Ayo Berwisata Bersama Ke Provinsi Jambi

Musim liburan asik banget jalan-jalan bersama keluarga, mengunjungi tempat rekreasi, taman bermain maupun wisata lainnya. Kamu wisata kemana? Buat kalian-kalian yang tinggal di provinsi Jambi atau mau liburan ke Jambi tenang aja. Saya akan memberikan referensi-referensi tempat wisata di Jambi untuk kalian dan pastinya tidak kalah dengan tempat wisata seru lainnya yang ada.

Memang provinsi Jambi masih belum terlalu maju seperti provinsi-provinsi lain yang ada di pulau Sumatera seperti Sumatera Barat ataupun Sumatera Utara, tapi bukan berarti tidak ada tempat wisata di Jambi yang bisa dikunjungi. Berikut ini tempat wisata di Jambi yang bisa kamu datangi yaitu:

1. Ancol Jambi

Ancol-Tempat Wisata Di JambiBukan hanya Jakarta saja yang punya Ancol, provinsi Jambi juga memiliki Ancol. Ancol ini terletak dikota Jambi tepatnya di kawasan sepanjang pinggiran sungai Batang Hari yang terkenal sebagai sungai terpanjang di pulau Sumatera. Ancol Jambi ini merupakan tempat wisata di Jambi cocok untuk keluarga yang ingin menikmati hari liburnya dengan bersantai, makan bersama.

Banyak pedagang jagung bakar yang berjualan di sekitar pinggiran kawasan sungai batang hari. Selain jagung bakar, juga ada makanan-makanan lainnya seperti nasi goreng, mie goreng, sate Padang, sate Madura, bakso dan ragam makanan lainnya. Kawasan ini free tidak ada biaya masuk, kamu cukup membayar uang parkirannya saja.

2. Taman Rimba

Taman Rimba-Tempat Wisata Di JambiTaman rimba, merupakan tempat wisata di Jambi berikutnya, Taman Rimba atau biasa disebut kebun binatang Merupakan tempat wisata keluarga yang paling banyak dikunjungi. Ada berbagai macam hewan didalamnya mulai dari beruang madu, siamang, buaya, harimau Sumatera, berbagai jenis burung, gajah, kelinci dan satwa-satwa kebun binatang lainnya.
Memang kebun binatang yang ada di kota Jambi belum terlalu banyak seperti di kota-kota lainnya tetapi ini bisa dikatakan cukup sebagai kawasan kebun binatang.

3. Kampung Rajo

Kampung Rajo-Tempat Wisata Di JambiUntuk kalian-kalian yang ingin bermain wisata air, flying fox, gokar, painball, mobil buggie, kolam renang, sepeda air dan masih banyak lagi permainan yang bisa kamu nikmati di tempat wisata di Jambi yang satu ini. Kampung Rajo terletak di kawasan Simpang Rimbo setelah Terminal Alam Barajo kota Jambi. Untuk masuk kedalam tempat wisata ini, kamu bisa membayar Rp. 40.000,-/orangnya dan sudah termasuk tiket permainan tetapi bisa datang ketempat berbagai macam  wahana yang kamu suka.

4. Gentala Arasy

Gentala Arasy-Tempat Wisata Di JambiGentala arasy merupakan bangunan masjid yang terletak seberang sungai Batang Hari. Banyak orang-orang yang datang ketempat ini untuk menghabiskan waktu santainya disore hari. Untuk sampai ke Gentala Arasy, kamu bisa melewati aurdury ataupun jembatan Batang Hari di daerah Kasang. Selain itu juga terdapat jembatan penghubung untuk ke Gentala Arasy ini melalui Ancol.

Jembatan ini hanya khusus untuk para pejalan kaki saja. Jembatan penghubung antara Gentala Arasy ini memotong tepat diatas kawasan Ancol dan sungai Batanghari, pada malam harinya jembatan penghubung ini terlihat sangat cantik dengan lampu kerlap-kerlipnya dan suasana di atas jembatan tersebut sangat nyaman. Gentala arasy ini bisa dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Jambi yang bisa kamu coba kunjungi terutama dimalam hari.

5. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci-Tempat Wisata Di JambiUntuk para pecinta alam yang suka mendaki gunung, kamu bisa mengunjungi kawasan Gunung Kerinci ini, sebagai tempat wisata di Jambi bersama teman-temanmu. Gunung Kerinci terletak di kabupaten Kerinci, merupakan gunung api tertinggi di Indonesia dengan puncak tertingginya. Ketinggian gunung kerinci mencapai 3.805 mdpl.

Untuk dapat mencapai  puncak gunung  ini kamu bisa menghabiskan waktu kurang lebih selama tiga hari atau satu minggu untuk naik dan turun. Gunung Kerinci ini dikelilingi oleh hutan Taman Nasional Kerinci Sablat.

6. Danau Kaco

Danau Kaco-Tempat Wisata Di JambiDanau Kaco memiliki air dengan pantulan yang sangat bening berwarna kebiruan. Danau ini berada di ketinggian diatas permukaan air laut yaitu 1289 mdpl dan danau ini hanya memiliki luas kira-kira 30 x 30 meter. Danau ini memiliki pesona keindahan yang menawan. Danau kaco berada di Desa Lempur dan termasuk dalam kawasan taman nasional  Kerinci Sablat. Untuk menempuhnya harus menempuh 2 jam perjalanan jika dari sungai penuh untuk sampai ke Danau Kaco ini. Selain mendaki gunung di kawasan  Kerinci, kamu juga bisa menikmati pesona danau Kaco dan  bisa menjadi tempat wisata di Jambi paling favorit.

7. Taman Anggrek

Taman Anggrek-Tempat Wisata Di JambiKebun anggrek ini terletak di kawasan perkantoran gubernur, Telanai Pura kota Jambi. Untuk dapat masuk kedalam Taman Anggrek ini kamu hanya membayar uang retribusi sebesar Rp. 5000,- setiap orangnya. Didalam Taman Anggrek ini tentu saja terdapat berbagai macam / jenis bunga-bunga angrek yang jika sedang mekar maka akan terlihat sangat cantik.
Jangan melewatkan moment liburan berhargamu dengan tidak mengunjungi tempat wisata di Jambi ini.

8. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro-Tempat Wisata Di JambiPerkomplekan Candi Hindu Budha yang paling luas terletak di provinsi Jambi, tepatnya di kabupaten muara Jambi. Candi ini selalu ramai pengunjung di hari-hari libur, selain itu  juga para pengunjung yang datang tidak hanya sekedar berwisata tetapi ada juga yang datang untuk beribadah di candi tersebut. Kamu bisa merasakan kawasan alami tempat wisata di Jambi.
Terdapat beberapa candi dengan bangunan bata merah di lokasi candi ini dan juga ada museumnya. Untuk fasilitas permainan yang bisa kamu nikmati yaitu bersepeda dengan biaya sewa sebesar Rp.10.000,-/sepeda sedangkan biaya retribusi masuk ke kawasan candi ini yaitu Rp.7.000,-/orangnya tapi tidak tahu sekarang sudah naik atau belum.

9. Wisata Belanja

Wtc Jambi-Tempat Wisata Di JambiDimanapun kamu berada pasti kurang lengkap rasanya bila tidak belanja pada saat sedang liburan. Kawasan perbelanjaan yang bisa kamu kunjungi seperti mal yaitu WTC Jambi, mall Jambi Town Square, Trona mall, Lippo mall, Mall kapuk. Sedangkan untuk kamu yang suka belanja ditempat-tempat yang bisa ditawar harganya, kamu bisa ke kawasan pasar masjid dan pasar bawah Mega.

Di kawasan pasar masjid ini terdapat berbagai macam barang yang diperjual belikan mulai dari baju, sepatu/sandal, peralatan rumah tangga sedangkan pasar bawah mega ini banyak terdapat keramik-keramik, barang-barang antik dan barang-barang import lainnya. Kamu pasti tergiur dengan tempat wisata di Jambi ini.

10. Arena MTQ

Arena Mtq-Tempat Wisata Di JambiArena MTQ provinsi Jambi sangatlah terkenal, sering sekali diadakan perlombaan baca Al-quran dikawasan ini. Arena MTQ ini terletak di seberang bandara Sultan Thaha kota Jambi, tepatnya di satu komplek Taman Rimba. Di kawasan arena MTQ ini kamu bisa melihat berbagai macam replika rumah adat yang ada dikawasan provinsi Jambi.

Kamu bisa mengambil photo-photo dengan latar gambar yang menarik  tempat wisata di Jambi ini. Jangan lewatkan tempat wisata di Jambi yang satu ini sebelum pulang

Itulah 10 tempat wisata di Jambi. Meski diatas hanya ada 10, namun tidak berarti di Jambi hanya ada 10 tempat wisata di Jambi yang bisa kamu kunjungi. Masih banyak yang lainnya yang belum di-share dalam artikel ini.