Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen terkenal dengan julukan Taman Safari Indonesia 2. Hal ini karena Taman Safari Prigen sekaligus sebagai Taman Safari kedua yang ada di Indonesia setelah Taman Safari Bogor. Konservasi fauna Taman Safari Prigen ini berada di Desa Jatiarjo, Kec. Prigen, Pasuruan.

Lokasi Taman Safari Prigen berada tepat di lereng Gunung Arjuna dengan ketinggian 800 meter dibawah permukaan laut. Taman ini berdiri megah di area seluas 340 hektar. Taman ini adalah area suaka marga satwa yang mampu menyajikan kegiatan wisata keluarga seru terutama untuk anak-anak.

Taman Safari Prigen merupakan area konservasi proaktif dalam rangka menyelamatkan populasi hewan langka yang ada di Indonesia supaya tidak punah. Sebagaimana Taman Safari Bogor, Taman Safari Prigen juga termasuk cagar alam di kawasan Asia yang paling berhasil.

Disamping dijadikan untuk lokasi konservasi satwa langka, desain taman ini juga memadukan konsep antara edukasi dan rekreasi yang menarik terutama untuk anak-anak. Mereka akan lebih mengenal kehidupan satwa di habitatnya yang asli. Sebagai pelengkap, macam atraksi yang menarik disajikan dengan tema edukatif untuk para wisatawan.

Sajian Spot Menarik Taman Safari Prigen

Wilayah Taman Safari Prigen terbagi menjadi 3 zona yaitu zona Baby Zoo, zona rekreasi dan zona kehidupan satwa. Setiap zona mempunyai perbedaan fokus, inilah ulasan selengkapnya:

1. Zona Baby Zoo

Anda dapat menikmati wahana edukasi hewan yang ada disana di zona Baby Zoo. Sekitar 14 pertunjukan satwa ada disini. Sudah pasti, area ini merupakan sarana edukasional yang cocok untuk anak-anak. Beragam satwa eksotis dapat dilihat dari dekat seperti bekantan atau simpanse, harimau benggala, marmoset, kanguru dan lainnya. Bahkan, diizinkan pula untuk menggendong anak hewan di zona ini.

Befoto dengan anak hewan yang lucu-lucu menjadi moment berharga bagi setiap pengunjung.

Di Taman Safari Prigen terdapat pula ragam pertunjukan satwa menarik seperti atraksi harimau, burung, lumba-lumba dan lainnya. Anda tentu bisa mengetahui uniknya kemampuan hewan-hewan itu dengan menyaksikan atraksi tersebut. Pada suatu atraksi yang memiliki nama Animal Education Show anda dapat menyaksikan 5 pertunjukan edukatif tentang satwa seperti burung pemangsa, orangutan, lumba-lumba, harimau dan gajah.

Jika anda menginginkan hal unik yang lain, ada sebuah atraksi yang bernama Temple of Terror dengan sajian pertunjukan aksi teatrikal yang menjadikan jantung berdebar kencang. Tokoh stuntman akan beraksi dengan efek khusus ledakan api didalam pertunjukan ini. Puluhan satwa yang telah terlatih ikut andil di pertunjukan tersebut seperti rangkong badak atau julang emas, harimau putih, merak hijau dan burung gagak.

2. Zona Rekreasi

Terdapat banyak wahana permainan menarik dicoba di zona rekreasi seperti sepeda layang, puri misteri, rio bravo, bom-bom car, puri misteri dan lainnya. Khusus untuk anda yang menyukai permainan ekstrem, anda dapat mencoba jenis permainan seperti flying fox atau paint ball war game dan shooting target. Petualangan menunggang jenis hewan besar seperti unta dan gajah juga bisa anda eksplore di Taman Safari Prigen.

Satu diantara spot yang terbanyak diminati pada zona ini adalah 4D Cinema. Disana anda dapat menikmati asyiknya nuansa nonton seperti pada 3D Cinema. Yang membedakan adalah kursi yang diduduki dapat bergerak-gerak sendiri sehingga rasanya menjadi lebih nyata.

Tak berhenti sampai disitu saja, anda juga dapat menikmati waterpark dengan luas hampir 3.5 hektar. Jika anda ingin menguji adrenalin anda, anda dapat mencoba meluncur di wahana Water Slide dengan ukuran besar dan berkecepatan hampir 50 km/jam. Ada pula wahana yang tak kalah menariknya yaitu wahana yang bisa membuat anda mengapung sekaligus bermalas-malasan yaitu Lazy River. Ada lagi wahana yang mengajak anda melewati sebuah lintasan dengan menyaksikan satwa arwana dan buana yang bernama wahana Crocodile Cave.

3. Zona Kehidupan Satwa

Anda dapat melihat beragam satwa yang berasal dari seluruh penjuru dunia di zona kehidupan satwa ini. Zona ini dibagi menjadi empat kawasan sekaligus yaitu kawasan Eropa, Amerika, Afrika dan Asia. Di tiap kawasannya dihuni oleh habitat alam hewan yang berbeda berdasarkan daerah asalnya.

Umumnya, di zona ini para wisatawan akan diajak berpetualang untuk melihat kehidupan seputar hewan sebelum akhirnya diajak untuk mengunjungi menariknya wahana-wahana yang ada disana. Bila anda berkendaraan pribadi maka anda dapat memakainya untuk menikmati asyiknya zona ini. Disamping itu, bus safari yang telah disediakan oleh pihak pengelola juga bisa dimanfaatkan jika anda tidak membawa kendaraan sendiri. Fasilitas inipun tersedia segara gratis.

Pengunjung dapat memberi makan untuk jenis herbivora tertentu seperti zebra, unta, kijang dan semacamnya. Di sejumlah area tertentu telah ada peraturan yang harus dipatuhi para pengunjung seperti dilarang terlalu lama berhenti di sekitar habitat beruang, dilarang membuka jendela dan pintu kendaraan, serta dilarang untuk membunyikan klakson.

Usai bermain dan menyusuri setiap area Taman Safari Prigen dan anda mulai merasa lapar, kunjungi tempat makan yang ada di kawasan Taman Safari Prigen. Banyak restaurant yang bisa anda pilih untuk memuaskan rasa lapar anda. Jangan lewatkan pula membeli oleh-oleh dan souvenir yang ada disana untuk dibawa pulang. Souvernir menarik dengan gambar menarik khas satwa Taman Safari Prigen seperti payung, kaos, gantungan kunci, sticker, tas dan topi bisa anda pilih sebagai kenang-kenangan berharga.

Sempatkan berkunjung kesana bersama keluarga dan buah hati anda agar si kecil mendapatkan wisata edukatif yang menyenangkan.

One thought on “Taman Safari Prigen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *