sungguh unik, stalagmit dan stalaktit, bebatuan Kristal indah yang menghiasi keindahan lorong-lorong gua. Uniknya Gua Jomblang ini terhubung dengan gua lainnya yaitu Gua grubug melalui lorong dengan panjangnya sekitar 300 meter. Adapun yang paling istimewa di gua ini adalah sungai bawah tanahnya yang mengalir deras ditambah dengan sinar matahari yang menembus ke gua seakan cahaya surga yang menambah keagungan dan keistimewaan gua. Masuk ke gua jomblang ini wajib memakai peralatan dengan lengkap sesuai dengan standar yang telah ditentukan dan tentu dibimbing oleh penelusur gua yang professional.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan-Tempat Wisata Di JogjaCandi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata di jogja yang selalu ramai dikunjungi wisatawan karena arsitekturnya yang sangat cantik. Hampir setiap orang yang berkunjung ke candi ini akan menyebutnya Sangat Luar Biasa. Tinggi Candi Prambanan sekitar 47 meter, lebih tinggi sedikit dari candi Borobudur. Candi ini sangat kental dengan sejarah pembuatannya yang sangat terkenal. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke candi prambanan yaitu pada sore hari karena anda dapat menikmati sunset yang menakjubkan di candi prambanan. Lokasi candi prambanan ini tepatnya di Desa Prambanan yaitu perbatasan jogja dan Jawa Tengah. 

5. Kebun Binatang Gembiraloka

Kebun Binatang Gembiraloka-Tempat Wisata Di JogjaKebun Binatang Gembiraloka ini alamatnya di jl. Kebun Raya No. 02 Kotagede, DI Yogyakarta. Hingga saat ini kebun binatang ini masih menjadi tempat wisata di jogja yang sangat populer karena dikelola dengan baik dan professional. Memiliki banyak koleksi satwa langka, seperti : Reptila, Mamalia, Amfibia, Aves, Pisces dan berbagai macam koleksi satwa lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Suasananya yang sangat asri dipenuhi dengan taman-taman yang hijau dan beragam bunga dan pepohonan yang indah sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Fasilitas yang disediakan di sini sangat lengkap dan berbagai macam sarana permainan.

6. Gunug Merapi

Gunug Merapi-Tempat Wisata Di JogjaTempat wisata di Jogja yang populer lainnya adalah gunung merapi yang merupakan satu-satunya gunung api yang ada di Yogyakarta dan kabarnya paling aktif sedunia dengan ketinggian sekitar 3079 M di atas jogja. Keindahan gunung merapi jogja ini adalah larvanya yang berguguran yang terang benderang. Gunung ini memiliki keindahan, kemegahan dan menjadi kebanggaan pulau jawa dan indonesia. lokasinya berada di 4 wilayah seperti Sleman Yogyakarta, Kab. Magelang, Kab. Boyolali, dan klaten.

7. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta-Tempat Wisata Di JogjaKeraton Yogyakarta merupakan tujuan utama wisatawan di jogja baik wisatawan domestik ataupun mancanegara. Pendirinya adalah Sultan Hamengku Buwono I pada Tahun 1755. Tempat wisata di jogja yang satu ini banyak menyimpan berbagai benda kebudayaan milik kesultanan. Selain itu di keraton juga ada bebera pertunjukan yang bisa anda nikmati seperti wayang kulit, wayang orang karawitan, dll.

8. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro-Tempat Wisata Di JogjaJalan malioboro ini bukan hanya sekedar jalan biasa, namun sudah menjadi salah satu tempat wisata di jogja yang sangat populer dan sangat terkenal hingga di luar negeri. Setiap harinya jalan malioboro ini selalu ramai apalagi pada hari libur akan makin padat hingga meluber ke badan jalan. Malioboro telah menjadi pusat perbelanjaan di jogja. Bermacam barang di jual di  sepanjang jalan ini seperti cinderamata antik, bermacam pernak pernik, batik dengan bermacam motif, perhiasan, kerajian tangan, dan bermacam barang yang bisa anda borong di sini. Malioboro ibarat surganya belanja. Selain itu suasananya juga sangat nyaman dan anda akan betah berlama-lama di malioboro ini. Di jalan malioboro ini juga menjadi tempat para seniman beraksi memperlihatkan keterampilan mereka.

9. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari-Tempat Wisata Di JogjaIstana Air Taman Sari ini berlokasi di Jl. Taman, Yogyakarta dan berdekatan dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Menurut sejarah, Istana ini dibangun pada tahun 1758 sampai 1765 pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono 1 yang difungsikan sebagai benteng pertahanan dan sebagai tempat rekreasi dan bermain para anggota keluarga kerajaan. Saat ini Istana Air Taman Sari merupakan salah satu tempat wisata di jogja yang wajib untuk dikunjungi. Arsitek bangunan ini sangat indah dengan gaya khas Eropa kuno akan membuat siapa saja berkunjung akan takjub. Di Istana ini ada beberapa kolam pemandian raja dan keluarganya dengan airnya yang bening yang terbagi dalam beberapa bagian, beberapa peralatan kerajaan yang masih utuh dan tempat – tempat penting pada masa kerajaan dulu. Anda bisa bersantai di atas menara tingkat tiga di istana ini menikmati pemandangan dari atas menara melihat taman sari yang indah dengan bunga-bunga yang cantik dan danau buatannya menambah keistimewaan istana ini.

10. Taman Pelangi / Taman Lampion

Taman Lampion-Tempat Wisata Di JogjaTaman Pelangi memiliki nama lain yaitu Taman Lampion Monumen Jogja Kembali atau disingkat menjadi Monjali. Taman Pelangi adalah tempat wisata di jogja sebagai tempat hiburan dan rekreasi pada malam hari. Sesuai dengan namanya, taman ini dihiasi oleh pelangi yang indah. Uniknya pelangi itu terbuat dari lampion yang menyala persis seperti pelangi. Selain pelangi, lampion-lampion di taman ini juga berbentuk bermacam rupa dan berwarna warni, seperti bentuk tumbuh-tumbuhan, binatang, tokoh kartun, wajah pemimpin kita, dan bermacam bentuk lainnya yang semuanya terbuat dari lampion. Sungguh menakjubkan menghabiskan waktu di negeri sejuta lampion ini. selain itu di taman ini banyak wahana bermain lainnya yang menambah keceriaan malam anda bersama keluarga. Taman Pelangi berlokasi  di Jl. Ring-Road Utara.

 

2 thoughts on “Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *