Situs Ilmu Pengetahuan Terbesar di Bandung – Berwisata Sambil Belajar di Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung merupakan salah satu tempat wisata terfavorit bagi para pelajar di Bandung. Ini dikarenakan museum ini menyimpan banyak ilmu pengetahuan yang wajib diketahui oleh masyarakat Indonesia. Ilmu Geologi menjadi spesialisasi ilmu yang ada di Museum Geologi di Bandung ini.

Ilmu Geologi adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari tentang bumi. Ilmu ini mempelajari semua hal tentang bumi, sehingga kita lebih mengenal tentang bumi lebih detail. Akan banyak materi yang ada di Museum ini. semua materi adalah tentang bumi beserta komponen-komponennya.

Museum Geologi ini dibangun sejak tanggal 16 Mei 1928 dan diresmikan untuk umum oleh Megawati Soekarnoputi pada tanggal 23 Agustus 2000. Gedung museum ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang menarik banyak pengunjung.

Pengunjung Museum Geologi ini didominasi oleh para pelajar. Mereka datang untuk berwisata sekaligus belajar. Mereka bisa menerapkan belajar outdoor dengan pengalaman secara langsung. Para pelajar yang datang bukan hanya dari dalam Kota Bandung saja, tetapi juga dari luar kota.

Deskripsi Museum Geologi Bandung

Museum Geologi menyediakan banyak koleksi benda-benda bersejarah yang sangat penting perannya untuk ilmu pengetahuan. Mulai dari batuan, fosil, serta mineral. Selain itu, kita juga bisa mempelajari semua tentang bumi, mulai dari komponen, pemanfaatannya, serta bencana-bencana alam.

Bangunan Museum Geologi ini memiliki 2 lantai. Di lantai pertama terdiri dari 3 ruangan, yaitu ruangan tengah, ruangan barat, dan ruangan timur. Di ruangan tengah terdiri dari animasi kegiatan Geologi, pelayanan pusat informasi Museum, serta pelayanan pendidikan dan penelitian. Kemudian di ruangan barat terdapat hipotesis terbentuknya bumi, sistem tata surya, keadaan Geologi Indonesia, bentuk-bentuk batuan alam, dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan di ruangan timur ada pusat informasi fosil, sejarah terbentuknya Danau Bandung, artefak, kumpulan tengkorak manusia purba, dan masih banyak lainnya.

Di lantai kedua juga terdiri dari 3 ruangan, yaitu ruangan tengah yang terdiri dari miniatur pengeboran, bebatuan, serta miniatur pertambangan; ruangan barat terdapat ruangan staff museum;  dan ruangan timur terdapat penjelasan-penjelasan tentang informasi pengelolaan sumber daya alam, rekaman kegiatan eksplorasi SDA, dan masih banyak lagi lainnya.

Operasional Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung terletak di Jalan Diponegoro Nomor 57, Bandung. Museum ini buka setiap hari kecuali hari Jum’at dan hari libur nasional. Untuk hari Senin sampai Kamis, Museum Geologi buka dari pukul 09.00 WIB sampai 15.30 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu, Museum Geologi buka pukul 09.00 WIB sampai pukul 13.30 WIB.

Untuk bisa masuk ke Museum Geologi Bandung, kita diharuskan membayar Rp 2.000,- untuk pelajar, Rp 3.000,- untuk wisatawan lokal, dan Rp 10.000,- untuk wisatawan mancanegara. Cukup ramah di kantong, namun manfaatnya sangat luar biasa, yaitu bertambahnya pengetahuan kita tentang bumi.

3 thoughts on “Situs Ilmu Pengetahuan Terbesar di Bandung – Berwisata Sambil Belajar di Museum Geologi Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *