Sensasi Memilih Diving yang Menarik di Pulau Weh

Pulau Weh

Tujuan wisata alam yang terkenal dengan keindahan laut, sebuah pulau kecil yang lokasinya berada di ujung paling barat wilayah Indonesia itu bernama Pulau Weh. Menurut sejarahya, pada masa Pleistosen, Pulau Weh terpisah dari pulau Sumatra akibat letusan gunung berapi. Dan kini, Weh masih terlihat sangat alami bahkan menjadi salah satu pulau yang menakjubkan.

Pulau Weh adalah pulau vulkanik kecil letaknya di barat laut pulau Sumatra, dan masuk dalam wilayah Propinsi Nanggroe Aceh Darusalam. Akses menuju pulau ini bisa dilalui dari pelabuhan Kota banda Aceh dengan menggunakan kapal cepat dan kapal lambat. Akomodasi di pulau ini juga sudah memadai dengan hadirnya penginapan dengan harga bervariatif. Akses transportasinya juga cukup mudah dengan mini bus.

Pulau Weh01

Pulau ini terletak di Laut Andaman dan kota terbesanya adalah Kota Sabang. Beberapa objek wisata di pulau legendaris ini adalah goa peninggalan perang dunia ke II hingga goa alam, kawasan Wisata alam, wisata tugu, danau dan air terjun. Tak hanya itu, pesona bawah laut Pulau Weh menjadi tujuan wisatawan dari berbagai wilayah, bahkan menyebut namannya saja, wisata Weh mampu membahana hingga ke mancanegara.

Ada banyak objek wisata di pulau yang terkenal akan ekosistemnya. Satu yang akan menggelitik jiwa penasaran anda adalah wisata bawah lautnya.

1. Tujuan Wisata Nasional

Di Pulau Weh terdapat lokasi indah yang berada di bawah permukaan laut, menetap dan berdiam selama berabad-abad lamanya. Keindahan bawah laut Weh inilah yang kini disulap menjadi lokasi taman wisata bawah laut yang keindahannya bahkan sanggup menyamai keindahan Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara. Sebagai bentuk kepedulian pemerintah setempat, maka dijadikanlah Pulau Weh sebagai tujuan objek wisata nasional.

2. Pulau-Pulau Surganya Alam

Di Pulau Weh, wisata bawah laut adalah salah satu surganya alam. Di pulau ini terdapat terumbu karang yang menjadi habitat berbagai ragam jenis spesies ikan, terumbu karang dan satu-satunya wilayah yang memiliki habitat spesies katak Bufo valhallae yang terancam punah. Terdapat empat pulau kecil yang mengelilingi pulau ini, yaitu Klah, Rubiah, Rondo dan Seulako.

3. Pantai Gapang

Walau luas pulau hanya sekitar 156.3 km2, tujuan diving paling menarik dan banyak disukai wisatawan di Pulau Weh berada di pantai Gapang. Di sekitar pantai Gapang terdapat pohon kelapa tumbuh di pinggir pantai. Air laut yang sangat jernih hingga kita mampu memandangi dasar lautnya. Selain cocok untuk aktifitas diving, di panatai Gapang pengunjung bisa menikmati sensai snorkelling.
Selain pantai Gapang dan pulau Rubiah, ada juga Pantai Anoi Itam, pantai indah dengan bentangan pasir hitamnya yang eksotis, Pantai Sumur Tiga dengan tiga buah sumur yang airnya berasa tawar dan pasir putih, dan ada juga pantai Iboih dengan air laut yang jernih cocok untuk diving dan snorkelling.

4. Taman Laut Di Pulau Rubiah

Selain pandai Gapang cocok untuk diving plus snorkelling, terdapat lokasi lainnya untuk diving yaitu Taman Laut di pulau Rubiah. Pesonannya mampu membangkitkan selera para wisatawan karena lokasi taman lautnya memiliki keindahan terumbu karang dan keanekaragaman ikan hias. Bila beruntung, sambil diving anda akan menjumpai ikan pari manta, penyu, lumba-lumba hingga paus.

5. Sewa Instruktur

Sembari bersensasi ria di taman laut Pulau Weh, pengunjung bisa menyewa seorang instruktur yang akan memandu memberikan informasi bagaimana mencari dan menuju lokasi-lokasi penyelaman paling indah di pulau ini.

Demikian informasi seputar traveling cantik berdiving di Pulau Weh. Selain menyajikan keindahan bawah lautnya yang cocok untuk penggemar diving, kontur alam pulau ini berbukit dengan hutan yang hampir memenuhi seluruh kawasan pulau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *