Pulau Samalona: Sang Mutiara dari Makassar

Pulau Samalona

Indonesia memiliki banyak wisata alam yang sangat menakjubkan. Bahkan setiap pulau di Indonesia bisa dipastikan memiliki wisata alam yang indah, dan salah satunya adalah Pulau Samalona yang terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pulau Samalona merupakan pulau terindah yang berada di Indonesia dengan pesona alam yang mampu membuat takjub wisatawan.

Akses Menuju Tempat Wisata

Pulau ini memiliki luas hanya sekitar 2 hektar dan termasuk pulau yang kecil.  Untuk mencapai Pulau Samalona, anda bisa ditempuh dengan jarak 2 km memakai perahu motor di dermaga kota Makassar.

Lokasi dermaga berada dekat dengan Pantai Losari, selain itu dermaga ini memiliki banyak aktivitas masyarakat diantaranya perdagangan dan lalu lintas warga yang ingin bepergian. Anda bisa menyewa perahu motor ini secara pribadi maupun umum, sesuai dengan kebutuhan.  Agar memperoleh harga sewa perahu motor yang murah anda bisa melakukan tawar menawar harga.

Tiba di Pulau Samalona,  hamparan pasir putih dan air laut yang jernih akan menyambut para wisatawan yang datang. Pulau ini memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat eksotis, anda dapat melihat aneka macam terumbu karang dengan jelas karena jernihnya air laut di pulau ini.

Keindahan Pulau Samalona

Pulau Samalona memiliki keindahan alam yang sangat indah, selain alam bawah laut yang sudah terkenal di dunia, keindahan alam disekitar pulau juga mampu memanjakan mata para wisatawan. Agar bisa menikmati keindahan alam bawah laut, anda bisa melakukan aktivitas seperti diving dan snorkeling. Untuk memudahkan para wisatawan melakukan aktivitasnya, disediakan pula jasa persewaan peralatan diving dan snorkeling, disertai pula dengan pemandu untuk membantu wisatawan.

Pada saat senja wisatawan  bisa menikmati keindahan yang luar biasa di Pulau Samalona yakni saat tenggelamnya matahari. Sinar matahari yang berwarna jingga dilangit dipadukan dengan pemandangan laut yang luas maka dapat menambah suasana sore hari lebih indah dan tenang.

Fasilitas dan Akomodasi Yang Tersedia Di Samalona

Apabila anda ingin mengelilingi Pulau Samalona, Anda bisa menempuhnya menggunakan  kapal dengan membayar Rp. 450.000. Harga tersebut dirasa pantas untuk menikmati keindahan alam disetiap sudut Samalona dan pulau disekitarnya. Jangan lupa mengabadikan pemandangan indah pulau ini dengan membawa kamera.

Meskipun termasuk sebagai pulau yang kecil, namun Pulau Samalona ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa membuat wisatawan merasa nyaman. Fasilitas yang disediakan antara lain mushola, penginapan, kamar mandi, kedai makanan dan minuman. Adapun makanan unggulan yang disediakan di tempat ini adalah makanan khas pesisir berupa olahan hasil laut.

Bila anda memutuskan untuk menginap di Pulau Samalona, pada malam harinya Anda akan disuguhi dengan pemandangan kota Makassar yang sangat indah. Dari kejauhan terlihat cahaya lampu dari kota Makassar yang memancar ke langit. Pancaran cahaya ke langit inilah yang menjadi salah satu hal yang paling dirindukan oleh wisatawan saat berada di Samalona.

Memilih Pulau Samalona menjadi tujuan wisata anda merupakan pilihan yang tepat. Selain menawarkan pemandangan pantai dan alam bawah laut yang eksotis, pulau ini juga memberikan suasana yang sunyi dan tenang sehingga cocok untuk melepas penat  dan menghabiskan waktu liburan.

Jangan lupa, ketika berkunjung ke Samalona, Anda juga harus mempersiapkan budget khusus. Harga penginapan dan makanan yang dijual termasuk harga yang tinggi, namun bukan berarti semuanya mahal. Pandai-pandailah mencari penginapan atau tempat makan agar memperoleh harga yang lebih terjangkau.

One thought on “Pulau Samalona: Sang Mutiara dari Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *