Inilah 3 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Belum Banyak Diketahui

Setiap kali anda mendengar kata Jakarta, maka yang ada di dalam benak adalah sebuah kota yang sibuk, berpolusi dan tentunya kota yang sangat membosankan dengan segala aktivitas kesehariannya.

Di balik itu semua, Jakarta juga menyimpan sebuah hal yang unik dan layak untuk diketahui lebih mendalam. Hal inilah yang tidak banyak diketahui oleh wisatawan yang berasal dari luar daerah. Padahal, wilayah Jakarta ini juga memiliki tempat wisata yang sangat menarik bahkan anda tidak akan menemukan tempat semacam ini di daerah lain.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Jakarta yang sebagian besar belum diketahui oleh wisatawan yang berkunjung ke kota metropolitan tersebut.

Hutan Muara Angke

hutanmuaraangkeDikenal sebagai kota yang memiliki tingkat polusi tinggi, Jakarta ternyata memiliki sebuah surga kecil yang bebas dari polusi. Tempat wisata di Jakarta ini mungkin belum setenar TMII, namun hijaunya pohon bakau cukuplah untuk melakukan relaksasi mata. Hutan Muara Angke sebutannya, sebuah tempat wisata di Jakarta yang berada di Jalan Kamal Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ini akan menawarkan pemandangan hutan mangrove yang sangat menarik untuk dijelajahi.

Bagi anda yang berniat untuk mengunjungi tempat wisata di Jakarta seluas 25 hektar ini, anda bisa menaiki bus transjakarta yang akan membawa anda menuju ke pemberhentian di monas. Setelah itu, perjalanan bisa anda lanjutkan dengan menaiki Bus Kota Terintegrasi Busway dan berhenti di Yayasan Budha Tzu Chi. Di kawasan tersebut anda akan melihat sebuah papan petunjuk yang akan mengarahkan perjalanan anda menuju Taman Wisata Alam.

Sesampainya di sana, maka anda akan diminta untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang, sedangkan bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000. Sayangnya, bagi anda yang mengunjungi tempat wisata di Jakarta, hutan Muara Angke ini tidak diperbolehkan untuk membawa kamera SLR sehingga hanya kamera HP sajalah yang diizinkan untuk digunakan.

Ada berbagai hal yang bisa anda lakukan selama mengeksplorasi tepat wisata hutan Muara Angke ini. Kegiatan berkano selama 45 menit dengan membayar Rp 100.000 ini merupakan salah satu yang menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Jakarta ini, sebab anda akan bisa menikmati pemandangan alam hutan mangrove dengan nuansa yang berbeda.

Selain itu, anda juga bisa ikut dalam pelestarian mangrove melalui penanaman mangrove dengan membayar sebesar Rp 150.000. Sedangkan bagi kamu yang ingin bermalam di tempat itu, maka anda bisa menyewa rumah kecil di atas air.

Taman Bunga Widya Mandala Krida Bakti Pramuka

Taman Bunga Widya Mandala Krida Bakti PramukaSelain hutan mangrove, tempat wisata di Jakarta yang lain adalah taman Wiladatika yang terletak di Jalan Jambor I, Cibubur, Jakarta Timur. Taman bunga yang dibangun oleh Presiden Soeharto pada 1980 ini, akan menyajikan keindahan bunga yang beraneka ragam serta permainan anak serta permainan air. Jadi, taman bunga ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata serta arena bermain bagi si buah hati.

Untuk mengunjungi tempat wisata di Jakarta yang memiliki luas sekitar 15 hektar ini, anda bisa naik kendaraan umum yang bernomor 121 dari terminal kampung rambutan dan anda langsung bisa berhenti di depan pintu gerbang taman Wiladatika. Namun, jika perjalanan anda dimulai dari terminal Landon, maka anda bisa naik angkutan umum dengan nomer 5 yang mengarah ke Cileungsi dan turun di Jambore. Selanjutnya, anda naik angkot nomer 16 dan mintalah untuk turun di depan taman Wiladatika.

Sebelum anda menjajal wahana yang terdapat di taman Wiladatika, anda akan dikenakan biaya untuk tiekt masuk sebesar Rp 8.000 per orang. Ada berbagai wahana yang terdapat di tempat wisata di Jakarta ini, di mana anda bisa mencoba segala permainan dengan membeli sebuah koin yang dihargai sebesar Rp 5.000.

Selain itu, anda juga bisa melatih ketrampilan anda dalam mengendarai becak di medan yang sulit. Tidak hanya itu saja, di taman ini juga menyediakan tempat terbuka yang bisa dimanfaatkan untuk pertemuan ataupun acara tertentu.

Museum Layang-Layang

museum layang-layangHal unik yang bisa anda temukan di kota Jakarta adalah sebuah museum yang dinamakan museum layang-layang. Di museum ini, anda akan menemukan berbagai jenis layang-layang yang berasal dari berbagai daerah dengan corak dan keunikan tersendiri. Tempat wisata di Jakarta yang terletak di Jalan H Kamang 38, Pondok Labu ini, merupakan museum yang dikelola sendiri.

Untuk mencapai tempat ini, maka anda bisa menggunakan angkutan umum yang bisa dicapai dari beberapa titik. Jika anda berangkat dari blok M, maka anda bisa naik metromini dengan kode S 610 yang akan mengantarkan anda untuk sampai di jalan Haji Kamang, atau jika perjalanan anda mulai dari pasar minggu, maka anda bisa menaiki metromini S 11 dan turun di RS Fatmawati. Selanjutnya, anda harus naik metromini dengan kode S610 hingga tiba di jalan Haji Kamang.

Ketika anda mengunjungi tempat wisata di Jakarta ini, anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000. Disarankan untuk mengajak buah hati sehingga anda bisa mengenalkan berbagai jenis layang-layang dengan beraneka ragam warna.

Selain melihat berbagai koleksi layang-layang, anda juga berkesempatan untuk melihat video, membuat dan mewarna layang-layang. Tidak hanya itu saja, di tempat wisata di Jakarta ini juga menggelar kegiatan melukis payung, baju dan juga keramik di mana untuk setiap kegiatan akan dikenakan biaya sekitar 35.000 – 50.000.

Ada berbagai tempat wisata di Jakarta yang mungkin belum banyak yang mengetahui nilai keindahan yang terdapat di dalamnya. Hal ini dikarenakan perspektive masyarakat akan kota Jakarta merupakan sebuah kota yang erat kaitannya dengan bisnis dan tempat mengadu nasib. Tetapi, di balik itu semua, ada berbagai tempat menarik seperti museum layang-layang, taman wiladatika juga hutan muara angke yang patut untuk dieksplorasi lebih jauh.

One thought on “Inilah 3 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Belum Banyak Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *