Tempat Wisata Pulau Seribu Yang Eksotis

Pulau SeribuJakarta merupakan suatu kawasan dimana sangat akrab dengan polusi dan macet, hal ini dikarenakan penduduknya yang terlalu padat. Ketika berada di Jakarta pastinya yang akan dicari pertama kali ialah tempat yang dapat sejenak menepiskan dari keramaian kota, yang teduh dan memiliki udara sejuk. Pulau Seribu merupakan solusi bijak untuk mengatasi permasalahan itu. Usai berkunjung, otak akan kembali fresh dan segar kembali dan tentunya setelah berlibur di tempat tersebut pekerjaan anda yang tertunda dapat dikerjakan kembali dengan suasana hati yang lebih ceria.

Pulau Seribu memiliki nama panjang Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu yang mempunyai luas sekitar 108.000 hektar. Area tersebut meliputi area konservasi dan wisata. Terdapat beberapa pulau yang dapat anda kunjungi, dan tentunya masing-masing pulau tersebut memberikan penawaran kepada anda berupa keindahan alam yang mempesona nan eksostis. Pulau Seribu dapat anda jadikan alternatif terbaik untuk menghabiskan waktu liburan bersama orang-orang tersayang anda.

Tempat di Pulau Seribu Yang Menawarkan Kekayaan Bawah Laut

Di Pulau Seribu akan ada sebuah ketenangan yang mungkin selama ini tidak anda peroleh jika bermukim di Jakarta atau kota-kota besar lainnya. Ketika sedang libur gunakanlah kesempatan untuk menyusuri Pulau Seribu guna mendapatkan kesegaran udara dan ketenangan otak. Disana terdapat beberapa pulau yang dapat anda jelajahi, yakni:

1. Pulau Tidung

Pulau Tidung : Pulau SeribuBerikut ini merupakan bagian dari Pulau Seribu yang menjadi idola bagi para wisatawan. Terdapat aneka pemandangan menarik yang disediakan disini, salah satunya ialah pemandangan lautan biru yang sangat eksotis.

Pulau ini tersusun atas dua bagian, yaitu Pulau tidung Besar dan kecil. Keduanya dihubungkan oleh suatu jembatan yang  panjang, biasanya warga sekitar menyebutnya jembatan cinta. Bagian dari Pulau Seribu ini paling sering dijadikan agen travel sebagai area paket wisata.

Baca Juga : Menengok Keindahan Pulau Tidung Di Kepulauan Seribu

2. Pulau Bira

Pulau berikut ini masih perawan dan terjaga dengan sangat baik. Namun, untuk bisa kesini, anda harus transit ke Pulau Pramuka dan melakukan perjalanan mencapai 3 jam dari dermaga Muara Angke.

Untuk sampai ke kawasan Pulau Seribu ini memang memerlukan usaha yang cukup keras, namun usaha tersebut akan terbayar manis dengan keindahan bawah lautnya. Seusai sampai, anda bisa menjalankan kegiatan diving dan duduk manis sembari menikmati desiran ombak pantai dan angin yang sejuk. Anda juga dapat memutuskan untuk bermalam disini, karena tersedia rumah kayu yang berdesain vintage, cocok untuk menemani liburan anda di Pulau Bira.

3. Pulau Pari

Untuk tempat wisata yang masih berada di kawasan Pulau Seribu yang satu ini juga sering sekali masuk ke daftar paket trip liburan yang biasanya diadakan oleh para agen travel. Hal ini wajar saja, mengingat pulau ini memang memiliki keindahan yang sangat menawan.

Terdapat fasilitas penginapan, sehingga akan memudahkan anda yang ingin bermalam disini. Anda juga dapat sembari menikmati keindahan pantai dengan ornamen pasir putih yang anggun, serta terdapat budidaya rumput laut yang dapat menambah wawasan.

Tak hanya itu aktivitas yang bisa dilakukan di area wisata Pulau Seribu ini, anda juga dapat melakukan snorkeling beserta diving untuk mengintip keindahan bawah laut di Pulau Pari ini. Bahkan, pulau cantik ini juga dijadikan sebagai pusat penelitian kelautan yang diadakan oleh LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

4. Pulau Bidadari

Tentu untuk bagian dari kepulauan seribu ini tak asing lagi kedengarannya di telinga anda. Lokasinya dari pulau Bidadari ini tak begitu jauh dengan Jakarta, hanya berjarak kurang lebih 15 km.

Dari pulau ini, anda dapat menikmati pemandangan berupa gedung-gedung Jakarta yang akan nampak menyerupai miniatur. Nantinya, anda dapat mengunjungi hutan mangrove yang ada di sekitar pulau ini.

Menurut cerita masyarakat sekitar, dulunya tempat ini sering dijadikan sebagai zona liburan bagi Pangeran Jayakarta dan para pengikut kerajaan. Hingga akhirnya diberikan nama pulau Bidadari.

Wisata Alam  Yang Dapat Dijumpai Pada Sekitar Pulau Seribu

Selain menawarkan beberapa paduan pulau yang eksotis, Pulau Seribu juga memiliki kekayaan lainnya. Selain dapat mendekatkan diri dengan alam, dengan menyaksikan pemandangan berikut pengetahuan yang anda dapatkan akan suatu hal semakin bertambah. Beberapa pemandangan apik tersebut ialah:

1. Penangkaran Penyu

Penyu merupakan salah satu jenis hewan yang wajib dilindungi. Oleh karena itu di Pulau Seribu tepatnya pada Pulau Pramuka terdapat penangkaran penyu yang ditujukan untuk menyelamatkan penyu dan keturunannya dari mangsa predator liar. Setelah telur penyu menetas, penyu-penyu kecil akan dilepaskan kembali ke habibatnya.

2. Hutan Bakau

Masih berada di Pulau Pramuka, anda akan menemukan bibit bakau yang ditanam pada sekitar wisata alam penangkaran penyu. Kurang lebih sekitar 3 bulan bibit tanaman bakau akan ditanam di sekitar Pantai Pramuka. Hutan bakau akan membantu produksi oksigen, selain itu akan melindungi pantai dari bahaya abrasi. Inilah yang menjadikan kawasan pantai di Pulau Seribu menjadi sejuk dan rindang. Karena hutan bakau dapat menghalangi angin kencang yang berhembus dari laut menuju kawasan darat.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Sewaktu Berada Di Pulau Seribu

Apabila anda merasa bosan mengunjungi obyek-0byek wisata yang telah dipaparkan tersebut maka lakukanlah aktivitas lain yang tentunya sangat seru dilakukan. Seperti:

1. Menaiki Perahu Ojek

Kegiatan berikut ini bisa anda temukan di wilayah Pulau Seribu. Berkeliling di sekitar pulau dapat dilakukan dengan menaiki perahu ojek yang dibanderol dengan harga Rp. 300.000 hingga Rp. 400.000 utnuk sewa harian, sedangkan untuk menyebrang dikenakan tarif Rp. 4000.

2. Bermain Banana Boat

Bagi anda yang suka dengan kegiatan pemacu adrenaline, banana boat merupakan alternatif seru yang dapat dicoba. Anda akan mendapatkan sensasi bermain wahana air yang menakjubkan dengan mencoba wahana permainan berikut.

Beberapa tempat serta kegiatan yang menarik tersebut dapat dilakukan untuk mengobati segala kegundahan hati dan fikiran yang mungkin anda rasakan saat ini. Pulau Seribu merupakan solusi tepat untuk permasalahan itu, serta kawasan berikut merupakan salah satu tempat berwisata murah yang bisa dicoba kapan saja dan dengan siapa saja.

One thought on “Tempat Wisata Pulau Seribu Yang Eksotis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *