Seribu Satu Pesona Uluwatu

Penuh dengan pesona, itulah kesan Uluwatu yang berada di selatan pulau Bali ini. Sebuah lokasi yang paling wajib disinggahi wisatawan. Populer dan menyimpan banyak kenangan untuk dijadikan arsip dalam perjalanan wisata Anda. Posisi yang sangat dekat dengan Kuta dan bandara membuat Uluwatu tidak mungkin terlupakan di itenary traveler.

So, uluwatu memang hamparan semburat matahari terbenam, menyimpan beberapa pantai tersemunyi yang belum terjamah, malah. Tak sempurna, jika tak ada pura yang juga menjadi daya pikat.

Penasaran dengan tari kecak yang pasti membuat decak kagum? Ini dia, Uluwatu yang juga punya ikon.

Ikon Bali Ada di Sini

Uluwatu memiliki ikon yang sangat dikenal hingga mancanegara, apalagi kalau bukan Taman Budaya yang sangat terkenal dengan patungnya, Garuda Wisnu Kencana. Taman ini menjadi magnet Uluwatu dengan dua patung Dewa Wisnu yang sedang mengendarai seekor burung garuda. Gagah, megah dan mewah, sengaja diciptakan oleh I Nyoman Nuarta untuk Bali dan Indonesia dan dunia.

Ikon ini sangat fenomenal, dengan tinggi mencapai 12 meter, kawasan wisata ini juga memberikan atraksi bagi pecinta liburan di Pulau Dewata, khususnya traveling diwilayah Tanjung Nusa Dua. Tak jauh dari kota Denpasar, taman ini juga mengajak untuk bermain di lapangan terbuka. Anda penyuka flying fox, Segway ATV atau memaknai bemsa penonton pecinta tarian, juga di sini.

Pura Uluwatu

Ada Pura Luhur Uluwatu yang sangat dikenal oleh masyarakat Bali sebagai penyangga poros mata angin pulau Bali. Pura ini berada di atas bukit karang dengan arah pemandangan yang sangat mengagumkan. Searah mata memandang hamparan laut biru dan tebing yang menjulang hingga deburan ombak menjadi saksi keberadaan Anda di sana.

Pura Uluwatu menjadi panggung menonton para penari kecak yang berjumlah 50-100 orang. Sebuah tarian yang sangat khas dengan decak “Cak, cak, cak” bersahutan. Para penari yang semuanya laki-laki ini duduk melingkar dengan berpakaian hitam putih sehingga sangat mudah dikenali. Pertunjukkan tari kecak ini hanya berlangsung sore hari atau sekitar pukul enam sore waktu Bali.

Pantai Paling Dicari

Uluwatu tak sempurna tanpa pantai. Istimewanya, hampir semua pantai di sini menjadi satu destinasi dengan Pura Uluwatu dan objek wisatanya. Beberapa pantai yang belum dikenal, masih tersembunyi dan belum banyak dijamah oleh wisatawan. Uniknya memang pantai-pantai di Uluwatu masih sangat privacy alias masih terbatas yeng mengunjungi.

Pantai-pantai yang menyuguhkan kesempurnaan sunset di tiap petang menjelang. Bagi Anda pencari ketenangan suasana, beberapa pantai di Uluwatu dengan sentuhan sinar matahri sore ini dapat Anda jadikan focus jelajah di Bali semakin berkesan.

Nah, jika Anda sudah berada di Uluwatu, sempatkan untuk menyinggahi pantai-panati sekitar pura Uluwatu. Posisi pura yang beada di atas tebing secara tidak langsung memamerkan keindahan bibir pantai. Anda dapat menginjakkan kaki di pasir putih Pantai Dreemland dan Balangan yang bersebelahan atau Pantai Bingin alias Imposible Beach yang sangat disenangi peselancar profesional dari mancanegara.

Adapula pantai Labuan sait atau dikenal Padang Becah yang menjadi hits karena peran Julia Roberts di film Eat, Pray, and Love.  Tak kalah menarik tentu ada Pantai Padang Padang dan Nyang Nyang yang banyak diincar kalangan penyuka surfing dan investor maupun Pantai Suluban dengan Gua Suluban. Jangan khawatir, Anda tidak akan menemukan kesan yang sama tentang pantai ini karena semunya indah, berair jernih dan bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *