Menengok Keindahan Pulau Tidung Di Kepulauan Seribu

pulau tidung01

Objek wisata Pulau Tidung adalah spot wisata menarik yang terletak di kepulauan seribu. Pulau Tidung terdiri dari dua pulau, yaitu Tidung besar dan Tidung kecil. Tidung besar memiliki luas 140 Ha dengan penduduk lebih dari 6000 jiwa.

Objek wisata Tidung memiliki keindahan alam yang sangat eksotis dan termasuk tempat wisata yang paling indah. Bermodalkan keindahan alam khususnya keindahan bawah laut, Pulau Tidung menjadi tempat yang paling cocok untuk snorkeling.

Destinasi Wisata Pulau Tidung

Di tempat wisata yang penuh pesona ini, mata juga harus siap dengan pemandangan Jembatan Cinta  sepanjang 1 KM yang menghubungkan antara Pulau Tidung besar dan Tidung kecil. Beberapa wisata menarik yang harus dikunjungi selama di Pulau Tidung antara lain :

1. Jembatan Cinta Pulau Tidung

jembatan cinta-pulau tidungJembatan cinta adalah icon dari wisata kepulauan Tidung. Jembatan ini terbentang sepanjang 1 KM dan menghubungkan antara Pulau Tidung dengan Tidung kecil. Keunikan jembatan ini adalah posisnya yang tak landai, ada salah satu sisi jembatan yang lebih tinggi dibanding sisi lainnya. Ketinggian jembatan yang lebih tinggi ini mencapai 8 meter dengan kedalaman air dibawahnya 4 hingga 5 meter.

Di sisi jembatan yang lebih tinggi ini anda bisa bergabung dengan para pemuda sekitar untuk terjun bebas ke lautan jernih. Anda tak perlu takut untuk melompat karena perairan dekat jembatan cinta tak memiliki karang-karang tajam. Selain itu permukaan air di sekitaran jembatan juga cukup tenang.
Jika dikaitkan dengan mitos, ada kepercayaan yang beredar bahwa pemuda yang terjun bebas dari jembatan akan cepat menemukan cinta sejatinya. Karena mitos ini banyak sekali wisatawan yang penasaran dan akhirnya meloncat dari jembatan. Tidak jarang dari mereka yang memberi pengakuan bahwa mitos tersebut memang benar adanya.

Selain sebagai tempat terjun bebas, jembatan cinta juga sangat menarik untuk tempat foto. Anda bisa mendapatkan hasil jepretan menarik dengan latar belakang laut bening berkilauan. Saat senja tiba, melintasi jembatan bersama pasangan sambil berpegang tangan adalah hal menarik yang tak akan pernah ditemui di spot wisata manapun.

2. Makam Keramat

makam keramat-pulau tidungMakam keramat merupakan makam seorang panglima yang dihormati di Pulau Tidung kecil. Untuk mengunjungi makam ini, wisatawan hanya perlu berjalan kaki atau mengendarai sepeda disekitaran pantai.

 

 

 

3. Pulau Payung

pulau payung-pulau tidungPulau payung terletak sedikit jauh dari Pulau Tidung besar. Pulau ini memiliki pantai cantik dan pasir putih yang begitu lembut. Hal yang tak boleh anda lewatkan di pulau ini adalah wisata kemah dipinggiran pantai sambil menikmati hamparan laut dan langit yang sekan menyatu pada ujungnya.

 

4. Pantai Saung Perawan

pantaisaungperawan-pulautidungPantai saung perawan memiliki suasana yang begitu sejuk serta tenang. Di pantai ini anda bisa menghasbiskan waktu dengan bersantap makanan khas Tidung atau bersepeda bersama keluarga. Ciri khas pantai saung perawan adalah keberadaan saung yang dibuat seperti rumah pohon.

 

5. Pantai Cemara Kasih

pantai cemara kasih-pulau tidungPantai cemara kasih memiliki suasana yang tak jauh beda dengan pantai saung perawan. Di pantai ini anda bisa menikmati senja sambil duduk berayun pada ayunan tradisional yang banyak diikat di pepohonan rindang,

 

 

6. Penangkaran Penyu Sisik

penangkaran penyu sisik-pulau tidungPenangkaran penu sisik memang tak terletak di Pulau Tidung, akan tetapi memiliki jarak tempuh yang sangat dekat sehingga seringkali dimasukkan dalam paket wisata Tidung. Lebih tepatnya penangkaran penyu sisik terletak di Pulau Pramuka. Di tempat penangkaran ini anda bisa melihat proses perkembangbiakan penyu hingga pelepasan tukik di pingiran pantai.

7. Penangkaran Hiu

penangkaran hiu-pulau tidungSama seperti halnya penangkaran penyu sisik, penangkaran hiu juga terletak di Pulau Pramuka. Untuk mencapai spot wisata ini, anda hanya cukup menempuh perjalanan beberapa menit dari Pulau Tidung B Di penangkaran hiu ini, wisatawan ditawarkan untuk berenang bersama hiu, tentunya dengan pendamping yang professional.

 

Alasan Memilih Pulau Tidung Sebagai Tempat Wisata

Diatas adalah 7 destinasi tempat wisata Pulau Tidung yang harus anda kunjungi. Lalu, kenapa harus memilih Pulau Tidung dibanding pulau lain di kepulauan seribu ? simak alasan berikut.

1.Surganya Snorkeling

Keunggulan Pulau Tidung lainnya adalah keindahan alam bawah lautnya. Perairan yang begitu jernih serta biota laut yang begitu beragam menjamin kepuasan para pecinta snorkeling. Tempat snorkeling yang disarankan adalah sekitaran jembatan cinta dan sekitar Pulau Tidung besar.

Untuk bersnokling ria di sekitar Pulau Tidung, anda bisa berangkat melalui pelabuhan utara Tidung. Di pelabuhan ini anda akan disambut dengan butiran pasir putih yang begitu halus.

Waktu yang tepat untuk melakukan snorkeling adalah 13.00-15.00 untuk spot snorkeling Tidung besar atau sekitar jam 06.30-08.00 untuk spot snorkeling dekat jembatan cinta. Pada waktu-waktu tersebut snorkeling akan lebih menyenangkan karena tak akan da ombak besar yang datang.

2. Penduduk Yang Ramah

Sebagian besar penduduk Pulau Tidung berkecimpung dalam dunia wisata. Mereka berlomba-lomba menyediakan berbagai keperluan wisata mulai dari menjual makanan, menjual oleh-oleh, menyediakan penginapan, guide tour, hingga menyewakan peralatan snorkeling. Dengan profesinya dalam dunia pariwisata seperti ini, penduduk Tidung sangatlah akrab dengan para wisatawan. Tak heran jika mereka selalu bersikap ramah dan terbuka pada setiap wisatawan yang datang.

Itulah kelebihan Pulau Tidung yang mengharuskan anda menyambanginya. Ingat untuk selalu menyiapkan kamera karena akan selalu ada spot menarik untuk dipotret sepanjang perjalanan.

Anda juga perlu mengingat bahwa satu hari saja tak cukup untuk mengeksplorasi pulau terbesar di kepulauan seribu ini. Setidaknya anda harus menghabiskan waktu 3 hari 3 malam untuk memuaskan nafsu wisata di surganya alam Indonesia ini.

One thought on “Menengok Keindahan Pulau Tidung Di Kepulauan Seribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *