Taman Bersejarah Kasultanan Melayu Deli Taman Sri Deli

Medan adalah kota besar yang berada di Sumatera. Kota ini cukup panas, untuk itu banyak dibuka taman kota terbuka untuk mempersejuk kota, dan mengurangi polusi udara karena semakin tahun semakin banyak kendaraan yang mengakibatkan semakin rendahnya kualitas udara yang ada di kota Medan. Namun taman yang satu ini ternyata sudah ada sejak dahulu sekali yaitu Taman Sri Deli.

Taman Sri Deli peninggalan kesultanan melayu yang sangat bersejarah di kota Medan. Taman kota ini terletak di Jalan Masjid Raya di depan Masjid Raya Al-Mashun yang tidak jauh dari Istana Maimun. Taman ini dibangun pada masa Sultan Ma’mum Al Rasyid Perkasa Alam yaitu Sultan Deli ke-9 yang digunakan sebagai tempat bersantainya Sultan Deli beserta keluarganya.

Taman Sri Deli dulu bernama Derikanpark karena di tengah-tengahnya terdapat kolam berbentuk trapesium. Dahulu ketika taman ini dibuka sedikit tidak terawat namun kini Taman ini dilengkapi dengan toilet umum, bangku-bangku taman yang sudah memadai untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga.

Tak hanya itu namun di taman ini terdapat foto memory bersejarah tentang taman ini dan kesultanan Melayu Deli di masa lampau. Jadi anda dapat melihat dan mengetahui napak tilas kasultanan Melayu Deli di taman ini. Jadi, cobalah anda menikmati taman kota terbuka yang bersejarah ini Taman Sri Deli jika anda mengunjungi kota Medan.

One thought on “Taman Bersejarah Kasultanan Melayu Deli Taman Sri Deli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *