Pulau Menjangan, Surga Bawah Laut Di Bali

Tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam bawah laut sangat banyak tersedia di Bali. Namun ada satu tempat spesial yang menawarkan surga bagi pencinta Diving dan Snorkeling. Tempat itu bernama Pulau Menjangan yang berada sekitar 10 Km lepas pantai barat, pulau Bali. Pulau yang kecil ini adalah bagian dari TNBB (Taman Nasional Bali Barat). Banyak traveler yang Jatuh hati dengan tempat ini karena Kondisinya yang masih terjaga keasriannya dan bawah lautnya bagaikan surga dunia di Bali Zona barat.

Seperti apa daya tariknya dan aktivitas apa yang seru untuk dicoba di Pulau Menjangan ? berikut akan dikupas selengkapnya.

Daya Tarik Pulau Menjangan

Dalam bahasa jawa, arti dari Menjangan itu adalah kijang / Rusa yang maksudnya adalah pulau indah ini penamaannya dilandaskan pada keberadaan habitat hewan rusa yang berenang dengan menempuh jarak beberapa mil pada saat musim semi ke Pulau Menjangan. Fungsi dari Taman Nasional ini untuk melindungi habitat rusa liar itu dari kepunahan dan saat ini terus menurun populasinya. Pulau menjangan yang termasuk dalam kawasan TNBB dimana pengunjung dapat melihat satwa-satwa langka yang terawat dengan baik dan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan mengenai jenis-jenis satwa yang dilindungi tersebut.

Yang sangat menarik dari pulau menjangan tentunya keindahan taman surga bawah lautnya yang menjadikan destinasi ini sebagai salah satu spot terbaik untuk aktivitas diving di Bali. Ada banyak jenis ikan dan biota laut di pulau yang airnya berwarna biru kehijauan ini. Selain itu di kedalaman lautnya didapati beraneka terumbu karang, penyu laut, tuna, hingga habitat plankton yang berkembang subur di dasar laut.

Adapun waktu terbaik terbaik untuk menjelajahi keindahan pemandangan bawah laut di Pulau Menjangan adalah bulan April sampai dengan bulan November. Namun khusus wisatawan yang tidak bisa menyelam atau diving untuk menikmati alam bawah lautnya, tenang saja karen kini telah tersedia kapal selam Odyssey yang akan mengangkut para pengunjung ke bawah laut tanpa harus membenamkan diri kelaut.

Keindahan alam permukaan juga tidak kalah indah dari alam bawah lautnya. Dengan view gugusan gunung pulau jawa sebagai latarnya yang sangat mempesona, pasir putih yang terhampar berpadu dengan air laut berwarna cerah kebiruan semakin memanjakan pengunjung saat berlibur di Pulau Menjangan.

Biaya Sewa Perahu Motor

Labuan Lalang merupakan tempat awal untuk bisa menyeberang menuju ke pulau Menjangan. Keindahannya sudah dapat dilihat selama 30 menit perjalanan yang menggunakan perahu motor. Biaya sewanya untuk satu kali penyeberangan sekitar 300 Ribu sampai 400 Ribu Rupiah, namun tergantung dari keahlian pengunjung untuk melakukan tawar menawar dengan sipemilik perahunya.

Lokasi Pulau Menjangan

Pulau Menjangan ini berlokasi di Taman Nasional Bali Barat yang terletak di Lima mil barat laut Bali. Banyak traveler yang belum mengetahui pulau ini dan pada umumnya yang lebih tau destinasi ini adalah para pencinta Diving atau Snoekeling.

One thought on “Pulau Menjangan, Surga Bawah Laut Di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *