Tempat-Tempat Wisata Wakatobi Yang Menarik

Wakatobi

Wakatobi merupakan suatu kabupaten yang terdapat di Sulawesi Tenggara yang menawarkan aneka keindahan alam yang siap mengguncang batin. Disana Anda akan mendapatkan beragam keindahan alam yang selama ini diinginkan.

Pulau Eksotis Yang Mempesona

Nama pulau Wakatobi sebenarnya adalah singkatan atau akronim dari empat gugusan pulau di kawasan ini yakni Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. UNESCO telah menginformasikan bahwa terdapat setidaknya 750 dari 850 spesies koral yang dipunyai oleh Wakatobi, tentunya tempat tersebut cukup kaya akan keindahan lautnya bukan?

Terdapat pula aneka biota laut dan karang yang langka, jadi anda dapat menyaksikan pemandangan yang sangat mempesona. Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati suasananya yang tenang, yang mampu membuat anda terbius.

Taman-Laut-Nasional-Kepulauan-Wakatobi

Bagi Anda yang telah mampir di Sulawesi Tenggara, sempatkanlah menikmati kekayaan laut Wakatobi dengan berkunjung ke beragam tempat wisata ini. Lebih lengkap tentang wisata menarik di pulau eksotis ini, simak terus artikelnya.

Lima Tempat Wisata Wakatobi Yang Eksotis

Di pulau eksotis ini Anda akan disuguhkan beragam tempat wisata yang menarik dikunjungi. Jika ini merupakan kunjungan pertama anda ke Wakatobi, maka anda perlu mendapatkan wawasan berupa tempat-tempat wisata yang ada disana. Berikut 5 referensi tempat wisata di Wakatobi yang dapat anda jadikan obyek kunjungan:

1. Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi

Ini merupakan tempat yang paling direkomendasikan, banyak para wisatawan yang berkunjung kesini, sehingga ketika berkunjung di Sulawesi Tenggara tempat ini dapat anda lirik. Terdapat spot taman laut yang memiliki beberapa spesies dari 25 gugusan terumbu karang yang ada di wilayah tersebut. Karena keunikan tersebut, Wakatobi dijadikan tempat favorit yang wajib dikunjungi.
Anda akan mendapatkan kondisi air yang jernih, sehingga aktiivitas seperti berenang, snorkeling, dan diving akan berlangsung sangat menyenangkan. Jika anda tak sabar untuk melakukan agenda snorkeling, Anda dapat berkunjung ke spot snorkeling dan diving yang terdekat, yakni berada di Pulau Kapota.
Anda harus menyebrang dengan waktu sekitar setengah jam saja. Alternatif yang bisa ditempuh ialah dengan menuju kawasan pelabuhan kapal ferry yang terdapat di belakang Hotel Wakatobi, yakni di area Patuno Resort, Pantai Sousu.
Bagi anda yang belum pernah melakukan diving tak perlu risau, karena ada pemandu selam yang profesonal, yang dapat membimbing serta mendampingi anda. Terdapat satu pulau lagi yang cukup populer disana dan difavoritkan oleh para penyelam profesional yang berasal dari luar negara, yakni Pulau Hoga yang berada tidak jauh dari Pulau Kaledupa. Pulau tersebut memiliki keindahan bawah laut yang istimewa, sehingga anda akan sangat rugi jika tak mencoba menyelam disana.

2. Wisata Pantai Wakatobi Resort

Ini merupakan salah satu area terbaik yang pokok untuk anda singgahi, apalagi jika anda memiliki jiwa penyelam. Tempat ini berada di kawasan pantai yang cukup menawan dan asri, yakni di Pulau Onchmobaa-Tomia yang terdapat di kepulauan Wakatobi.
Anda akan mendapatkan penawaran yang cukup berkelas disini, berupa penyelaman kelas dunia dengan rumah karang yang terbilang bagus. Untuk dapat sampai ke area penyelaman tidak perlu sulit, karena jalurnya terbilang mudah, dan dilengkapi oleh beberapa kekayaan bawah laut yang sedap dipandang mata. Bagi anda penyelam amatir maupun profesional wajib bertandang ke tempat ini.

3. Molii Sahatu

Tempat bernama Molii Sahatu ini ialah bagian dari wisata Wakatobi yang tidak boleh anda lewatkan. Pasalnya tempat ini dianggap sebagai pantai yang memiliki seratus air mata oleh warga Wangi-Wangi, jaraknya sekitar 20 km dari ibukota Wangi-Wangi. Di dekat obyek wisata ini terdapat tempat wisata lain yang dapat dikunjungi, yakni pekampungan Suku Bajo dan wisata alam gua yang dapat anda jadikan tempat berpetualangan anda di Wakatobi.

4. Situs Benteng Keraton Liya Togo

Untuk tempat wisata berikut ini berada di sebuah desa yang bernama Liya Raya. Disana anda akan menemukan sebuah benteng keraton yang menjadi Cagar Budaya. Selain indah karena pantai, di Wakatobi juga tersedia sebuah benteng yang tak kalah menarik dari Yogyakarta ataupun Solo. Namun berbeda dengan dua wilayah tersebut, karena benteng keraton ini dianggap sebagai salah satu deretan benteng terbaik dari 120 benteng yang berada di kesultanan Buton.

5. Pulau Anano Runduma

Pulau Anano Runduma merupakan salah satu pulau yang memiliki nuansa menggetarkan jiwa lagi unik. Anda akan diberikan wawasan seputar penyu, karena memang disini tersedia pusat peneluran penyu hijau.
Apabila anda beruntung dan datang di waktu yang tepat, maka anda akan berjumpa dengan proses pelepasan anak-anak penyu yang bisa anda saksikan. Nantinya dari proses peneluran tersebut, jika anak penyu sudah menetas dan sudah agak besar akan dilepaskan ke laut eksostis yang berada di kepulaun Wakatobi. Aktivitas inipun akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan seperti anda.

Wakatobi memang memiliki banyak obyek wisata yang menarik untuk dijelajahi. Dengan banyaknya tempat wisata disana, anda akan dapat melakukan beragam kegiatan, selain diving dan snorkeling anda juga dapat menikmati pemandangan dari bukit Tomia, menyaksikan tarian khas dari suku Buton, melakukan kunjungan ke desa Suku Bajo, hingga berkuliner disana.

Ketika berkunjung ke Wakatobi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni ketika  di Wang-Wangi, yakni di pulau lain listrik hanya akan menyala dari jam 6 sore hinga 6 pagi. Maka siapkan keperluan yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *