Daftar Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Keluarga

Bandung termasuk salah satu kota yang memiliki keindahan alam. Itulah sebabnya mengapa Bandung dijuluki sebagai kota kembang, kota Paris Van Java. Tempat wisata alam di bandung yang memiliki daya tarik dan cocok untuk tempat wisata keluarga adalah menikmati keindahan alam di pegunungan. Beberapa di antaranya adalah Gunung Tangkuban Parahu, Air Terjun Maribaya, Taman Hutan Raya Juanda, wisata Ciwidey, wisata di Lembang, dan masih banyak tempat wisata di Bandung yang memiliki pesona alam pegunungan.

Selain bisa menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa menikmati fasilitas lainnya, seperti out bound di daerah Ciwidey, wisata kawah di Gunung Tangkuban Parahu, wisata strawberry, atau wisata kemping di daerah Ciwidey, dan sebagainya. Berikut adalah informasi mengenai beberapa tempat wisata di Bandung yang bisa dijadikan referensi.

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Parahu-Tempat-Wisata-Di-BandungApa yang bisa ditemukan di tempat wisata bandung ini? Nah jika anda berlibur ke tempat ini maka anda bisa melihat keindahan kawah Tangkuban Perahu yang terkenal dengan keindahannya. Pemandangan disekitar kawah akan membuat anda kagum dan terkesima. Salah satu kawah dengan pemandangan terbaik adalah kawah ratu. Selain itu, anda bisa mengunjungi hutan lindung dan pinus. Di sana anda bisa bersantai sambil menggelar tikar bersama keluarga tercinta lengkap dengan perbekalan seperti halnya orang yang piknik. Hawa yang sejuk akan membuat suasana menjadi lebih nyaman dan tenang. Tangkuban Perahu ini berada di 20 km sebelah utara kota Bandung. Tempat ini berada pada 2.084 mdpl, cukup tinggi sehingga hawanya sangat sejuk yaitu mencapai 17 derajat celcius ketika siang hari sedangkan malam dan pagi hari 2 derajat celcius.  Tempat Wisata ini terletak di daerah gunung Tangkuban Perahu, Sukajaya, Lembang Bandung Barat.

Baca Juga : 

2. Air Terjun Maribaya

Air Terjun Maribaya-Tempat-Wisata-Di-BandungAir terjun maribaya merupakan tempat wisata di bandung yang memiliki ketinggian mencapai 25 Meter yang sangat indah dan memukau. Air terjun ini sangat terkenal karena memiliki keindahan yang menakjubkan. Udaranya yang sangat sejuk dan asri menyegarkan dengan banyaknya pepohonan yang tinggi dan rindang. Uniknya, tepat di atasnya ada jembatan, sehingga anda bisa melihat langsung dari atas untuk menikmati keindahan air terjun maribaya yang indah ini bersama keluarga anda.  Air terjun maribaya ini berada di kawasan maribaya – Lembang, dan merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Juanda.  Kawasan ini dulunya sangat terkenal dengan pemandian air panas.

Baca Juga : 

3. Wisata Kawah Putih Bandung

Kawah Putih-Tempat-Wisata-Di-BandungKawah Putih Ciwidey merupakan tempat wisata di Bandung yang tidak akan terlewatkan bagi setiap wisatawan ke bandung. Kawah putih ini terbentuk akibat letusan gunung patuha sekitar abad ke 10. Memiliki pemandangan alam yang unik dan sangat indah. Terhampar tanah putih yang cantik seakan-akan berada di kawasan salju di Eropa.  Uniknya air yang berada di kawah putih ini bisa berubah warna tergantung kondisi cuaca dan kandungan mineral yang ada di bawahnya. Udaranya yang sangat dingin dan di kelilingi perbukitan dan pepohonan menambah keistimewaan tempat wisata yang satu ini. Dan disarankan untuk menggunakan jaket karena dinginnya yang super sekali. Ada beberapa keseruan yang bisa anda lakukan yaitu berselfi. Ini tentunya menjadi kegiatan utama yang tidak boleh dilewatkan mengingat tempat ini sangat unik dan tidak bisa ditemukan ditempat lain sehingga sangat menarik perhatian teman-teman anda di sosmed. Lokasi kawah putih ini berada di Jalan Raya Soreang – Ciwidey.

Baca Juga : Keistimewaan Wisata Kawah Putih yang Memanjakan Mata

4. Bukit Moko Bandung

Bukit Moko-Tempat-Wisata-Di-BandungBukit Moko Bandung adalah tempat wisata di bandung yang tingginya kira-kira 1500 meter dari permukaan laut dan merupakan puncak tertinggi di Bandung, sehingga dari tempat ini anda bisa melihat kota Bandung dengan sangat jelas. Memiliki pemandangan alam yang mempesona dan tentunya suasana diatas bukit sangat alami dan indah sehingga cocok dijadikan tujuan wisata baik untuk wisatawan lokal maupun luar kota. Bukan hanya para remaja, mereka para pekerja kantoran juga suka mengunjungi tempat ini karena memang suasananya sangat mendukung. Aktivitas yang utama di bukit moko adalah menyaksikan sunrise atau matahari terbit dan tak heran pagi-pagi bukit sudah ramai pengunjung karena ingin menyaksikan indahnya matahari terbit dari atas puncak moko. Selain menyaksikan matahari terbit, tak kalah serunya anda juga bisa menyaksikan matahari terbenam di bukit moko yang sejuk ini. Lokasinya berada di desa Cimenyan, Kec. Cimenyan.

Baca Juga : Bukit Moko, Puncak Tertinggi Bandung Yang Menakjubkan

5. Kampung Cai Ranca Upas Bandung

Kampung Cai Ranca Upas-Tempat-Wisata-Di-Bandung

Bagi anda yang ingin berwisata alam, kampung Cai Ranca Upas menjadi satu objek terbaik yang bisa anda kunjungi.  Tempat ini adalah kawasan hutan lindung di kawasan bandung. Luas tempat wisata di bandung ini mencapai 215 hektar dengan berbagai jenis flora dan fauna langka yang dilindungi keberadaannya. Kampung Cai Ranca Upas ini berada di ketinggian 1700 mdpl dengan suhu yang mencapi 17 derajat celcius ketika siang hari. Sedangkan untuk malam hari bisa mencapi 0 derajat celcius. Jadi jika anda berlibur ketempat ini maka harus mempersiapkan pakaian hangat agar tidak kedinginan. Anda bisa menyaksikan rusa-rusa berkeliaran di alam yang indah ini dan berinteraksi dengan membelainya bahkan anda bisa memberi makan langsung. Jangan khawatir, karena rusa di kampung cai ranca upas ini sangat jinak sehingga anda lebih leluasa berada di dekatnya. Sungguh suatu pengalaman yang unik bisa menyaksikan rusa dari dekat hingga bisa memberinya makan dari tangan anda sendiri.  Tempat ini juga biasa digunakan para organisasi untuk bercamping. Tempatnya sangat luas dan kapasitasnya mencapai 1.000 orang. Selain itu di kampung cai ranca upas tersedia pemandian air hangat dan waterboom sehingga Anda bisa merasakan suasana alam di hutan lindung ini sambil bermain air atau berendam air hangat yang pastinya akan sangat menyenangkan. Lokasinya terletak di Jl. Raya Ciwidey Patenggang KM 11-Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung.

Baca Juga : Kampung Cai Ranca Upas Menjadi Objek Wisata Pilihan

6. Pemandian Air Panas Ciater Bandung

Pemandian Air Panas Ciater merupakan tempat wisata di bandung yang selalu ramai dikunjungi. Air panas ciater berkhasiat bagi kesehatan tubuh Anda karena banyak mengandung magnesium, kalsium, sulfat, chloride, mineral, thermo, hypertherma dan memiliki kadar aluminium tinggi yaitu 38,5 equiv %, serta keasaman yang tinggi. Banyak wisatawan yang datang kesini untuk tujuan rekreasi ataupun yang khusus untuk berobat di pemandian air panas ciater bandung ini. Pemandian air panas Ciater mampu menarik 70.000 wisatawan setiap bulannya, entah itu yang berasal dari lokal, nasional maupun mancanegara. Keistimewaan lainnya adalah sumber air panas ciater ini asalnya dari kawah yang aktif di gunung tangkuban perahu. Untuk akesesnya tidak Jauh dari kota bandung yaitu sekitar 30 Km dan dekat dengan gunung tangkuban perahu.

Baca Juga : Wisata Pemandian Air Panas Ciater yang Menggoda

7. Tempat Wisata Perkebunan Strawberry

Perkebunan Strawberry-Tempat-Wisata-Di-BandungPerkebunan Strawberry sangat populer bagi wisatawan ke bandung karena pemandangan di kebun strawberry ini sangat cantik. Dan letaknya yang berada di dataran tinggi, tepatnya di Ciwidey, Bandung, memiliki udara yang sangat sejuk dan menyegarkan. Jika kamu ingin kesana, jangan lupa pakai pakaian tebal agar tubuh tetap hangat, tidak kedinginan. Tempat wisata di Bandung yang satu ini akan memanjakan kamu yang sangat hobi dengan buah strawberry. Walaupun rasanya agak kecut asam, namun membuat mulut tak mau berhenti menyantapnya. Buah strawberry sangat baik untuk kesehatan tubuh. Uniknya anda bisa memetik sendiri buah strawberry yang telah masak dengan sepuasnya, namun nantinya anda tetap membayar biaya per kilonya hasil dari yang anda petik tersebut. Namun biaya yang dikeluarkan tersebut tidaklah seberapa bila dibandingkan dengan serunya beraktifitas di kebun strawberry ini bersama keluarga tercinta dan merupakan suatu kepuasan tersendiri.

Baca Juga : Akhir pekan? Enaknya ke kebun strawberry aja

8. Rumah Stroberi Bandung

Masih tentang buah strawberry, namun yang ini berada di Lembang Bandung Yaitu Rumah Stroberi yang merupakan salah satu tempat yang nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Hamparan hijau alamnya dan juga hawa sejuk khas Lembang ini semakin membuat wisatawan betah berlama-lama di sini. Lokasi ini juga sangat cocok untuk dijadikan tujuan utama bersama keluarga tercinta ketika menikmati liburan di tempat wisata Bandung.  Terdapat sebuah restoran dengan menu-menu khas lezat menggoda selera di ketinggian dengan hamparan pemandangan indah. Wisatawan juga bisa mencoba sensasi memetik buah stroberi langsung dari perkebunannya.

Baca Juga : Agrowisata Rumah Stroberi Lembang, Bandung

9. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung-Tempat-Wisata-Di-BandungKebun Binatang bandung ini merupakn tempat wisata di bandung yang didirikan Tahun 1930 Oleh BZP (Bandung Zoological Park). Kebun binatang ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi bagi keluarga, khususnya anak-anak yang sangat suka dengan Binatang. Koleksi satwa di kebun binatang Bandung cukup banyak baik yang berasal dari dalam ataupun luar negeri, terdapat 213 ekor satwa termasuk 79 ekor jenis satwa langka yang dilindungi. Wisata edukasi di kebun binatang ini sangat mudah karena di dalam kandang sudah diberi keterangan tentang nama hewan, habitat asal, dan juga jenis makanan yang dikonsumsi. Selain itu tersedianya wahana bermain seperti kolam air untuk perahu bebek, taman bermain anak-anak, Flying fox, dan fasilitas seru lainnya. Lokasi kebun binatang bandung beralamat di Jl. Kebun Binatang No 6, Lebak Siliwangi – Coblong, Bandung.

Baca Juga : Wisata Edukasi Kebun Binatang Bandung

10. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung-Tempat-Wisata-Di-Bandung

Jangan sampai lewatkan untuk berwisata di Trans Studio Bandung, sebuah objek wisata keluarga yang sangat menyenangkan dan menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Bandung. Tempat wisata di bandung ini memiliki luas 4.2 hektar yang berada di kawasan bandung supermall. Sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, bukan hanya wisatawan lokal saja melainkan wisatawan mancanegara juga. Ada banyak fasilitas yang ditawarkan di tempat ini seperti trans studio theme park yang sudah berstandar internasional, the trans luxury hotel dengan bintang 6, mega tower dan Trans Studio mall yaitu pusat perbelanjaan terlengkap di Bandung. Sedangkan dari segi wahana, anda bisa dapatkan fasilitas wahana lengkap untuk anak-anak hingga dewasa. Jadi, Trans Studio Bandung ini sangat cocok dijadikan wisata keluarga yang dijamin sangat menyenangkan. Trans Studio Bandung  ini terletak di jalan Jend. Gatot subroto no 289 bandung. Untuk bisa berkunjung ke tempat ini sangatlah mudah karena lokasinya yang berada di tengah kota.

Baca Juga : Trans Studio Bandung, Wisata Keluarga Terbaik di Bandung

11. Tempat Wisata Gedung Sate Bandung

Gedung Sate-Tempat-Wisata-Di-BandungGedung Sate Bandung adalah bangunan yang berserajah dan merupakan icon provinsi Jawa Barat dan khususnya kota bandung. Gedung ini fungsinya sebagai tempat aktivitas pemerintahan, Namun karena gedung ini sangat indah dan megah dengan arsitekturnya yang khas serta memiliki nilai sejarah yang tinggi sehingga menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat wisata di bandung yang ramai dikunjungi wisatawan. Uniknya diatas menara utama terdapat ornamen 6 tusuk sate yang merupakan alasan penamaan dari gedung sate ini. Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini seperti berfoto ria bersama keluarga, berkeliling menikmati pemandangan yang indah, bersantai bersama keluarga, dan aktivitas seru lainnya. Adapun lokasinya berada di Jl Diponegoro No 22, Bandung.

Baca Juga : Saksi Bisu Sejarah Kebangsaan – Gedung Sate Kebanggaan Bandung Van Java

12. Kampung Gajah

Kampung Gajah-Tempat-Wisata-Di-BandungDi Kampung Gajah kita tidak akan melihat hewan gajah satupun. Karena nama gajah yang diusung tersebut mewakili tentang besarnya area wisata yang ada di Kampung ini. Di areanya yang luas itu, diibaratkan sesuai dengan besarnya tubuh gajah. Beberapa fasilitas yang ada di wahana wisata ini adalah tempat-tempat belanja, restoran, serta wahana permainan yang beraneka ragam. Untuk memanjakan hobi bermain, disediakan banyak jenis wahana permainan untuk dewasa dan anak-anak. Beberapa diantaranya adalah Bumperboat, ATV, ayunan, perosotan, Buggy, Side car, delman, Horse riding, Tubby, kereta-keretaan, sky rider, formula kart, bodycycle, 4D rider, Segway, waterboom, trampoline, sespan, sky view, wisata petik strawberry, dan face painting. Bahkan wahana waterboomnya pun juga beraneka ragam. Tentunya menyenangkan dan menjadi momen berlibur bersama keluarga yang tidak terlupakan. Beberapa wahana waterboom anak juga dibilang sangat lengkap, yaitu diantaranya adalah kiddy pool, wave pool, sepeda air, octopus racer, big tornado, moto golf, grass skating, danaqua boot. Kampung Gajah Terletak di Jalan Sersan Bajuri 3,5 km di bagian utara Bandung.

Baca Juga :

13. Curug Dago

Curug Dago-Tempat Wisata Di Bandung

Curug Dago muncul sebagai salah satu tempat wisata alam di bandung yang tidak perlu lagi diragukan keasriannya, alamnya yang hijau karena banyak dikelilingi tumbuhan alam liar yang sangat indah dipandang mata. Udara yang segar yang mendominasi pun berasal dari rimbunnya pepohonan dan gerakan air terjun. Curug Dago adalah nama tempat wisata air terjun yang terletak di Desa Dago, Kecamatan Coblong, Bandung. Curug ini terbentuk dari aliran Sungai Cikapundung yang melintas dari Maribaya sampai ke Bandung. Air terjun ini terletak di ketinggian air 12 meter dan terletak 800 meter diatas permukaan laut. Curug Dago ini memang tidak terlalu tinggi, namun pemandangan alamnya tidak kalah dengan tempat wisata air terjun terkenal lainnya. Disana kita bisa merasakan dinginnya air terjun. Percikan air yang turun dari ketinggian 12 meter itu membuat udara sekitar semakin dingin dan segar. Kenyamanan tempat wisata di bandung ini tidak akan terbantahkan lagi.  Curug Dago ternyata merupakan salah satu saksi bisu Kerajaan Thailand. Terbukti dengan diketemukannya 2 buah prasasti tahun 1918 M yang ditemukan tidak jauh dari lokasi Curug. Menurut penelitian para ahli sejarah, prasasti tersebut adalah prasasti yang dibuat oleh Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Raja Pradjathipok Pharaminthara) dari Dinasti Chakri.

Baca Juga : Curug Dago – Keindahan Alam Surga Bandung

14. Teropong Bintang Bosscha

Teropong BosschaTeropong Bintang Bosscha ini wajib anda masukkan dalam daftar liburan keluarga anda saat akan berlibur ke tempat wisata di bandung karena teropong bintang seperti ini sangat bermanfaat dan langka di Indonesia. Memiliki area yang luas hingga 6 hektar, tempatnya di dataran tinggi 1.300 di atas permukaan laut. Hawanya yang sejuk serta pemandangan sekitar yang indah  membuat tempat ini bisa menjadi wisata edukasi terkait astronomi. Ini juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk wisata akhir pekan bersama keluarga. Anda bisa melihat gemerlapnya bintang yang ada di angkasa. Sehingga rasa penasaran terhadap indahnya benda-benda di angkasa bisa terjawab. 7 teropong terbesar yang ada di Teropong bintang Bosscha diantaranya adalah teleskop radio 2,3m, teleskop refaktor unitron, teleskop surya, teleskop schmidt bima sakti, teleskop bamberg, dan teleskop cassegrain GOTO. Teropong bintang Bosscha terletak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Baca Juga : Wisata Edukasi Teropong Bintang Bosscha

15. Pasar Baru Bandung

Pasar Baru-Tempat Wisata Di BandungTempat Wisata di Bandung yang satu ini yakni wisata belanja di Pasar baru Bandung yang sangat padat dikunjungi wisatawan. Bahkan saking hebohnya wisatawan asing bolak balik belanja ke sini. Dengan harganya yang murah meriah dan didukung dengan lokasinya yang berada di jantung kota bandung menjadikan pasar baru Bandung menjadi surga belanja bagi wisatawan. Di tempat ini bisa menguras isi dompet anda karena anda akan terus tergoda untuk terus belanja di pasar baru ini. Pasar Baru Bandung akan memanjakan hobi belanja kamu dengan penawaran produk yang pastinya tidak kalah menarik dengan tempat fashion lainnya.

Baca Juga : Wow! Pasar Di Bandung Diincar Para Fashionista Negera Tetangga

16. Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang-Tempat Wisata Di BandungTempat wisata di bandung ini berada di kawasan ciwidey dengan luas kira-kira 45.000 hektar. Danau dengan tinggi kira-kira 1600 m diatas permukaan laut ini memiliki keindahan lengkap karena ditunjang dengan terbentangnya perkebunan teh yang menghijau dan asri yang berada disekitar danau menjadikan suatu pemandangan alam yang mengagumkan. Menawarkan ragam fasilitas yang pastinya akan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di lokasi ini. Beberapa fasilitas yang ditawarkan di Danau Situ Patenggang diantaranya adalah gazebo, mushola, sepeda air hingga wisata kuliner yang bisa dijajaki untuk menikmati keindahan alam Situ Patenggang yang sesungguhnya. Anda tentu sudah terbayang akan keindahannya dan tentu anda sudah tidak sabar lagi untuk segera ke sini bersama keluarga tercinta.

Baca Juga : Romantisme Batu Cinta Di Balik Daya Tarik Danau Situ Patenggang

17. Rumah Mode Bandung

Rumah Mode-Tempat Wisata Di Bandung

Siapa yang tidak kenal dengan Rumah Mode Bandung. Sebuah tempat wisata belanja yang berada di Bandung, Jawa Barat. Sebuah outlet fashion Bandung terbesar yang senantiasa memanjakan para pengunjung. Untuk para penggila fashion terbaru, Rumah Mode Bandung menyediakan berbagai macam jenis fashion untuk pria dan wanita. Dijamin, Anda tidak akan menyesal mencoba sensasi belanja di Rumah Mode ini. Rumah Mode Bandung sudah terkenal dengan ramainya pengunjung. Para pengunjung bukan hanya berasal dari Bandung sendiri, tetapi juga berasal dari luar kota. Di akhir pekan, suasana macet di jalur menuju Rumah Mode sudah menjadi satu hal yang biasa. Jika kita ingin berkunjung ke tempat wisata di bandung ini, pastikan kita mengetahui waktu operasionalnya. Yakni buka setiap hari selama satu minggu penuh. Namun untuk jam operasionalnya dibagi menjadi dua, yaitu di hari Senin sampai Jum’at buka pukul 09.30 WIB sampai pukul 20.30 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka pukul 08.30 WIB sampai pukul 21.30 WIB.

Baca Juga : Trendy dan Fashionable Yang Berkualitas Bersama Rumah Mode Bandung

18. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi-Tempat Wisata Di BandungKali ini akan dibahas salah satu tempat wisata di bandung yang berkonsep pendidikan atau pengetahuan akan peradaban dunia, yaitu museum geologi bandung. Museum ini menyediakan banyak koleksi benda-benda bersejarah yang sangat penting perannya untuk ilmu pengetahuan. Mulai dari batuan, fosil, serta mineral. Selain itu, kita juga bisa mempelajari semua tentang bumi, mulai dari komponen, pemanfaatannya, serta bencana-bencana alam. Museum Geologi Bandung terletak di Jalan Diponegoro Nomor 57, Bandung. Museum ini buka setiap hari kecuali hari Jum’at dan hari libur nasional. Untuk hari Senin sampai Kamis, Museum Geologi buka dari pukul 09.00 WIB sampai 15.30 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu, Museum Geologi buka pukul 09.00 WIB sampai pukul 13.30 WIB.

Baca Juga Situs Ilmu Pengetahuan Terbesar di Bandung – Berwisata Sambil Belajar di Museum Geologi Bandung

19. Paskal Food Market

Paskal Food Market-Tempat Wisata Di BandungWisata kuliner di bandung yang satu ini sangat populer dan sangat cocok sebagai tempat santapan keluarga karena menu yang tersedia di sini sangat banyak dan bervariasi. Mulai dari kuliner khas indonesia hingga mancanegara. Harga makanan di paskal food market juga bervariasi dan tentunya terjangkau. Disaat anda merasa lelah dan butuh istirahat setelah menjelajahi berbagai tempat wisata di bandung, singgahlah ke tempat ini untuk mengisi energi anda dengan menyantap bermacam kuliner yang akan menggoyang lidah. Dengan menghadirkan konsep outdoor, Paskal Food Market juga menawarkan setidaknya sekitar 50 stand makanan yang menyediakan jenis makanan Chinese, Japanese hingga makanan khas Indonesia yang tidak kalah lezat.

Baca Juga : Paskal Food Market: Tempat Nongkrong Dan Kuliner Anak Muda Keren Bandung

20. Wisata Floating Market Bandung

Wisata Floating Market-Tempat Wisata Di BandungSelain Paskal food market, di bandung juga memiliki wisata kuliner yang menarik dan unik bagi keluarga anda, yaitu floating market bandung yang berkonsep pasar terapung. Menikmati kuliner sambil menikmati pemandangan alam sekitar yang indah tentu merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Kuliner disini juga sangat lezat dan bervariasi. Tersedia juga fasilitas yang lengkap dan beberapa wahana bermain terbaru, seperti mengitari danau dengan memanfaatkan perahu, duduk bersantai di gazebo, bermain bersama kelinci, menjelajahi taman miniatur kereta api hingga berbagai fasilitas lain yang pastinya sangat sayang untuk dilewatkan. Lokasinya berada di Lembang. Bandung.

Baca Juga : Pasar Apung Di Thailand Kini Pindah Di Bandung

21. Babakan Siliwangi

Tempat wisata di Bandung ini bernuansa lingkungan yang memang terbilang asri yaitu babakan siliwangi atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan Baksil. Sebuah lokasi hijau yang ada di pusat kota Bandung ini memiliki luas kira-kira 3,8 Ha dengan ragam tanaman yang sangat banyak. Dikatakan bahwa Baksil ini merupakan sebuah hutan yang memang telah ada sejak lama atau dengan kata lain bisa juga disimpulkan bahwa Baksil ini merupakan sisa hutan purba yang ada di Bandung. Tempat ini Sangat cocok sebagai tempat rekresi bersama keluarga anda dalam menghbiskan waktu liburan yang menyegarkan.

Baca Juga : Menakjubkan! Hutan Kota Pertama Di Indonesia Ada Di Bandung

22. Gedung Merdeka Bandung

Selain wisata alam dan wisata Modern, tempat wisata di bandung juga terdapat wisata sejarah. salah satunya adalah  Gedung Merdeka. Gedung ini merupakan salah satu lokasi sekaligus saksi bisu digelarnya suatu rapat besar-besaran yang dalam hal ini dikenal dengan sebutan Konferensi Tingkat Tinggi Asia – Afrika. Dirancang oleh pihak Van Galen Last serta C.P. Wolff Schoemaker pada tahun 1926 juga mengusung nuansa art deco dengan segala pernak perniknya yang pastinya sangat menarik. Namun demikian, untuk kali ini, renovasi yang dilakukan atas gedung ini kemudian dilakukan oleh A.F Albers yang dijadikan sebagai sentuhan untuk menjadi sebuah tempat rekreasi. Sudah selayaknya, Gedung Merdeka ini dijadikan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan ditapaki di musim libur telah tiba Bersama keluarga tercinta.

Baca Juga : Menelusuri Sejarah Di Balik Gedung Merdeka

23. Jalan Asia Afrika Bandung

Dari sekian banyaknya jalan yang ada di Bandung, jalan Asia-Afrika merupakan salah satu jalan yang juga merupakan jalan dengan cerita sejarahnya yang sangat kental. Dikatakan demikian karena banyaknya gedung bersejarah yang menjadi saksi bisu setiap cerita yang terjadi sejak zaman dahulu kala. Dengan adanya keunikan yang demikian ini, tidak mengherankan jika banyak turis domestik ataupun mancanegara yang selalu ingin tahu dan mengeksplorasi jalan yang satu ini. Jalan ini layak menjadi salah satu tempat wisata di bandung yang harus anda kunjungi bersama keluarga karena tentunya akan menambah wawasan sejarah dan yang pasti bangunannya kental dengan desain Eropa yang mengusung konsep art deco. Selanjutnya, di jalan Asia-Afrika ini juga terdapat suatu gedung Societeit Concordia yang dahulunya merupakan suatu tempat berkumpulnya semua orang dari kalangan atas. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, gedung ini kemudian diresmikan oleh pihak presiden Soeharto sehingga gedung ini kemudian difungsikan sebagai gedung konferensi Asia-Afrika.

Baca Juga : Menapaki Peliknya Wisata Sejarah Jalan Asia Afrika

24. Jalan Braga Bandung

Jalan Braga Bandung ini mengusung konsep One Stop Holiday yang berlokasi di jantung kota Bandung. Di samping itu, jalan ini juga merupakan pusat bisnis dan keramaian dari kota Bandung sehingga tidak mengherankan jika jalan ini menjadi maskot kota dan salah satu tempat wisata di bandung yang selalu ramai pengunjung. Dari sekian banyak keunikan yang ada, pada dasarnya, di sepanjang Jalan Braga Bandung ini banyak terlihat pertokoan yang didesain dengan mengusung gaya arsitek zaman dahulu yang mana juga dikenal sebagai kota mode yang sangat terkenal. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin mutakhir, Jalan Braga Bandung ini kemudian disulap menjadi berbagai pertokoan yang mengusung nuansa lebih modern. Beberapa tempat yang sekarang ini tersebar di jalan tersebut adalah pusat perbelanjaan hingga berbagai pusat hiburan. Meskipun demikian, beberapa bangunan tetap dipertahankan dengan gaya arsitekturnya yang kuno sehingga sering kali terlihat beberapa orang memanfaatkan kondisi tersebut sebagai background fotografi.

Baca juga : Braga City Walk Kondang Sebagai Paris Van Java

25. Jalan Cisangkuy Bandung

Masih seputar tempat wisata di Bandung. Menyusuri sepanjang jalan Bandung yang juga menawarkan suatu kuliner yang lezat dan pastinya layak untuk dicicipi, kini kamu harus segera meluncur ke Jalan Cisangkuy. Sebuah jalan yang menghubungkan kawasan Museum Geologi Bandung dengan jalan Diponegoro ini merupakan jalan yang akan memanjakan lidah kamu dengan kulinernya yang bikin ketagihan. Suasananya yang nyaman dan sejuk di sepanjang Jalan Cisangkuy ini, tidak mengherankan jika banyak orang yang selalu menghabiskan waktu bersantai dan bercengkerama dengan teman atau keluarga tercinta di sepanjang stand ataupun tempat penjual makanan yang ada di jalan ini. Oleh sebab itu, dengan adanya hal yang demikian ini, maka tidak mengherankan jika jalan ini juga menjadi pilihan para pecinta wisata kuliner untuk disinggahi.

Baca Juga : Mencicipi Nikmatnya Kuliner Lezat Jalan Cisangkuy 

26. Jalan Punclut Bandung

Tempat wisata di bandung kali ini masih membahas tentang wisata jalanan bandung beserta kulinernya yang dahsyat. Kali ini yang direkomendasikan adalah Jalan Punclut atau jalan Puncak Cimbuleuit merupakan sebuah jalan yang di sisinya dipenuhi dengan berbagai jenis kedai makanan yang menawarkan kelezatan yang tiada duanya. Bahkan, dengan keragaman makanan yang memang sangat menggungah selera, kamu tidak perlu khawatir dengan harga yang dipatok, pasalnya semua harga makanan yang ada di sepanjang jalan ini cukup terjangkau. di malam hari, kamu akan disajikan dengan pemandangan alam kota Bandung yang pastinya membuat kamu terpesona. Dengan adanya nuansa malam yang demikian ini menjadikan jalan ini sebagai lokasi yang cocok untuk nongkrong bersama keluarga sambil menikmati kuliner yang menggugah selera.

Baca Juga : Pesona Indah Malam Jalan Punclut dengan Paduan Kelezatan Kuliner

27. Masjid Pusdai Bandung

Masjid Pusdai atau yang kemudian dikenal dengan Pusat Dakwah Islam ini merupakan sebuah lembaga dakwah serta tempat pengembangan syiar Islam dan keperluan keberagamaan lainnya. Di lokasi Masjid Pusdai yang ada di Jalan Diponegoro 63 Bandung ini, terdapat sebuah mushaf Al-Qur’an Sundawi yang dibuat dengan keindahan tersendiri berupa motif Islam yang dipadu padankan dengan motif Sunda. Hal unik lagi yang ditawarkan oleh masjid ini bahwa dicetuskannya berbagai kegiatan yang berupa kajian tafsir, seminar hingga kursus untuk bahasa asing. Masjid ini memiliki ciri yang khas berupa kubah yang dibuat dari atap kayu serta rangka atap berupa baja. Dengan demikian Masjid Pusdai ini sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang berkunjung ke tempat wisata di bandung bersama keluarga.

Baca Juga : Mengintip Cerita Di Balik Masjid Pusdai Sebagai Lembaga Dakwah Islam

28. Masjid Raya Bandung

Bandung memiliki sebuah ikon yang sangat menakjubkan dan layak direkomendasikan sebagai tempat wisata di bandung yang cocok untuk keluarga yaitu Masjid Raya Bandung.  Masjid yang didirikan pada tahun 1810 dan telah mengalami perombakan hingga delapan kali ini memiliki keindahan arsitektur yang tergolong sangat mewah dan tampak megah. Sesuai dengan perkembangan zaman, Masjid Raya Bandung yang semula menjadi pusat keagamaan ini kemudian berkembang fungsinya sebagai tempat untuk melangsungkan ijab kabul hingga berbagai acara keagamaan lainnya bahkan sebagai bagian tempat wisata religi yang layak untuk dijajaki ketika berwisata di Bandung.

Baca Juga : Menakjubkan! Masjid Ini Mengalami Perombakan 18 Kali Dan Diabadikan Oleh Pelukis Inggris

29. Kampoeng Tulip Bandung

Tempat Wisata di Bandung memang punya banyak cerita. Kali ini rekomendasi untuk wisata keluarga anda adalah Kampoeng Tulip. Untuk saat ini kampung tulip di Indonesia hanya ada di Bandung. Lebih tepatnya di komplek Banyu Biru Blok H no.17 Jl. Pasir Pogor, Ciwastra, Bandung. Kampoeng ini di desain agar pengunjung seolah merasakan suasana Negara Belanda. Mengapa Belanda? Karena Belanda adalah Negara terbesar penghasil bunga tulip. Hampir sebagian besar produk bunga tulip di dunia di hasilkan dari Belanda. Negara yang terkenal dengan Negara kincir angin ini memiliki nuansa yang sangat romantis. Kamu juga bisa menikmati wahana naik perahu yang disediakan disini dan menikmati kuliner Kota Bandung yang disediakan di kafe Kampoeng Tulip dengan harga terjangkau. Berminat berlibur ke kampoeng unik ini? Kamu dapat berkunjung kapan saja dari jam 9 hingga pukul 5 sore.

Baca Juga : Akhir pekan? Enaknya ke kebun strawberry aja

30. Cihampelas Walk Bandung

Cihampelas Walk sejatinya adalah sebuah pusat perbelanjaan yang menyatu dengan deretan hotel berbintang. Wisata belanja ini tergolong masih anyar karena baru mulai di buka di tahun 2004. Pada tempat wisata di Bandung ini, wisatawan bisa melakukan belanja tanpa batas untuk berbagai produk pakaian dan lain sebagainya. Semua outlet yang ada menyediakan barang dengan kualitas tinggi serta harga yang bersaing. Satu hal yang berbeda antara Cihampelas Walk dengan pusat perbelanjaan yang lain adalah konsep belanjanya. Di tempat ini, wisatawan bisa memilih belanja di dalam ruangan atau bisa juga belanja di luar ruangan. Semua lokasi tersebut sudah dikonsep untuk memberikan rasa nyaman ketika berbelanja. Ditambah dengan terpaan udara sejuk dan alami khas Kota Bandung semakin menambah kenyamanan tempat ini. Cihampelas Walk sangat cocok untuk dijadikan pilihan menikmati waktu bersama keluarga. Didesain cosok untuk semua kategori usia. Pusat perbelanjaan ini ada di kawasan hotel-hotel berbintang jadi suasana yang ditampilkan juga sangat berbeda.

Baca Juga : Belanja Tanpa Batas di Cihampelas Walk Bandung

31. Museum Konferensi Asia Afrika Bandung

Museum Konferensi Asia Afrika ini berada di bekas lokasi digelarnya Konferensi Asia Afrika pada 18 hingga 24 April tahun 1955 silam. Sebuah konferensi yang diprakarsai oleh Indonesia yang mampu menggetarkan dunia. Di museum Konferensi Asia Afrika ini pengunjung akan bisa belajar mengenai sejarah lahirnya konferensi Asia Afrika dan juga barang-barang yang menjadi saksi terselenggaranya konferensi yang menggemparkan dunia pada masa perang dingin itu. Satu hal yang menarik, di dalam museum ini juga ada gambaran bagaimana jalannya konferensi tersebut lengkap dengan bukti sejarahnya. Museum Konferensi Asia Afrika ini patut untuk dijadikan tempat wisata di bandung yang berkonsep pendidikan sekaligus pembelajaran untuk generasi muda yang belum terlalu banyak mengenal konferensi Asia Afrika. Museum ini buka pada hari Senin hingga Jumat dengan jam operasi mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00. sedangkan untuk tiket masuknya, gratis alias tidak berbayar.

Baca Juga : Nostalgia Sejarah di Museum Konferensi Asia Afrika Bandung

32. Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga yang dulu bernama museum negeri Provinsi Jawa Barat diresmikan pada tanggal 5 Juni 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Museum Sri Baduga mempunyai luas 8.500 m2 kemudian dibagi menjadi dua bagian yaitu untuk perkantoran (no public area) dan gedung pameran auditorium (public area). Sebagai tempat wisata edukasi di bandung, museum ini mempunyai kurang lebih 5.367 buah koleksi benda bersejarah yang bila dijual tidak ternilai harganya, beberapa diantaranya adalah Filologika, Keramik, Seni Rupa, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika/Heraldika, Teknologi, dan Geologika. Semua benda-benda tersebut selain dipamerkan juga disimpan digedung koleksi dan didokumentasikan dengan sistem komputerisasi. Terletak di Jl. BKR No.185, Pelindung Hewan, Astanaanyar, Kota Kembang, Jawa Barat berhadapan langsung dengan monumen Bandung Lautan Api.

Baca Juga : Wisata Edukasi Museum Sri Baduga Di Kota Kembang

33. Pesona Nirwana Waterpark Bandung

Wisata bersama keluarga tercinta ke tempat wisata di Bandung tentunya sebuah hal yang menyenangkan.  Bandung bisa jadi salah satu tujuan tepat untuk wisata keluarga. Bandung memiliki Pesona Nirwana Waterpark yang sangat menarik. Sebuah waterpark yang berada di hamparan tebing perbukitan nan eksotis. Tempat ini memiliki fasilitas yang mendukung dan berbagai wahana yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Lokasinya tepat berada di Soreang, Kabupaten Bandung. Berbagai wahana permainan air sangat menarik untuk dicoba. Satu lagi yang menjadi kita nyaman disini adalah faktor keamanan pengunjung selalu diprioritaskan oleh pengelola.

Baca Juga : Sensasi Berbeda Bermain Air di Pesona Nirwana Waterpark

34. Teras Cikapundung

Teras Cikapundung baru diresmikan pertengahan Januari 2016, dengan nama bekennya TeCi dengan berbagai tempat menarik untuk selfie. Konsep yang diambil untuk Teras Cikapundung adalah ekologi karena taman ini terletak tepat dipinggir aliran sungai. Cikapundung yang membelah kota Bandung dan juga konsep urban yaitu tempat untuk berkumpulnya orang Bandung dari berbagai elemen mulai dari para seniman hingga warga biasa yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, kemudian Teras Cikapundung juga memadukan warna hijau dari berbagai jenis tanaman yang membuat taman semakin nyaman.

Baca Juga : Teras Cikapundung, Taman Indah di Pinggir Sungai Kota Kembang

Demikian rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Keluarga. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dalam menjelajahi Bandung.

25 thoughts on “Daftar Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *