Rekreasi Ke Taman Kota Kambang Iwak Di Palembang

Setiap kota atau daerah tentu memiliki taman kota yang memiliki peranan vital bagi suatu kota. Adapun beberapa fungsi taman tersebut adalah sebagai paru-paru kota dan untuk mempercantik tata ruang perkotaan. Selain itu taman kota juga sangat dibutuhkan bagi masyarakat untuk kegitan rekreasi menyegarkan pikiran dan melepas kepenatan dari rutinitas aktivitas sehari-hari. Begitu pentingnya peranan taman terhadap suatu kota sehingga membuat setiap kepala daerah sangat serius dalam pengelolaan dan pengembangan taman-taman tersebut. Di kota Palembang terdapat suatu taman kota yang populer dan selalu ramai pengunjung yaitu taman kambang iwak, bila diartikan ke Bahasa Indonesia artinya adalah kolam ikan yang saat ini banyak terdapat di dalamnya ikan hias.

Sekilas Sejarah Taman Kambang Iwak

Kambang Iwak ini merupakan suatu taman peninggalan dari penjajah Belanda di Kota Palembang. Diperkirakan kambang iwak ini dibangun sekitar Tahun 1900-an. Pada saat itu tujuan pembangunan kambang iwak adalah diperuntukkan hanya kepada turunan bangsa Belanda dan difungsikan sebagai tempat untuk aktivitas olah raga dan kegiatan-kegiatn lainnya. Taman kambang iwak ini memiliki luas area sekitar 5 Hektar.

Tujuan Tempat Rekreasi

Setiap akhir pekan, di taman kambang iwak ini lebih ramai daripada hari biasanya. Tidak hanya masyarakat setempat saja yang banyak berkunjung ke taman ini, tapi banyak juga dari wisatawan luar daerah yang bertandang ke tempat yang indah ini. Uniknya, Taman Kambang Iwak ini terdapat sebuah danau buatan yang tepat berada di tengah-tengah Taman. Di danau Terdapat jembatan yang membentang dan sebuah Air mancur yang cantik menyedapkan mata. Dengan adanya sebuah danau buatan ini tentu mempercantik pemandangan taman kambang iwak dan yang terpenting ternyata danau buatan tersebut memiliki fungsi untuk menampung dari genangan air hujan sehingga dapat mencegah kebanjiran pada taman. Taman ini juga dihiasi dengan banyaknya pepohonan rindang dan tumbuhan trembesi yang banyak tumbuh di bantaran danau. Selain itu pengunjung juga Sering mendengar merdunya kicauan burung-burung yang berada di pepohonan tersebut.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di taman kambang iwak ini, seperti sekedar ngumpul-ngumpul kawula muda, untuk bersantai menikmati suasana taman, berolah raga di area taman dengan udara yang sejuk menyegarkan dan aktivitas seru lainnya. Banyak juga berbagai macam komunitas yang meramaikan taman ini seperti, komunitas bersepeda, pecinta musik, sepatu roda, komunitas seni, dan beberapa komunitas lainnya yang mengekspresikan hobinya di taman kambang iwak.

Fasilitas yang terdapat di taman ini sangat lengkap, seperti tempat duduk untuk bersantai, wahana untuk bermain anak-anak, tersedianya air minum gratis, Joging track, hingga tersedianya fasilitas Wifi gratis yang menjadikan pengunjung tidak mau beranjak dari taman kambang iwak.

Pada saat malam, suasana di taman kambang iwak tampak lebih romantis dan lebih indah dengan pencahayaan lampu yang menyorot kawasan taman dan air mancur. Dampak dari pencahayaan tersebut membuat pergerakan air mancur terlihat sangat indah dan tampak mempesona.

Lokasi

Taman kota kambang iwak ini berlokasi di wilayah talang semut, Bukit Kecil. Lebih lengkapnya lagi yaitu beralamat di Jl. Dr. Sutomo-Jl. Tasik, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *