Suka Pantai? Maka Wajib Datang Ke Pantai Drini!

Pantai adalah suatu wilayah geografis yang terdiri atas pasir. Pantai berada di daerah pesisir laut, sebagai batas antara daratan dan perairan. Indonesia masuk ke dalam sepuluh besar negara yang memiliki pantai terpanjang. Indonesia menduduki posisi keempat setelah Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia. Sedangkan panjang garis pantai Indonesia mencapai 95.181 km.

Dengan banyaknya pantai di Indonesia juga ada banyak destinasi wisata pantai. Salah satu daerah yang banyak destinasi wisata berupa pantai adalah Yogyakarta. Pantai Drini adalah pantai yang terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjung sari, Gunung kidul, Yogyakarta. Posisinya ada di sebelah timur pantai Baron dan berjarak kurang lebih satu kilometer ke arah timur pantai.

Asal Mula Nama Drini

Pantai ini memiliki nama yang unik, yaitu Drini. Asal mula nama Drini adalah dari Pemphis Acidula. Karena dulunya di pantai ini banyak ditumbuhi Pemphis Acidula atau Santingi. Masyarakat setempat menyebutnya Drini, jadilah nama pantai ini menjadi Pantai Drini.

Keindahan Pemandangan Alam di Pantai Drini

Yogyakarta memang memiliki beberapa pantai yang eksotis dengan pemandangan alamnya. Salah satunya adalah Pantai Drini yang memang memiliki sejuta keindahan alam. Pantai ini juga terdominasi sebagai pantai terbaik yang berada di Gunung kidul. Drini merupakan pantai yang mempunyai keunikan tersendiri. Dimana, pantai ini terbagi menjadi dua, yaitu barat dan timur. Bagian barat menjadi lokasi para nelayan untuk mencari ikan mengingat di bagian barat ini memiliki arus ombak yang besar. Sementara itu di bagian timur mempunyai arus ombak yang tenang dan memiliki pemadangan alam menarik sehingga pantai ini tak pernah sepi pengunjung.

Lebih menariknya, di Pantai Drini ini juga terdapat pulau kecil nan indah. Di seberang pantai akan terlihat pulau kecil dengan pemandangan menarik yang ramai dikunjungi wisatawan saat air laut mulai surut. Dari pulau kecil ini akan terlihat betapa indahnya lokasi alam di sekitarnya yang tentu akan membuat suasana lebih syahdu.

Air laut di Pantai Drini sangatlah jernih sehingga para wisatawan bisa melihat dasar laut dengan jelas. Terumbu karang yang tumbuh subur akan terlihat sangat jelas dan menarik. Bahkan bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa bermain air di bagian pinggir pantai. Suasana angin yang sepoi-sepoi membuat wisatawan lebih betah saat berwisata di tempat ini.

Rute Perjalanan ke Pantai Drini

Jarak Pantai Drini dari pusat Kota Yogyakarta adalah 60 km, dapat ditempuh dalam waktu 2-3 jam perjalanan. Dari Kota Yogyakarta ambil jalan ke Wonosari, lalu ambil arah ke Mulih. Apabila berada di pertigaan Mulai ambil arah menuju Pantai Baron, sekitar 1 km sebelum pantai Baron, ambil arah kiri ke Pantai Drini. Itulah informasi mengenai Pantai Drini. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *